Angkringan Lik Kis, Warung Sederhana Di Pinggir Sungai Tinalah Kulon Progo

Angkringan Lik Kis merupakan salah satu warung yang berada di tepi jalan penghubung Dekso dengan Samigaluh. Angkringan ini sebenarnya tidak istimewa namun kerap terlihat ramai oleh pengunjung yang didominasi pengendara sepeda motor dan pengemudi truk. Letaknya cukup strategis dari dua arah dan terdapat sedikit area untuk parkir kendaraaan.

Angkringan Lik Kis berada di tepi Sungai Tinalah Kulon Progo atau secara adminitratif berada di dusun Plipiran, desa Purwoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Buka mulai pagi hari hingga menjelang malam hari.

Angkringan Lik Kis Purwoharjo Kulon Progo Di Tepi Jalan

Lokasi Angkringan Lik Kis berada di tepi jalan Dekso-Samigaluh atau lebih mudahnya disebut jalan menuju ke Bukit Suroloyo. Bangunan warung mengunakan sebidang tanah kecil di pinggir jalan yang berbatasan langsung dengan aliran Sungai Tinalah yang bermuara ke Sungai Progo. Disebelah warung angkringan terdapat bangunan sebuah pos penjagaan desa yang tidak terpakai. Cukup mudah menemukan warung angkringan ini karena masih jarang terdapat warung angkringan di sepanjang jalan pedesaan ini.

Suasana Angkringan Lik Kis Purwoharjo Kulon Progo

Pengamatan kami setelah beberapa kali mampir di Angkringan Lik Kis, warung ini sering menjadi pemberhentian supir truk untuk beristirahat sejenak sambil mengisi perut. Truk yang biasa melewati jalan di depan warung ini biasa truk yang membawa material atau membawa hasil pertanian ke pusat kota. Saat mereka memasuki warung angkringan sepertinya telah akrab dengan pemilik warung angkringan. Selain tidak sedikit pengendara sepeda motor yang rutin mampir di warung angkringan ini sebagai tempat peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan setiap harinya.

Baca Juga  Mencicip Kuliner Timlo Solo Sastro

Jajanan Di Angkringan Lik Kis Purwoharjo Kulon Progo

Angkringan Lik Kis tidak jauh berbeda seperti angkringan tepi jalan pada umumnya dimana menyajikan nasi kucing dengan bermacam-macam gorengan dan lauk. Disamping itu ada beberapa camilan seperti roti, kacang, kripik, dan kerupuk. Namun yang membedakan adalah sebagian makanan yang disajikan di masak sendiri oleh pemilik warung angkringan dan tidak disuplai oleh orang lain seperti halnya angkringan-angkringan di pusat kota Yogyakarta. Bisa dibilang makanan yang disajikan selalu baru karena berasal dari dapur sendiri.

Gorengan dan Nasi Kucing Di Angkringan Lik Kis Purwoharjo Kulon Progo

Bila stok makanan yang tersaji di Angkringan Lik Kis khususnya nasi kucing dan gorengan menipis, pemilik warung akan mengambil stok makanan yang telah dipersiapkan di rumah. Jadi pengunjung warung tidak perlu khawatir stok makanan akan habis saat mampir di warung ini baik pagi, siang, ataupun sore hari. dalam menjalankan usahanya, pemilik warung angkringan dibantu beberapa orang yang merupakan kerabat keluarga dimana sebagian bertugas membantu berjualan di warung dan sebagian lagi bertugas memasak dan membungkus makanan di rumah.

Pemandangan Sungai Tinalah Dari Angkringan Lik Kis Purwoharjo Kulon Progo

Angkringan Lik Kis buka sejak pagi hari hingga menjelang malam cukup cocok menjadi tempat persinggahan dan tempat untuk melepas lelah sejenak. Suasana teduh karena banyaknya pepohonan membuat pengunjung betah berlama-lama di warung angkringan ini. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Angkringan Lik Kis cukup murah dibandingkan dengan angkringan yang berada di pusat perkotaan. Apalagi dengan kualitas makanan yang lebih baik dan lebih bersih karena dimasak sendiri oleh pemilik warung angkringan. Pengunjung yang mampir ke angkringan ini rata-rata cukup puas dan kembali lagi ke angkringan ini di lain waktu. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Angkringan Lik Kis
Jl. Dekso-Samigaluh, Dusun Plipiran, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. wildan:

    Tempat angkringannya beda dari yang lain, tertata rapih. Pantas rame,

Kirim pendapat