Review Aki Kering Yuasa YTZ4V

Aki Kering Yuasa YTZ4V merupakan aki (accu) kering yang saya pilih untuk sepeda motor Suzuki Shogun 125R milik saya untuk menggantikan aki kering sebelumnya. Alasan menggunakan aki kering ini adalah saran dari bengkel langganan saya bahwa kinerja aki tersebut cukup baik dan harganya lebih murah dibandingkan aki kering spare part asli Honda. Beberapa teknologi yang diusung dari aki kering ini adalah Sealed VRLA (Valve Regulated Lead Acid) atau tidak perlu mengisi air aki secara berkala. Kelebihan utama dari aki ini adalah harganya yang lebih murah dan lebih terjangkau dengan kinerja tidak kalah dengan baterai aki yang lebih mahal.

Aki Kering Yuasa YTZ4V

Pengalaman penggunaan Aki Kering Yuasa YTZ4V dalam kurun waktu sekitar 1,5 tahun, aki kering ini masih dapat digunakan dengan baik pada sepeda motor Suzuki Shogun 125R. Aki ini sempat mengalami kehabisan daya kemudian diisi kembali (dicharger) dan dapat kembali berfungsi normal. Beberapa minggu kemudian aki ini kembali kehabisan daya dan untuk kedua kalinya saya kembali melakukan pengisian daya pada aki agar dapat dipakai kembali. Namun sepertinya daya tahan aki menurun dan pilihan terakhir adalah mengganti aki baru.

Kelemahan Aki Kering Yuasa YTZ4V adalah kapasitas listrik yang lumayan kecil yaitu sekitar 3.000 mAh atau 3 Ampere (Ah). Hal ini berakibat waktu penggunaan atau waktu pakai lebih singkat. Selain itu aki tipe ini belum dilengkapi fitur MF (Maintenance Free) yang berarti tanpa perlu perawatan. Pengguna masih melakukan perawatan pada aki ini dimana melakukan pengisian ulang saat pertama kali digunakan dan ketika baterai aki habis. Tanda-tanda baterai aki akan habis adalah sepeda motor tidak dapat distarter dengan starter elektrik. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Jenis-Jenis Busi Motor Yang Perlu Dipahami

SPESIFIKASI

Nama : Yuasa YTZ4V

Produksi : PT Yuasa Battery Indonesia

Tipe : Aki Kering

Dimensi : 115 mm (p) x 72 mm (l) x 86 mm (t)

Tegangan : 12 V

Kapasitas : 3 Ah

Kompabilitas : Honda (Supra X 125, Absolute Revo, Revo, Karisma, Kirana, Beat, Vario, Spacy), Yamaha (Scorpion Z, Byson, Vixion 2007, Mio Soul, Xeon), Suzuki (Arashi, Satria F, Shogun, Spin, Hayate, Skywave)

Kirim pendapat