Angkringan Pak Jabrik, Dulu Dikenal Dengan Angkringan KR

Angkringan Pak Jabrik atau dikenal dengan nama Angkringan KR merupakan salah satu kuliner angkringan yang cukup favorit di pusat kota Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal sebagai alternatif selain Angkringan Lek Man yang terkenal dengan sajian kopi jossnya. Menu andalan yang ditawarkan angkringan ini adalah aneka nasi kucing khas angkringan dan sate.

Angkringan Pak Jabrik beralamat di Jalan Margo Utomo (dulu Jalan P. Mangkubumi) No. 40-46 Yogyakarta.

Suasana Angkringan Pak Jabrik Yogyakarta

Lokasi Angkringan Pak Jabrik tepat berada di depan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat atau disingkat dengan nama KR. Rute menuju angkringan ini dari Tugu Jogja ke arah selatan sejauh 300 meter dan posisi angkringan ini berada di kiri jalan. Saat ini, Angkringan Pak Jabrik menempati emperan Kantor Harian KR bagian utara sedangkan sisi bagian selatan saat ini ditempati Angkringan Gareng Petruk. Pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan beroda dua dapat langsung parkir di depan angkringan sedangkan parkir kendaraan beroda empat dapat dilakukan di seberang jalan atau sisi barat jalan.

Angkringan Pak Jabrik Yogyakarta dikemas secara sederhana dengan sebuah gerobak angkringan untuk meletakkan aneka jenis makanan khas angkringan. Di samping gerobak angkringan ditambah satu meja kecil untuk mempersiapkan minuman yang dipesan pengunjung. Pengunjung yang datang dipersilakan mengambil makanan sendiri di gerobak angkringan dan memesan minuman kepada pelayan. Selanjutnya pengunjung langsung membayar seluruh pesananannya di kasir yang berada di samping gerobak angkringan. Tempat duduk yang disediakan angkringan ini adalah tempat duduk lesehan dengan tikar di emperan jalan depan Kantor KR.

Baca Juga  Nikmatnya Kopi Bali Khas Munduk

Beraneka Menu Makanan Angkringan Pak Jabrik Yogyakarta

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan Angkringan Pak Jabrik cukup lengkap dan beraneka macam dibandingkan dengan Angkringan Lek Man. Menu nasi kucing di angkringan ini cukup lengkap mulai dari nasi sambal, nasi oseng tempe, nasi teri, nasi ayam balado, nasi langgi, nasi ayam lombok ijo, nasi bali, nas goreng, nasi bandeng, nasi tuna, nasi usus ayam, dan sebagainya. Hidangan sate pun beragam pilihannya mulai dari sate usus ayam, sate ayam, sate keong, sate jamur, sate udang, dan sebagainya. Sedangkan menu minuman yang ditawarkan hampir sama dengan menu minuman di warung angkringan pada umumnya.

Cita rasa yang ditawarkan Angkringan Pak Jabrik Yogyakarta cukup menarik dan tidak mengecewakan. Hanya saja harga yang ditawarkan terbilang lebih mahal untuk konsumsi harian dibandingkan dengan angkringan biasa dan hampir sama dengan angkringan lain yang cukup terkenal seperti Angkringan Lek Man dan Angkringan Kang Harjo. Keberadaannya lebih cocok digunakan sebaga tempat nongkrong atau menyambut tamu yang ingin merasakan kuliner angkringan di kota Yogyakarta. Banyaknya pilihan makanan di angkringan tersebut membuat pengunjung tidak bosan dengan menu angkringan yang ada. Hal yang mengganggu kenyamanan pengunjung di angkirngan ini adalah banyaknya pengemis dan pengamen yang berlalu lalang. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Angkringan Pak Jabrik (Angkringan KR)
Jl. Margo Utomo (dulu Jalan P. Mangkubumi) No. 40-46 Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 03.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Alris:

    Liat menunya sih bikin tertarik. Apalagi kalau enak, pasti nambah lagi, :)
    Kenikmatan makanan yang kita makan bisa berkurang karena banyaknya gangguan dari pengemis dan tukang ngamen. Suer saya juga kurang nyaman kalau suasananya bikin gerah.

Kirim pendapat