Keindahan Tersembunyi Air Terjun Senthong Seloprojo

Air Terjun Senthong Seloprojo merupakan air terjun lain yang berada di kawasan wisata Air Terjun Seloprojo. Banyak wisatawan yang mengira bahwa Air Terjun Sumuran Seloprojo merupakan satu-satunya air terjun di obyek wisata Air Terjun Seloprojo dan tidak mengetahui keberadaan Air Terjun Senthong Seloprojo. Minimnya informasi dan sulitnya akses menuju lokasi menjadi salah satu alasan mengapa Air Terjun Senthong Seloprojo tidak diketahui oleh pengunjung atau wistawan.

Air Terjun Senthong Seloprojo merupakan air terjun yang jarang dijamah karena lokasinya yang sulit dijangkau dan berada di kawasan wisata Air Terjun Seloprojo. Air Terjun Senthong Seloprojo secara administratif berada di wilayah Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Perjalanan Menuju Air Terjun Senthong Seloprojo

Lokasi Air Terjun Senthong Seloprojo berada di kawasan hutan lereng Gunung Telomoyo atau disebelah atas Air Terjun Sumuran Seloprojo. Posisinya sedikit tersembunyi di balik rerimbunan pohon kawasan Air Terjun Seloprojo. Untuk menuju ke Air Terjun Sumuran Seloprojo, kami sempat beberapakali bertanya rute jalan menuju air terjun tersebut kepada warga yang kami temui saat mencari rumput disekitar obyek wisata.

Perjalanan menuju Air Terjun Senthong Seloprojo dilanjutkan dengan melalui jalan setapak yang melewati area bumi perkemahan diantara pohon pinus yang cukup lebat. Perjalanan mulai menanjak menyusuri jalan setapak yang semakin lama semakin tertutup oleh ilalang karena jarang dilewati. Kami sempat kehilangan jalan, namun setelah mendengar suara jatuhan air kami langsung menuju asal suara tersebut. Perlahan-lahan kami berjalan mencari sumber suara tersebut sambil mencari jalan setapak yang hilang tertutup rerimbunan pohon.

Perjalanan Menuju Air Terjun Senthong Seloprojo

Kami harus melewati jalan setapak di tepi tebing yang tertutup ilalang lebat dan sedikit licin. Perlu kehati-hatian dalam melangkah agar tidak terpeleset dan jatuh dari atas tebing. Setelah menuruni tebing, kami harus menyeberang sungai kecil dan menyusuri sungai hingga tiba di lokasi Air Terjun Senthong. Beberapa saat setelah melewati pepohonan yang lebat dan sebuah pohon yang tumbang akhirnya kami bisa melihat pemandangan Air Terjun Senthong.

Pemandangan Air Terjun Senthong Seloprojo dikelilingi oleh pepohonan yang cukup tinggi dan berdaun lebat. Kami tidak leluasa untuk melihat pemadangan air terjun secara utuh karena tertutup oleh rerimbunan pohon yang tumbuh di dinding tebing air terjun. Namun kami bisa mengetahui ketinggian Air Terjun Senthong yang diperkirakan lebih tinggi daripada Air Terjun Sumuran Seloprojo. Mengenai debit air terjun hampir sama dengan Air Terjun Sumuran dan kami memperkirakan pada hilir sungai akan saling bertemu membentuk sebuah sungai yang lebih besar.

Annosmile Di Air Terjun Senthong Seloprojo

Beberapa batu cadas berserakan di bawah air terjun dan sebagian ditumbuhi oleh tanaman sejenis lumut. Tidak tampak adanya campur tangan manusia pada kawasan Air Terjun Senthong dan sepertinya dibiarkan apa adanya. Suasana area sekitar Air Terjun Senthong terasa sedikit mistis sehingga kami tidak berlama-lama di tempat ini dan segera mengakhiri penelusuran di kawasan air terjun ini. Hal inilah yang mungkin membuat para wisatawan segan untuk datang kemari dan lebih memilih berkunjung ke Air Terjun Sumuran Seloprojo saja.

Secara keseluruhan Air Terjun Senthong ini lebih terjaga keasrian dan lingkungannya daripada Air Terjun Sumuran yang telah dibangun menjadi kawasan wisata. Meskipun menjadi daya tarik wisata di kawasan Air Terjun Seloprojo, Air Terjun Senthong dibiarkan seperti aslinya tanpa adanya pembangunan disekitar kawasan air terjun. Lokasi yang tersembunyi ini cukup cocok bagi pecinta alam yang mampir berwisata di tempat ini. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  5 Potensi Wisata Air Terjun Di Imogiri Bantul

Kirim pendapat