Alun-Alun Blitar, Salah Satu Daya Tarik Kota Blitar

Alun-Alun Blitar merupakan salah satu daya tarik wisata yang terdapat di pusat kota Blitar. Keberadaannya telah cukup lama ada dan dibangun hampir bersamaan dengan berdirinya pusat pemerintahan di daerah ini. Dalam kurun waktu tertentu, Alun-Alun Blitar mengalami banyak perubahan karena pemerintah setempat berupaya mempercantik lokasi strategis yang berada di pusat kota.

Alun-Alun Blitar (Aloon Aloon Blitar) berada di pusat kota Blitar tepatnya di Jl. Merdeka Blitar.

Gapura Alun-Alun Blitar

Lokasi Alun-Alun Blitar berada di pusat kota Blitar yang dikelilingi beberapa bangunan diantaranya Masjid Agung Blitar berada di sebelah barat, Kantor Walikota berada di sebelah selatan, Gedung Pemerintahan, Bank, Pertokoan, dan sebagainya. Tata kota Blitar masih menggunakan desain alun-alun pada zaman kerajaan islam dimana alun-alun dikelilingi oleh masjid dan pemerintahan.

Alun-Alun Blitar didesain hampir sama seperti alun-alun pada umumnya di kota lain. Alun-Alun Blitar memiliki ciri sebuah tanah lapang yang luas pada bagian tengahnya terdapat satu pohon beringin berukuran besar. Tanah lapang yang berada di tengah alun-alun sebagian besar ditanami rumput. Bgagian tepi alun-alun yang dahulu didominasi pohon beringin diganti dengan pohon palm karena pelebaran jalan. Kesan modern tampak pada desain Alun-Alun Blitar walaupun beberapa bangunan yang ada hanya dipugar dilestarikan keasliannya.

Baca Juga  Makan Siang Soto Madura Di Alun-Alun Blitar

Wahana Permainan Di Alun-Alun Blitar

Di bagian pinggir Alun-Alun Blitar dibangun beberapa pendopo yang berfungsi sebagai tempat beristirahat pengunjung. Selain itu disediakan pula colokan listrik yang dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel, laptop, atau perangkat lain yang membutuhkan daya listrik. Colokan listrik ini disediakan untuk pengunjung Alun-Alun dengan catatan tidak digunakan untuk kepentingan komersial.

Hal yang cukup menarik perhatian adalah sekitar kawasan Alun-Alun Blitar telah dilengkapi jaringan WiFi untuk koneksi internet. Jaringan untuk internet ini disediakan secara gratis meskipun sinyal jaringan hanya cukup kuat bila berada di area pendopo alun-alun saja. Hanya saja beberapa jaringan internet tidak dapat digunakan entah karena perangkat mengalami kerusakan atau harus mendaftar terlebih dahulu.

Dari Tengah Alun-Alun Menghadap Ke Masjid Agung Blitar

Wahana permainan anak di kawasan Alun-Alun Blitar cukup lengkap mulai dari yang gratis hingga berbayar. Wahaya permaiann yang gratis terletak di tepi alun-alun dan merupakan salah satu fasilitas yang dibangun pemerintah di sini. Sebut saja ayunan, jungkat-jungkit, putaran, dan sebagainya. Kondisinya cukup terawat dengan baik dan aman digunakan untuk bermain anak-anak.

Wahana permainan yang berbayar sudah tidak asing lagi dan hampir sama ditempat lain. Seperti odong-odong serta persewaan motor dan mobil mini dengan tenaga listrik. Jasa tersebut disewakan berdasarkan perhitungan waktu dan tarifnya cukup terjangkau bagia masyarakat. Tidak heran bila saat kami datang cukup banyak pengguna jasa sewa permainan mobil listrik.

Baca Juga  Gapura Gading, Salah Satu Ikon Kabupaten Sragen

Anak Kecil Bermain Di Sudut Alun-Alun Blitar

Warung-warung pedagang kakilima yang dulu memenuhi kawasan Alun-Alun Blitar sekarang dilarang berjualan di dalam alun-alun. Pemerintah daerah melakukan penataan pedagang kakilima yang dianggap merusak citra alun-alun yang terkesan membuat kotor, kumuh, dan tidak enak dipandang. Tanpa adanya pedagang kakilima di kawasan Alun-Alun Blitar, suasana menjadi tampak indah, bersih, dan enak dipandang. Saat ini pedagang kakilima yang mengalami penataan menempati bagian luar pagar kawasan Alun-Alun Blitar.

Alun-Alun Blitar merupakan hiburan rakyat yang murah dengan lokasi yang cukup strategis. Baik pengunjung yang berusia muda hingga berusia lanjut menyempatkan mampir di tempat ini sekedar bersantai atau nongkrong bersama kawan-kawannya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Alun-Alun Blitar merupakan salah satu daya tarik wisata di pusat kota Blitar selain Makam Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno.

Pembenahan Alun-Alun Blitar yang dilakukan oleh pemerintah cukup sukses dan mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Walaupun harus merubah total konsep sebuah alun-alun dari konsep asli alun-alun pada zaman dahulu yang hanya berupa tanah lapang tanpa adanya bermacam-macam fasilitas pendukung. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat