Angkringan Pak Wi, Kuliner Wedangan Di Dekat Makam Raja-Raja Imogiri

Angkringan Pak Wi merupakan daya tarik kuliner angkringan di sekitar Makam Raja-Raja Imogiri Bantul. Kemasan angkringan ini sebenarnya cukup sederhana namun cita rasa yang ditawarkan menarik perhatian. Angkringan ini memiliki menu andalan berupa wedang uwuh khas Imogiri dan buka menjelang malam hari hingga tutup pada tengah malam.

Angkringan Pak Wi terletak di Jalan Makam Raja-Raja Imogiri, dusun Pajimatan, desa Girirejo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

warung-angkringan-pak-wi-imogiri-bantul

Lokasi Angkringan Pak Wi berada di sebelah barat Komplek Makam Raja-Raja Imogiri atau tepatnya di seberang area parkir bus dan mobil pengunjung makam. Rute menuju angkringan ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur.Ikuti Jalan Imogiri Timur lurus hingga melewati Pasar Imogiri dan menemui sebuah pertigaan. Ambil jalan ke kiri mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Makam Raja-Raja Mataram Imogiri. Posisi warung angkringan ini berada di sebelah kanan jalan atau selatan jalan dari terminal parkir kendaraan wisata makam.

Angkringan Pak Wi menempati sebuah halaman rumah penduduk yang berhimpit dengan tepi jalan. Pengunjung dapat duduk di gerobak angkringan atau menggelar tikar di sekitar area terminal parkir. Menu makanan dan minuman yang disediakan hampir sama seperti menu angkringan pada umumnya. Bedanya disini ada tambahan menu Wedang Uwuh sebagai kuliner minuman khas Imogiri atau Bantul. Menu nasi kucing tersedia dalam 3 (tiga) macam yaitu nasi oseng tempe, nasi sambel, dan nasi goreng. Sedangkan minuman yang disediakan cukup lengkap mulai dari teh, jeruk, jahe, susu, wedang uwuh, kopi, dan beberapa minuman siap seduh (minuman sachet). Tidak ketinggalan pula lauk untuk menikmati nasi kucing seperti aneka sate (sate usus ayam, sate jerohan ayam, sate daging ayam, dan sate keong), kepala ayam, ceker ayam, dan aneka gorengan (tempe, tahu, bakwan).

Baca Juga  Warung Kopi Ijo Cak Yun, Salah Satu Kuliner Kopi Khas Tulungagung
menu-nasi-kucing-di-angkringan-pak-wi-imogiri-bantul

Nasi kucing di Angkringan Pak Wi cukup segar atau baru dimana dimasak sendiri oleh pemilik warung angkringan. Nasinya cukup pulen dan tidak berkesan seperti nasi dari beras murahan. Aneka gorengan yang disediakan masih baru dan renyah karena pada sore hari pemilik warung angkringan memasak sendiri gorengan di samping angkringan. Pada malam hari bila gorengan maka pemilik angkringan kembali memasak gorengan lagi. Namun hal tersebut tidak berlaku kepada menu lauk yang lain seperti aneka sate, ceker ayam, dan kepala ayam karena merupakan dagangan titipan dari warga sekitar yang mensuplai makanan ke warung angkringan di sekitar Imogiri.

Harga makanan dan minuman Angkringan Pak Wi Imogiri cukup murah dan hampir sama seperti Angkringan Kang Topik yang letaknya selisih satu kilometer. Pengunjung yang pernah mencoba Angkringan Lek Man yang harganya mahal pasti terkaget-kaget ketika membandingkan harga dengan warung angkringan ini. Angkringan ini cocok bagi pengunjung yang berkocek rendah dan ingin merasakan nikmatnya hidangan angkringan. Secara keseluruhan angkringan ini dapat menjadi alternatif kuliner pada sore hari dan malam hari di sekitar Imogiri selain sate kambing klatak yang dipopulerkan oleh Warung Sate Klathak Pak Pong dan Warung Sate Klathak Pak Bari. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Hijab terbaru:

    Wah saya paling suka angkringan mas

    • admin:

      Hi Hijab terbaru,
      Oh ya? Wah silakan dicoba tempat ini cukup direkomendasikan :-)

  2. bersapedahan:

    baru tahu ada minuman namanya wedang uwuh .. hehe .. penasaran jadi pengen nyoba

    • admin:

      Hi bersapedahan,
      Iya minumannya terbuat dari beberapa macam rempah-rempah. Silakan dicicipi kalau mampir di daerah selatan Yogyakarta

Kirim pendapat