Please disable any ad-blocker you are using in your browser.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Antara Mitos Dan Pesona Keindahan Alam

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Antara Mitos Dan Pesona Keindahan Alam
3.67 (73.33%) 3 votes

Air Terjun Sri Gethuk merupakan kawasan wisata air terjun paling favorit di kabupaten Gunungkidul bahkan hingga Daerah Istimewa Yogyakarta. Daya tarik air terjun ini cukup unik dimana berada diantara celah bukit yang ditengah-tengahnya mengalir Sungai Oyo. Pengunjung yang akan menuju air terjun tersebut harus menyusuri aliran sungai terlebih dahulu. Sedikit informasi bahwa Air Terjun Sri Gethuk mengalir sepanjang tahun tanpa dipengaruhi musim.

Air Terjun atau Curug Srigethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul masih satu lokasi dengan Goa Rancang Kencono.

Dermaga Rakit Mesin Menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di tepi aliran Sungai Oyo yang melewati wilayah Playen Gunungkidul. Papan petunjuk menuju air terjun ini sudah banyak terpasang dari tepi jalan utama mulai dari pertigaan lampu merah Lapangan Gading Jalan Wonosari hingga menuju lokasi. Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan tempat ini karena banyaknya rambu-rambu petunjuk arah yang terpasang. Sepertinya Air Terjun Sri Gethuk telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten Gunungkidul. Selain itu kondisi jalan sudah beraspal baik meskipun belum lebar. Saat ini kendaraan beroda empat telah tiba dilokasi setelah dilakukan pengaspalan jalan baru dan perbaikan jalan lama yang telah rusak.

Pengemudi Rakit Mesin Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Mendekati kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono terdapat pos retribusi masuk. Setelah membayar retribusi pengunjung dipersilakan melanjutkan perjalanan langsung menuju ke Air Terjun Sri Gethuk atau mampir terlebih dahulu di Goa Rancang Kencono. Jarak diantara keduanya hanya selisih sekitar 200-300 meter saja sehingga tidak membuang banyak waktu. Area parkir Air Terjun Sri Gethuk tidak terlalu luas namun dapat menampung belasan kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan beroda dua.

Air Terjun Mini Di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak ebrupa tangga disebelah area parkir. Di sepanjang jalan setapak tersebut banyak ditemukan warung-warung pedagang yang menjual makanan dan minuman. Warung-warung tersebut menempati bangunan semi permanen yang dibuat dari kayu beratapkan rumbia dan terpal. Penampilan warung yang ada sedikit kurang seragam namun cukup tertata dengan baik. Saat tiba di sebuah pertigaan jalan terdapat dua cara untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk, pertama menggunakan rakit wisata melewati aliran Sungai Oyo dan kedua berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tepi Sungai Oyo.

Batuan Di Tepi Sungai Oyo Saat Menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Menaiki rakit wisata menjadi pilihan menarik untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk dibandingkan dengan menyusuri jalan setapak di tepi sungai. Hanya saja pengunjung harus kembali merogoh kocek karena menaiki rakit wisata bermesin tersebut tidak gratis alias harus membayar lagi. Tarifnya tidak mahal dan tiketnya dapat dibeli di loket yang berada di tepi dermaga rakit wisata. Pengunjung dapat langsung menaiki rakit wisata bermesin begitu tiba dan membeli tiket tanpa harus menunggu rakit penuh dengan penumpang. Saat ini telah dioperasikan beberapa rakit untuk melayani penumpang dari dan menuju Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Dari Sisi Sungai Oyo

Jarak antara dermaga rakit dengan lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul sekitar 200-300 meter. Selama perjalanan menaiki rakit wisata menuju Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung akan dihibur dengan pemandangan unik di sepanjang aliran Sungai Oyo. Salah satunya adalah air terjun kecil di yang meluncur dari tebing Sungai Oyo dan langsung jatuh ke aliran sungai. Selain itu pemandangan tebing yang mengapit Sungai Oyo juga memberikan daya tarik unik yang konon bisa disetarakan dengan Green Canyon yang berada di Pangandaran, Jawa Barat.

Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Pemandangan air terjun Srigetuk dengan air yang memancar tiga arah yang berdamping memberikan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun yang terkesan datar. Batu-batuan yang berukuran besar banyak ditemukan di sekitar area Air Terjun Srigethuk yang dibeberapa bagian cukup cocok untuk menikmati jatuhan air terjun dari sudut yang berlainan. Bagi orang yang suka bermain air, kesempatan berkunjung di Curug Srigethuk digunakan untuk mandi dan berenang disebuah cekungan bawah air terjun yang membentuk kolam kecil.

Secara umum Air Terjun Srigethuk layak dikembangkan menjadi kawasan wisata karena pesonanya yang cukup indah dan menarik. Kondisi Air Terjun Srigethuk masih terlihat alami dan bersih, belum terlihat tanda-tanda kerusakan yang dilakukan oleh manusia. Peran seta pengelola yaitu Kelompok Sadar Wisata Desa Bleberan bersama wisatawan diharapkan menjaga kebersihan dan melindungi kawasan ini agar tetap nyaman dan tidak rusak oleh tangan-tangan jahil. Sedikit saran lebih baik mengunjungi musim kemarau karena air sungai Oyo berwarna hijau kebiruan dan aliran airnya cukup tenang. Pada musim penghujan, aliran SUngai Oyo sering banjir dan warna airnya kecoklatan dan tidak menarik lagi. (text/foto: annosmile)

Rute Goa Rancang Kencono dan Curug Srigethuk

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kanan – arah kota kecamatan Playen – pertigaan Pasar Playen ambil ke kanan – hingga pertigaan kecil ambil ke kanan arah Desa Bleberan – lurus melewati jalanan pedesaan hingga masuk kawasan Wisata Alam Goa Rancang Kencono dan Curug Srigethuk.

INFORMASI
Air Terjun Sri Gethuk (Curug Slempret)
Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 7.000,-/orang
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Naik Rakit: Rp 10.000,-/pp

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bom² KDB:

    muantaaaap asik jayaaaaa

  2. Jauhari:

    Kwren aku yo pingin dolan mas dab :)

  3. PRofijo:

    Dolan mrono ra mampir..!

  4. Andhy:

    Sepertinya keren,
    daerah mana itu?

  5. mila:

    keren hihihiii…

  6. joe:

    pastinya keren banget …

  7. jurnal blogger:

    wah manteb bikin penasaran kesitu

Kirim pendapat

error: Content is protected !!