Angkringan Kang Harjo Wijilan, Dulu Murah Meriah Sekarang Mahal

Angkringan Kang Harjo Wijilan, Dulu Murah Meriah Sekarang Mahal
3.4 (68%) 5 vote[s]

Angkringan Kang Harjo 2 merupakan salah satu pilihan kuliner angkringan di pusat kota Yogyakarta. Menu makanan yang ditawarkan cukup lengkap dan rasa yang ditawarkan tidak mengecewakan. Angkringan ini cukup luas dan mampu menampung puluhan pengunjung karena menenpati sebuah bangunan berlantai dua.

Angkringan Kang Harjo 2 berada di Jalan Wijilan No. 39, kelurahan Panembahan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta.

Papan Nama Angkringan Kang Harjo 2 Wijilan

Lokasi Angkringan Kang Harjo 2 berada di dalam lingkup dalam beteng kraton Yogyakarta tepatnya di daerah Wijilan, sebelah timur Alun-Alun Utara Yogyakarta. Seperti yang kita tahu bahwa daerah Wijilan tempat Angkringan Kang Harjo 2 berada merupakan kawasan yang terkenal dengan kuliner gudeg khas Yogyakarta. posisi Angkringan Kang Harjo 2 tepat berada disebelah selatan sentra kuliner gudeg tersebut.

Sebenarnya Angkringan Kang Harjo 2 lebih tepat disebut warung makan karena menempati bangunan dua lantai yang terbuat dari kayu. Dari pinggir jalan terlihat keramaian angkringan ini dari luar karena tidak ada warung lain yang ramai disekitar tempat ini pada malam hari. Area parkir motor disediakan di dalam bangunan warung sedangkan untuk kendaraan roda empat semacam mobil dipersilakan parkir di tepi jalan.

Suasana Angkringan Kang Harjo 2 Wijilan

Memasuki Angkringan Kang Harjo 2, pengunjung langsung disambut dengan sajian bermacam-macam makanan yang diletakkan di meja yang luas. Tercatat ada 24 macam sayur dan 50 lauk pauk termasuk makanan ringan. Sayur yang ada sebut saja sayur lodeh, oseng teri, oseng tempe, oseng kacang panjang, dan sebagainya. Sedangkan lauk yang disediakan antara lain bermacam-macam gorengan, sate usus, sate jerohan, sate jamur, sate keong, sate telur puyuh, tahun bacem, ayam goreng, kepala ayam, tempura sosis, nugget, dan sebagainya.

Baca Juga  Kraton Yogyakarta, Wisata Sejarah dan Kebudayaan

Menu minuman yang disediakan Angkringan Kang Harjo 2 bervariasi melebihi angkringan di tepi jalan ataupun angkringan terkenal seperti Angkringan Lek Man utara Stasiun Tugu. Menu minuman yang ditonjolkan dan menjadi daya tarik warung angringan ini adalah teh poci gula batu, jahe gepuk gula batu, wedang uwuh, dan susu tape ketan. Menu teh poci gula batu menjadi favorit pilihan pengunjung diantara keempat menu andalan tersebut. Menu minuman lain yang biasa ditemui antara lain teh panas, es teh, jeruk panas, teh susu, es kopimik, dan sebagainya.

Sajian Makanan Di Angkringan Kang Harjo 2 Wijilan

Setelah mengambil makanan secara sendiri (prasmanan) dan memesan minuman, pengunjung dipersilakan membayar makanan dan minuman terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan manajemen angkringan tepi jalan yang menghitung pembayaran makanan dan minuman saat pengunjung angkringan meninggalkan lokasi. Pengunjung dipersilakan membayar makanan dan minuman setelah biayanya dihitung oleh pelayanan warung angkringan.

Pengunjung Angkringan Kang Harjo 2 dipersilakan mencari tempat duduk yang masih kosong. Di lantai dasar ada pilihan duduk di meja kursi yang terbuat dari kayu sedangkan di lantai dua terdapat pilihan duduk secara lesehan dan menggunakan meja kursi. Sebagian besar pengunjung yang bergerombol lebih memilih tempat duduk di lantai dua karena suasananya lebih luas dan sirkulasi udara lebih lancar.

Teh Poci Khas Angkringan Kang Harjo 2 Wijilan

Rasa makanan yang disajikan Angkringan Kang Harjo 2 hampir sama seperti angkringan tepi jalan yang lain. Bedanya kondisinya lebih bersih karena dimasak sendiri dan diletakkan di meja yang tampak bersih. Suasana Angkringan Kang Harjo 2 yang terkesan sederhana dan tradisional membuat makanan yang dimakan terasa enak. Mengenai teh poci gula batu yang kami pesan, kondisinya lebih cair atau kurang pekat dibandingkan dengan teh poci yang pernah kami rasakan di daerah pantura. Sepertinya bahan teh atau takaran teh yang digunakan kurang mencirikan sajian teh poci khas pantura. namun demikian tidak terlalu buruk untuk dinikmati karena sajian teh dengan gula batu cukup jarang ditemukan di kota Yogyakarta.

Baca Juga  Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul

Pengunjung Angkringan Kang Harjo 2 didominasi oleh anak muda yang nongkrong bersama kawan-kawanya. Namun angkringan ini sering juga didatangi oleh keluarga atau para orang tua yang ingin bersantai di warung ini. Rata-rata penikmat angkringan lebih memilih warung ini karena lokasinya terlindung dan bebas dari pengemis dan pengamen. Harga yang ditawarkan saat ini tergolong mahal semenjak tempat ini ramai dikunjungi dan dibangun menjadi dua lantai. Beberapa orang yang kecewa dengan naiknya harga makanan di warung angkringan ini mulai meninggalkan tempat ini dan mencari angkringan yang harganya lebih terjangkau. Secara keseluruhan warung angkringan ini dapat menjadi pilihan lain bersantap di angkringan selain Angkringan Lek Man dan Angkringan Kang Jabrik di Jalan Mangkubumi Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ikhsan:

    Kapan- kapan berkunjung kesana ah, penasaran dengan teh pocinya :)

Kirim pendapat