Review Aki Kering GS GTZ5S

Aki Kering GS GTZ5S merupakan aki (accu) kering yang saya pilih untuk sepeda motor Honda Beat FI milik saya untuk menggantikan aki kering sebelumnya yaitu Aki Kering Honda AHM GTZ5S. Seri aki kering yang digunakan oleh GS Battery sama dengan seri aki kering dari pabrikan Honda. Entah apakah keduanya berbeda kualitas atau hanya berbeda label atau merk saja. Beberapa teknologi yang diusung dari aki kering ini adalah MF (Maintenance Free) atau tanpa perlu perawatan, Sealed VRLA (Valve Regulated Lead Acid) atau tidak perlu mengisi air aki secara berkala, dan sebagainya.

Aki Kering GS GTZ5S

Pengalaman penggunaan Aki Kering GS GTZ5S dalam kurun waktu sekitar 1,5 tahun, aki kering ini masih dapat digunakan dengan baik pada sepeda motor Honda Beat FI. Kinerjanya cukup stabil seperti aki kering suku cadang asli Honda. Hanya saja masa pakai aki kering ini hanya mencapai 2 tahun. Sepertinya pabrikan aki kering sudah mengatur agar aki kering hanya dapat bertahan rata-rata 2 tahun saja. Kondisi baterai aki kering melemah dan tidak dapat digunakan untuk menstarter sepeda motor matic. Satu-satunya solusi adalah mengganti aki kering lama dengan aki kering baru.

Kelebihan Aki Kering GS GTZ5S tidak ada perawatan sama sekali saat penggunaan aki di dalam sepeda motor dan memiliki kualitas serta kinerja yang hampir sama dengan aki kering dari pabrikan Honda. Kekurangannya adalah saat aki kering ini melemah atau rusak tidak dapat diisi (dicharging) dan harus ganti dengan aki baru. Selain itu harga aki kering ini cukup tinggi dan hanya selisih sedikit dengan harga aki kering dari pabrikan Honda. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Kunci Pengaman Helm Jenis Pin

SPESIFIKASI

Nama : GTZ5S

Produksi : PT GS Battery

Tipe : Aki Kering

Dimensi : 115 mm (p) x 72 mm (l) x 86 mm (t)

Tegangan : 12 V

Kapasitas : 3,5 Ah

Kompabilitas : Honda (Supra X 125, Absolute Revo, Revo, Karisma, Kirana, Beat, Vario, Spacy)

Kirim pendapat