Angkringan Kang Topik, Kuliner Merakyat Di Pertigaan Selatan Pasar Imogiri Bantul

Angkringan Kang Topik merupakan warung kakilima yang cukup mencolok di sebuah persimpangan jalan selatan Pasar Imogiri. Angkringan ini sering terlihat penuh dengan pengunjung sejak pagi hingga malam hari. Keberadaannya sering menjadi persinggahan orang yang melewati tempat ini. Tidak sedikit orang yang menjadikan angkringan ini sebagai tempat langganan untuk bersantai dan beristirahat ditengah-tengah kesibukan.

Angkringan Kang Topik Imogiri berada di pertigaan Jalan Makam Imogiri dengan jalan Imogiri Timur Yogyakarta atau 200 meter dari Pasar Imogiri Baru.

Warung Angkringan Kang Topik Pertigaan Selatan Pasar Imogiri

Lokasi Angkringan Kang Topik berada di tengah-tengah persimpangan Jalan Imogiri Timur sebelah selatan Pasar Imogiri. Angkringan ini berdiri berhimpit dengan warung lain pada sebuah lahan di tengah persimpangan jalan yang banyak ditumbuhi pepohonan. Posisi angkringan ini menghadap ke arah barat atau menghadap ke arah jalan menuju ke Siluk atau Jalan Imogiri Barat. Dari kejauhan tampak spanduk besar bertuliskan “Angkringan Kang Topik”.

Sedikit pengamatan kami, lokasi di sekitar Angkringan Kang Topik sering digunakan sebagai tempat pemberhentian sementara angkutan umum berupa bus kecil lintas kecamatan bahkan bus antar kota antar propinsi. Area disekitar Angkringan Kang Topik menyisakan sedikit lahan untuk parkir kendaraan yang mampu menampung kendaraan beroda empat bahkan lebih. Kadang Angkringan Kang Topik menjadi pemberhentian sopir truk untuk sekedar membeli minuman dan beristirahat sebentar.

Suasana Warung Angkringan Kang Topik

Angkringan Kang Topik hampir sama seperti angkringan tepi jalan lain dimana menggunakan gerobak angkringan yang dikelilingi oleh kursi panjang tanpa sandaran. Bedanya di angkringan diberi tambahan beberapa buah kursi panjang dengan sandaran yang cocok untuk bersantai. Suasana sekitar angkringan yang sejuk dan teduh karena banyak ditumbuhi pohon membuat pengunjung betah berlama-lama di angkringan ini.

Baca Juga  Nasi Lesah, Semacam Soto Santan Khas Magelang

Tempe Goreng Dan Jajanan Lain Warung Angkringan Kang Topik

Menu makanan dan minuman yang disediakan oleh Warung Angkringan Kang Topik hampir sama dengan menu pada angkringan di tepi jalan. Bedanya jenis makanan dan minuman di warung angkringan ini lebih komplit dan beragam. Menu nasi kucing ada beberapa macam diantaranya nasi oseng tempe, nasi sambel teri, nasi goreng, nasi brongkos tahu, dan nasi gudeg. Semua nasi kucing dibungkus dengan kertas minyak dirangkap dengan kertas koran.

Sajian lauk di Angkringan Kang Topik juga beragam mulai kepala ayam, cakar ayam, sate usus, sate hati ampela, sate keong, tahu bacem, dan sebagainya. Untuk hidangan gorengan juga cukup lengkap mulai tempe goreng, bakwan goreng, tahu goreng, dan pisang goreng. Selain itu berbagai jenis jajanan pasar dan camilan juga tidak kalah menarik untuk dicicipi seperti kacang rebus, kerupuk, pisang aroma, pisang rebus, roti, dan sebagainya,

Hidangan Khas Warung Angkringan Kang Topik

Stok makanan yang ada selalu tersedia karena bila satu jenis makanan habis akan digantikan dengan jenis makanan yang lain. Pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan jenis makanan karena selalu dipasok secara terus menerus dari pemasok makanan yang letaknya tidak jauh dari angkringan. Kondisi makanan yang disajikan cukup bersih dan baru karena langsung didatangkan dari dapur. Harga makanan dan minuman di Angkringan Kang Topik cukup murah dan terjangkau sama seperti angkringan tepi jalan pada umumnya.

Baca Juga  Mie Ayam Goreng Mekaton, Legenda Mie Ayam Goreng Dari Jogja

Nasi Kucing Oseng Tempe Warung Angkringan Kang Topik

Angkringan Kang Topik yang buka sejak pagi hari hingga malam ini menjadi tempat persinggahan orang dari desa saat menuju ke kota begitu sebaliknya. Sebagian orang memilih tempat ini atau angkringan ini karena telah hapal jenis makanan dan daya tarik rasa makanan yang disajikan. Walaupun Angkringan Kang Topik bukan merupakan kuliner unik dan menarik, angkringan ini lebih dari sekedar tempat untuk mengisi perut dan melepas rasa haus. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat