Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta

Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta
Rate this post

Keberadaan alun-alun atau lapangan yang berada di depan kantor pemerintahan sejak jaman dahulu hingga sekarang masih menjadi desain tata kota. Khususnya alun-alun kidul yang posisinya berada di bagian belakang kompleks kraton dan hanya terdapat pada kompleks kraton ini cukup memiliki perhatian yang lebih di kota Yogyakarta.

Alun-Alun Kidul (Selatan) dibangun dalam lingkup kompleks kraton bertujuan untuk kesatuan kekuasaan yang sakral antara raja dan para bangsawan yang tinggal di sekitar alun-alun. Alun-Alun Kidul yang dibangun di belakang Kraton Yogyakarta menjadi ruang publik yang menyimpan banyak potensi wisata.

Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta atau sering disebut dengan nama alkid ini cukup menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini. Daya tarik utama yaitu permainan Masangin, dimana kita harus berjalan melewati diantara dua pohon beringin besar yang berada di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Mitos yang berkembang apabila mampu melewati diantara dua pohon beringin tersebut permohonannya terkabul. Mesti banyak yang tidak percaya, banyak orang penasaran untuk mencoba memainkannya.

Pada siang hari suasana Alun-Alun Kidul terasa sepi, berangsur-angsur menjadi ramai ketika sore hari ketika beberapa orang memanfaatkan kawasan ini untuk berolahraga seperti jogging dan bermain sepakbola, keluarga yang membawa anak kecilnya untuk melihat gajah peliharaan kraton yang dikandangkan di sisi barat Alun-alun Kidul.

Bangunan di sisi utara kraton yang dinamakan Sasono Hinggil Dwi Abad sering digunakan untuk pentas kesenian wayang pada hari-hari tertentu dan rutin digunakan sebagai tempat latihan bela diri. Parkir kendaraan pengunjung alun-alun dipersilakan di dekat kawasan ini sering tidak mampu menampung derasnya pengunjung ketika malam hari.

Dibelakang bangunan Sasono Hinggil Dwi Abad terdapat lapangan kecil yang bagian tengahnya terdapat joglo sering digunakan untuk olahraga memanah. Olahraga memanah yang dikenal dengan nama Jemparingan ini sudah lama diselenggarakan dan rutin dilakukan perlombaan. Olahraga memanah ini unik karena menggunakan panah dengan bentuk tradisional dan diharuskan menggunakan pakaian Jawa ketika dilakukan perlombaan yang rutin diselenggarakan. Selain itu ketika memanah tidak dilakukan dengan berdiri melainkan dengan duduk bersila.

Panahan Tradisional Mataraman atau dikenal dengan nama Jemparingan merupakan tradisi berkumpulnya ksatria panah kraton Yogyakarta untuk beradu kekuatan. Jemparingan berasal dari kata jemparing yang artinya panah.

Hari menjelang malam, suasana Alun-Alun Kidul bertambah ramai dengan datangnya orang-orang yang menyewakan sepeda tandem yang dapat dikendarai oleh dua dan tiga orang yang dihiasi lampu-lampu unik. Selain itu juga ada odong-odong yang disewakan dengan bentuk bermacam-macam dengan berhiaskan lampu warna-warni dan hiburan musik untuk digunakan berkeliling kawasan alun-alun.

Beberapa warung tenda yang buka di kawasan Alun-Alun Kidul juga turut memeriahkan suasana karena buka hingga menjelang pagi hari. Namun hidangan yang ditawarkan tidaklah istimewa karena menu yang ditawarkan hanya sederhana berupa makanan biasa yang didominasi oleh makanan instant seperti mie instant dan coffe mix walaupun disediakan juga makanan lian seperti jadah bakar, pisang bakarm roti bakar, dan sebagainya. Disarankan bila ingin menikmati kuliner bukan di alun-alun ini melainkan ditempat lain karena kawasan ini lebih cocok digunakan untuk nongkrong dan bersantai. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    thethek..dab… nang alkid..

  2. applausr:

    pohon beringin… jdi kangen jogya saya…

  3. Miftah Farid:

    Kadang kalo nongkrong disana suka nyobain, seru lah. Suasananya jg ga terlalu mistis :D
    *sebagian dihapus admin*

Kirim pendapat