8 Alasan Lebih Memilih Transportasi Kereta Api Ketimbang Bus

8 Alasan Lebih Memilih Transportasi Kereta Api Ketimbang Bus
3.7 (73.33%) 3 vote[s]

Transportasi Kereta Api saat ini cukup favorit dibandingkan dengan bus umum. Apalagi setelah dilakukan pembenahan dan perbaikan pelayanan PT KAI. Berikut adalah alasan mengapa lebih memilih moda transportasi kereta api dibandingkan menggunakan bus yaitu :

1. Kereta api tidak mengenal lalu lintas macet. Kereta api memiliki jalur atau lintasan tersendiri yang khusus dilewati oleh kereta api itu sendiri. Berbeda dengan bus umum yang harus berbagi jalan dengan kendaraan lain seperti truk, mobil, dan sepeda motor.

2. Kereta api lebih tepat waktu. Perjalanan menggunakan kereta api lebih tepat waktu karena terhindari dari macet, penundaan pemberangkatan, dan perkiraan perhitungan waktu perjalanan yang tidak meleset jauh. Berbeda dengan perjalanan menggunakan bus dimana sering terjadi keterlambatan saat pemberangkatan, waktu tempuh lebih lama karena adanya kemacetan, pengalihan arus, dan waktu kedatangan yang terlambat dari jadwal.

3. Tiket kereta api lebih murah. Tiket Kereta Api yang dijual saat ini masih lebih murah dibandingkan dengan harga tiket bus dengan trayek yang sama. Hal ini disebabkan karena strategi marketing dari PT KAI dan adanya subsidi yang diberikan pemerintah.

4. Penumpang kereta api bebas berkeliling disetiap gerbong. Penumpang kereta api bebas meninggalkan tempat duduknya untuk berkeliling gerbong untuk menuju toilet, restorasi, menemui temannya yang duduk di gerbong yang berlainan, atau sekedar menghilangkan rasa pegal. Berbeda dengan naik transportasi bus, penumpang diharapkan untuk duduk dengan tenang di kursi penumpang.

Baca Juga  Bekas Stasiun Beran Sleman, Kini Menjadi Markas Koramil

5. Lokasi stasiun kereta api rata-rata berada di tengah kota. Seperti yang kita tahu bahwa hampir semua stasiun kereta api di Indonesia berada di tengah perkotaan dan berada di daerah strategis. Sedangkan terminal bus saat ini lebih ditempatkan di daerah pinggiran kota untuk mengurangi kemacetan.

6. Penumpang Kereta Api lebih mudah berinteraksi dengan penumpang lain. Posisi tempat duduk penumpang kereta api khususnya yang berhadapan memudahkan untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan penumpang yang lain. Penumpang kereta api dengan mudah saling bertukar informasi yang mereka miliki.

7. Kereta api cenderung lebih aman dari kecelakaan. Kereta api jarang terjadi kecelakaan dibandingkan dengan bus umum bila dilihat dari data statistik kecelakaan transportasi di Indonesia.

8. Pemandangan indah saat menggunakan kereta api. Beberapa jaur kereta api melewati kawasan pertanian, perbukitan, dan lereng gunung yang menawarkan pemandangan yang cukup indah. Berbeda dengan menggunakan bus dimana jalan yang dilewati melewati pinggiran kota dan jalan raya yang lurus.

 

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Sandi Ali:

    Naik kereta api juga ga jauh pergi ke toilet..he.he

  2. nbsusanto:

    setuju secara umum mas.. cuma terkadang harganya jauh di atas bis.. misalnya kelas ekonomi yogya-jkt kereta 150-200k.. di harga yg sama bis sudah dapat kelas patas.. bahkan untuk kelas argo kadang seharga pesawat ekonomi.. :|

  3. Nandang:

    Kereta selalu menyisakan kenangan bagi penumpangnya..he

Kirim pendapat