Apa Itu Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)

Foto Contoh Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)

Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) merupakan alat yang berfungsi untuk menenum kain dengan digerakkan oleh manusia dan tanpa menggunakan mesin. ATBM dapat dipergunakan sambil duduk di lantai maupun di atas bangku (biasa pada industri tekstil kecil dan tradisional). Untuk wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) diproduksi dari daerah Klaten. Saat ini di kabupaten Klaten masih terdapat banyak Usaha Kecil dan Menengah kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan ala ttenun tradisional tersebut.

Ada pun bagian-bagian dari Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yaitu :
a. Boom

Boom merupakan gulungan benang yang digunakan sebagai bahan baku untuk kain yang melintang (panjang kain/benang lungsi).

b. Karap

Karap merupakan alat untuk mengatur benang, Terdiri atas 2 bagian, yaitu karap depan dan karap belakang.

c. Sisir

Sisir merupakan alat untuk menyisir dan memadatkan benang pakan supaya benang pakan menjadi rapat sehingga hasil tenunan juga rapat. Sisir digunakan berdasarkan ketebalan benang, semakin halus benang yang digunakan, maka nomor sisir yang digunakan juga semakin tinggi, Nomor sisir yang umum digunakan adalah sisir nomor 60,70 ataupun 80 inchi.

d. Injak-injak

Penggunaan injak-injak disesuaikan dengan letak teropong. Apabila teropong berada di sebelah kanan, maka injak-injak yang diinjak juga injak-injak yang sebelah kanan; begitu juga sebaliknya.

Kirim pendapat