Review Aki Kering Yuasa YT7C MF

Aki Kering Yuasa YT7C MF merupakan aki (accu) kering yang saya pilih untuk sepeda motor Honda Supra X milik saya. Alasan menggunakan aki kering ini adalah saran dari bengkel langganan saya bahwa kinerja aki tersebut cukup baik dan harganya lebih murah dibandingkan aki kering spare part asli Honda. Beberapa teknologi yang diusung dari aki kering ini adalah MF (Maintenance Free) atau tanpa perlu perawatan, Sealed VRLA (Valve Regulated Lead Acid) atau tidak perlu mengisi air aki secara berkala, dan sebagainya.

Aki Kering Yuasa YT7C MF

Selama penggunaan Aki Kering Yuasa YT7C MF dalam kurun waktu lebih dari 2 tahun, aki kering ini masih dapat digunakan dengan baik pada sepeda motor Honda Supra X. Walaupun dalam waktu penggunaannya, sepeda motor sempat mengalami konslet dan menghabiskan seluruh daya pada aki kering tersebut. Selain itu aki kering ini pernah sekali mengalami pengisi daya baterai karena daya melemah dan mungkin diakibatkan oleh konsleting beberapa waktu yang lalu. Kinerjanya cukup baik dimana masih tetap dapat digunakan meskipun terjadi konslet.

Kelemahan Aki Kering Yuasa YT7C MF adalah tidak dapat mendukung untuk sepeda motor jenis matic karena ukurannya lebih besar dan tidak muat pada dudukan aki pada sepeda motor matic. Belum ada kelemahan lain dalam pemakaian aki kering ini dan akan ditambahkan lagi apabila nanti ditemukan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Daftar Alamat Vulkanisir Ban Di Gunungkidul

SPESIFIKASI

Nama : Yuasa YT7C MF

Produksi : PT Yuasa Battery Indonesia

Tipe : Aki Kering

Dimensi : 128 mm (p) x 60 mm (l) x 130 mm (t)

Kapasitas : 12 V, 6Ah

Kompabilitas : Honda (Supra Series, Mega Pro, New Supra Fit), Suzuki (Shogun, Satria, Smash), Yamaha (Jupiter MX-135, Vega, Jupiter, RX-Z, RX-X, Mio, Vega ZR), Kawasaki (Kaze, Blitz, Zone 125), Kymco (Spike, Cevira), semua motor bebek China dan semua kendaraan yang menggunakan aki tipe YB5LB-BA

Ada 10 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Yoga Purnama Putra Perdana:

    harganya kisaran brapa mas??

  2. nbsusanto:

    woh 6 ampere.. seperti aki satria yang banyak disarankan untuk yang sudah upgrade kelistrikan.. dudukane perlu diakali dulu nggak mas?
    sekarang sih masih pake yuasa ytz5s 3,5A untuk supra x 125.. harganya lebih masuk akal dibanding aki bawaan kalo beli di bengkel resmi..

    • admin:

      Buat Supra-X lama langsung masuk mas ga perlu ganti dudukan lagi

  3. Botik:

    Buat cb150r bisa ga

    • admin:

      Hi Botik,
      Maaf kurang tahu, silakan dibaca spesifikasi akinya apakah cocok atau tidak. Terima kasih

  4. Irwan sandy:

    Apa.bisa dipakai untuk nmax..?

    • admin:

      Hi Irwan, belum tau. Coba dilihat dahulu outputnya sama tidak.

  5. Sigit:

    Klo buat supra x 125 tahun 2005 dimensinya masuk g

  6. Saidah:

    Maaf gan…. Saya masih bingung kenapa saat pertama harus diisi air aki ya…. Bukannya klo aki kering itu seharusnya tinggal pakai langsung tidak perlu ada pengisian cairan lagi!

Kirim pendapat