Arca Durga dan Potongan Candi di Dusun Dinginan

Arca Durga dan Potongan Candi di Dusun Dinginan
Rate this post

Ketika berkeliling di Situs Watugudig, saya mendapat informasi bahwa arca yang tidak utuh yang diletakkan berdampingan dengan yoni yang sepertinya belum selesai pengerjaannya bukan merupakan peninggalan Situs Watugudig. Arca dan yoni tersebut merupakan titipan dari BP3 Kalasan ketika mengamankan potongan candi dan arca yang ditemukan di sekitar dusun Dinginan tidak jauh dari tempat ini.

Potongan Arca dan Yoni yang berada di Situs Watugudig merupakan pindahan dari dusun Dinginan, desa Madurejo, kecamatan Prambanan.

Arca yang sudah terpotong bagian kepalanya ini diperkirakan merupakan arca Durga ketika diperhatikan bagian tubuhnya. Yoni ditemukan memiliki ukuran cukup kecil dan pada ujung diperkirakan masih berupa batu yang belum selesai dipahat. Keberadaan yoni tidak ditemukan pasangannya yaitu lingga. Dan beberapa penemuan potongan batuan candi yang masih terlihat hiasan ukirannya.

Pemindahan arca, yoni, dan potongan candi dari dusun Dinginan semata-mata untuk pengamanan benda cagar budaya dan mempermudah penjagaan. Selain itu, posisi saat ditemukan sudah bergeser dan tidak asli lagi membuat sulit untuk ditelusuri keberadaannya. Misalnya potongan arca yang ditemukan berada di tepi jalan yang sepertinya mengalami pergeseran. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. HeruLS:

    Pengamanan macam apa kalo tanpa peneduh begitu, hih

Kirim pendapat