Pengalaman Bermalam Di Alloro Guest House Pacitan

4.0
05

Alloro Guest House merupakan pilihan tempat menginap di sekitar Alun-Alun kota Pacitan Jawa Timur. Pada mulanya guest house ini digunakan sebagai tempat praktek siswa SMK Perhotelan yang berada di kota tersebut. Namun seiring perkembangan waktu, guest house ini menjadi langganan keluarga mantan Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Setiap keluarga beliau pulang atau ada sebuah acara di Pacitan, sering menginap di guest house ini.

Alloro Guest House terletak di Jalan Kyai Umar No. 12 Pacitan, Jawa Timur.

Bangunan Alloro Guest House Pacitan Dari Luar

Lokasi Alloro Guest House berada di pusat ibukota kabupaten Pacitan tepatnya di dekat Alun-Alun Pacitan. Rute menuju guest house ini dari Alun-Alun Pacitan melewati jalan masuk kecil di sebelah selatan. Selang beberapa puluh meter posisi guest house berada di sebelah kanan atau barat jalan. Letaknya sedikit tersembunyi dari kawasan Alun-Alun Pacitan dan berada di sekitar area pemukiman penduduk. Namun nilai positifnya suasana sekitar terasa lebih tenang, nyaman, dan sepi dari keramaian kota. Area parkir yang disediakan cukup sempit dan hanya dapat menampung 2 (dua) kendaraan beroda empat dan beberapa kendaraan beroda dua saja.

Alloro Guest House menggunakan bangunan berlantai dua yang terdiri dari beberapa kamar saja. Lantai dasar hanya terdapat 2 (dua) kamar dan lantai atas terdiri dari 6 (enam) kamar saja. Enam kamar memiliki kamar mandi di dalam sedangkan dua kamar memiliki kamar mandi di luar. Sedikitnya jumlah kamar yang ditawarkan lebih berkesan seperti rumah besar daripada hotel atau penginapan. Fasilitas yang disediakan guest house ini cukup lengkap mulai dari area parkir, lobi hotel, ruang keluarga atau ruang bersama yang dilengkapi TV cable dan pemutar DVD, keyboard music, lemari es, kamar mandi luar, kamar mandi dalam yang dilengkapi shower, air panas (water heater), AC, dan internet WiFi.

Baca Juga  Bakso Cak Toha Semeru, Rela Berdesak-Desakan Demi Cita Rasa Juara

Ruang Keluarga Di Alloro Guest House Pacitan

Kamar yang kami pilih di Alloro Guest House Pacitan adalah kamar dengan satu tempat tidur besar dilengkapi fasilitas AC, TV cable, kamar mandi dalam yang dilengkapi shower, air panas (water heater), meja kursi, lemari besar, dan internet WiFi. Kami meminta tambahan extra bed sebanyak 2 (dua) bed karena kami yang menginap terdiri dari 4 (empat) orang. Ukuran kamar sekitar 5 x 5 meter dengan jarak dengan langit-langit sekitar 3 meter. Hal tersebut membuat ruangan kamar terasa lega dan tidak terasa pengap meskipun menggunakan pendingin ruangan atau AC.

Fasilitas kamar yang disediakan Alloro Guest House Pacitan cukup lengkap mulai dari peralatan mandi tamu seperti handuk, sikat dan pasta gigi, sabun mandi, shampo, shower kit, dan sisir rambut. Selain itu disediakan juga alat pemanas air listrik beserta bahan pembuat minum seperti teh celup, kopi sachet, kremer kopi sachet, gula pasir sachet, dan gula rendah kalori (gula diet). Tidak ketinggalan pula welcome drink berupa 2 (dua) botol air mineral atau ditambah bila tamu hotel menggunakan fasilitas extra bed. Tamu hotel juga mendapatkan fasilitas makan pagi atau breakfast dengan pilihan makanan nasi goreng, nasi rawon, atau soto ayam.

Salah Satu Kamar Di Alloro Guest House Pacitan

Dari segi layanan, Alloro Guest House menyediakan pemesanan makanan lain selain breakfast atau makan pagi. Pemesanan makanan akan dibelikan di luar guest house karena tempat menginap ini tidak menyediakan fasilitas restoran. Namun hal tersebut harus diberitahukan sebelumnya karena pemesanan makanan tidak dapat dilakukan secara dadakan. Selain itu guest house ini juga menyediakan layanan kamar dan layanan pijat namun harus diberitahukan pada awal sebelumnya. Kekurangannya guest house ini belum menyediakan layanan laundry atau jasa cuci baju.

Baca Juga  Aneka Kripik Buah, Salah Satu Oleh-Oleh Khas Batu

Dari segi harga, harga yang ditawarkan Alloro Guest House cukup mahal untuk ukuran tempat menginap di kota Pacitan. Harga kamar paling murah di guest house ini berkisar 250 ribuan dan paling mahal mencapai 600 ribuan. Harga kamar sejenis yang fasilitasnya dibawah guest house ini di Pacitan hanya mencapai separuhnya. Namun fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan tidak akan mengecewakan tamu hotel yang menginap.

Foto Keluarga SBY Saat Menginap Di Alloro Guest House Pacitan

Hal yang menarik dari Alloro Guest House Pacitan adalah menjadi langganan keluarga mantan Presiden Republik Indonesia bapak Susilo Bambang Yudhoyono ketika pulang kampung ke Pacitan atau ada keperluan di tanah kelahirannya ini. Hal ini dibuktikan dalam beberapa foto dinding berisi foto keluarga beliau di ruang keluarga atau ruang bersama di tengah-tengah bangunan guest house. Beberapa fasilitas yang disediakan sepertinya juga menunjang kenyamanan beliau saat menginap di tempat ini.

Secara keseluruhan Alloro Guest House Pacitan dapat menjadi salah satu tempat menginap yang nyaman di pusat kota Pacitan Jawa Timur. Beberapa kekurangan seperti masalah parkir seperti menjadi masalah utama guest house ini karena area parkir yang disediakan tidak mencukupi bila semua tamu guest house membawa kendaraan beroda empat atau mobil. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat