Masalah Aplikasi LinkAja dan Solusinya

Masalah Aplikasi LinkAja dan Solusinya
2 (40%) 4 votes

LinkAja merupakan e-wallet atau dompet elektronik gabungan dari beberapa produk perusahaan milik negara atau BUMN antara lain PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel”) dengan produk TCASH, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dengan produk E-Cash, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dengan produk UnikQu, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan produk T-Bank. Aplikasi ini dirilis pada tanggal 21 Februari dan dapat di download lewat Google Playstore pada Android. Pengguna lama aplikasi sebelumnya seperti Tcash E-cash dan sebagainya dipaksa upgrade ke LinkAja karena aplikasi yang lama sudah dinonaktifkan atau sudah tidak dapat digunakan kembali. Penggabungan e-wallet milik BUMN ini diharapkan mampu bersaing dengan e-wallet milik swasta di dunia fintech.

Penggantian aplikasi Tcash ke LinkAja bagi pengguna Tcash seperti saya justru menimbulkan banyak masalah yang membuat saya kecewa dan ingin berhenti menggunakan layanan aplikasi ini. Beberapa masalah yang saya alami antara lain :

  • Gagal Login. Problem ini saya alami tanggal 21 februari 2019 setelah melakukan upgrade aplikasi Tcash menjadi LinkAja. Beberapa hari kemudian saya baru berhasil login setelah dilakukan update aplikasi LinkAja yang pertama.
  • Auto Log Out. Problem ini saya alami tanggal 10 Maret 2019 ketika mencoba aplikasi LinkAja. Sebelumnya ketika menggunakan aplikasi Tcash langsung otomatis login ke akun tanpa mengulang memasukkan nomor handphone hingga meminta verifikasi SMS OTP.
  • Problem “Unrecognized Request“. Problem ini saya alami tanggal 10 Maret 2019 saat berencana membeli pulsa Simpati melalui aplikasi LinkAja. Peringatan Unrecognized Request muncul dibagian bawah aplikasi ketika meminta kode verifikasi (OTP) melalui SMS ke nomor LinkAja atau nomor Tcash yang pernah didaftarkan. Sms OTP tidak saya terima dan halaman aplikasi terhenti di peringatan Unrecognized Request. Belum ada solusi mengenai masalah ini kecuali segera ditindaklanjuti oleh developer LinkAja sebagai pembuat aplikasi. Akhirnya saya mengurungkan niat unutk membeli pulsa melalui aplikasi dan beralih ke aplikasi lain seperti Dana dan Gopay (Gojek) yang sedang gencar promo diskon pulsanya.

Kesimpulan

Perubahan aplikasi Tcash menjadi LinkAja justru memberikan banyak masalah baru bagi pengguna lama (Tcash) dimana sebelumnya pengguna tersebut merasa nyaman. Banyak pengguna Tcash yang menyayangkan mengapa Tcash langsung dihilangkan atau dinonaktifkan tanpa memberikan masa jeda.

Pengguna Tcash/LinkAja yang ingin berhenti menggunakan aplikasi ini namun masih tersisa saldo dapat dicairkan. Saldo Tcash atau LinkAja yang masih tersisa dapat dicairkan (withdraw) secara tunai di Grapari Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia dengan membawa kartu identitas (KTP/SIM) yang masih berlaku.

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Candra:

    Betol sekali banyak masalah bikin kesel aja

  2. Bento:

    Menyelesaikan masalah dengan masalah, uang nasabah sementara nganggur dulu, pdhl uangnya utk dipergunakan keperluan sehari-hari.

Kirim pendapat