Air Terjun Talang Purba, Pesona Air Terjun Bertingkat Di Sekitar Nglanggeran Gunungkidul

Air Terjun Talang Purba, Pesona Air Terjun Bertingkat Di Sekitar Nglanggeran Gunungkidul
4.5 (90%) 2 vote[s]

Air Terjun Talang Purba merupakan kawasan wisata baru yang terdapat di perbukitan Patuk Gunungkidul. Air terjun ini cukup mendapat respon positif dari wisatawan karena setiap hari cukup banyak orang yang menanyakan keberadaannya. Tidak heran bila pengelola air terjun yang juga ngelola Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran berencana mengembangkan kawasan ini sebagai kawasan wisata pelengkap.

Air Terjun Talang Purba beralamat di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Air terjun ini merupakan aliran sungai Bendo dan memiliki karakteristik bentuk air terjun bertingkat.

Papan Petunjuk Arah Menuju Air Terjun Talang Purba

Lokasi Air Terjun Talang Purba hanya berjarak kurang lebih satu kilometer dari kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran. Bila anda sudah hafal kawasan sekitar Gunung Api Purba carilah lapangan yang lokasinya dekat dengan pintu masuk Embung Nglanggeran. Bila sudah ketemu, ambil jalan kecil cor semen yang terdapat di samping lapangan. Jalan kecil cor semen tersebut merupakan satu-satunya akses menuju air terjun tersebut. Jangan khawatir tersesat atau salah jalan karena telah dipasang papan petunjuk arah menuju lokasi. Namun perlu diingat jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Pengelola Air Terjun Talang Purba yang juga pengelola Ekowisata Gunung Api Purba sedang berencana membangun infratruktur jalan.

Jalan Setapak Menu Air Terjun Talang Purba

Beberapa puluh meter menyusuri jalan cor semen, tiba-tiba jalan tersebut berubah menjadi jalan tanah bercampur batu. Saat kondisi sehabis hujan, jalan tersebut cukup licin karena tanahnya menjadi lembek. Pengendara sepeda motor harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Pada sebuah tikungan jalan terdapat sebuah halaman rumah warga yang dipergunakan untuk parkir sepeda motor pengunjung Air Terjun Talang Purba.

Kendaraan pengunjung dipersilakan di parkir di halaman rumah warga ini. Ada warga yang menunggu atau menjaga kendaraan pengunjung Air Terjun Talang Purba secara bergantian. Pengunjung tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan di halaman rumah warga tersebut. Dari area parkir ini sebetulnya ada dua pilihan jalan menuju ke air terjun yang berbeda. Bila mengambil jalan ke kiri akan menuju ke arah Air Terjun Kedung Kandang dan bila mengambil jalan ke kanan menuju ke Air Terjun Talang Purba.

Baca Juga  Warung Budhe Pah Dan Sajian Mie Ayam Hotplate

Pemandangan Air Terjun Talang Purba Dari Samping

Kami mencoba menyambangi Air Terjun Talang Purba dengan mengikuti jalan setapak yang berada di sisi sebelah kanan. Bila kurang yakin menyusuri jalan setapak yang ada bisa meminta warga setempat menuju ke lokasi Air Terjun Talang Purba. Perjalanan menyusuri jalan setapak ini tidak lama karena hanya beberapa puluh meter saja. Air Terjun Talang Purba sudah tampak dari jauh ketika memasuki area persawahan milik warga. Ujung jalan setapak yang kami lewati berujung tepat disamping Air Terjun Talang Purba. Dari sisi samping air terjun, kami tidak dapat melihat pemandangan air terjun secara utuh karena sedikit terhalang. Kami harus menuju ke sisi bawah air terjun untuk melihat pemandangan Air Terjun Talang Purba secara utuh. Sepertinya tidak mudah karena belum dibuka jalan atau jalur menuju sisi bawah area air terjun.

Pemandangan Air Terjun Talang Purba Dari Bawah

Untuk menuju sisi bawah Air Terjun Talang Purba dengan cara menuruni batuan yang terdapat pada aliran air terjun. Kami sempat beberapa kali menyeberang kedua sisi untuk memilih batuan yang cukup landai untuk menuju sisi bawah air terjun. Perlu kehati-hatian dalam melangkah karena batuan cukup licin ketika terkena percikan air. Beberapa menit berselang akhirnya kami tiba di bagian bawah Air Terjun Talang Purba.

Alternatif cara yang lain dengan melewati pematang sawah yang sedikit memutar tetapi tidak curam. Cara ini penuh resiko karena dapat merusak tanaman padi milik warga yang ditanam. Selain itu pematang sawah yang basah cukup licin untuk diinjak. Saat ini, cara alternatif ini dilarang warga karena banyak tanaman yang rusak akibat ulang pengunjung yang nekat melewati pematang sawah.

Baca Juga  Air Terjun Tritis Prambanan, Pencarian Air Terjun Tersembunyi

Puncak Aliran Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba tergolong air terjun musiman yang hanya terlihat deras ketika memasuki musim penghujan. Pada musim kemarau air terjun ini tidaklah kering atau masih mengalir dengan debit air yang rendah. Namun seringkali pada musim kemarau, aliran sungai diatas air terjun ini dibendung untuk dialirkan ke sawah dan ladang milik warga. Air terjun ini mmiliki karakteristik bentuk air terjun bertingkat atau berundak dengan aliran air terbelah dari atas atau puncak air terjun. Tingkatan air terjun paling atas merupakan air terjun yang paling tinggi sedangkan tingkatan paling bawah memiliki ketinggian paling rendah. Debit air cukup tinggi setelah hujan dengan warna air sedikit keruh atau kecoklatan. Dari beberapa informasi didapat sumber air dari aliran Air Terjun Talang Purba berasal dari sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran.

Annosmile di Air Terjun Talang Purba

Pada sekitar bebatuan Air Terjun Talang Purba bagian atas terdapat sumber mata air yang digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih pada musim kemarau, sumber mata air ini sangat vital karena sumur-sumur di pemukiman warga telah mengering. Pipa-pipa pralon diletakkan di aliran sumber mata air untuk diarahkan ke rumah-rumah penduduk disekitar air terjun tersebut.

Kawasan Air Terjun Talang Purba merupakan daya tarik wisata baru di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran setelah Embung Nglanggeran. Cukup banyak orang yang tertarik mengunjungi air terjun ini setelah resmi dibuka sebagai kawasan wisata oleh pengelola setempat. Belum adanya fasilitas pendukung menyebabkan wisata Air Terjun Talang Purba belum dikenakan retribusi alias gratis. Pengunjung hanya dipersilakan membayar dana parkir seikhlasnya dengan mengisi kotak yang tersedia. Semoga kedepannya segera dibangun sarana dan prasarana yang lengkap agar wisatawan nyaman saat mengunjungi Air Terjun Talang Purba. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat