Pembuktian Air Terjun Senthong Pundong

Rate this post

Mendengar kabar bahwa di daerah Pundong Bantul terdapat air terjun yang tersembunyi dan belum banyak diexplore membuat kami penasaran untuk pergi ke tempat tersebut. Informasi mengenai air terjun ini cukup minim dan kami hanya menemukan sedikit informasi berupa nama air terjun Senthong dan alamat air terjun tersebut berada.

Air Terjun Sentong Pundong di Dusun Bobok Tempel, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Merupakan salah satu air terjun musiman yang belum dikembangkan sebagai obyek wisata di Bantul.

Gapura Desa Menuju Air Terjun Senthong

Sedikit yang kami tahu, nama air terjun ini sama dengan air terjun yang pernah kami kunjungi di kawasan Air Terjun Seloprojo, yakni air terjun Senthong. Entah apakah ini cuma kebetulan atau memang disengaja karena menggunakan nama yang sama atau mirip. Ketika waktu senggang, kami mencoba menelusuri keberadaan air terjun Senthong Pundong yang membuat kami penasaran.

Perjalanan menuju Air Terjun Senthong melewati Jalan Parangtritis kemudian berbelok ke kiri ketika tiba di persimpangan jalan menuju pusat kecamatan Pundong. Dari pusat kecamatan Pundong, perjalanan masih kami teruskan menuju ke Jembatan Gantung Pundong untuk menyeberang sungai Opak dan memasuki jalan pedesaan menuju ke Air Terjun Senthong Pundong. Semakin jauh memasuki desa, jalan aspal berubah menjadi jalan semen dan akhirnya kami tiba di gapura dusun berwarna biru muda.

Baca Juga  Pantai Nampu Dan Bukit Indah, Pemekaran Kawasan Wisata Wediombo Gunungkidul

Air Terjun Senthong tertutup Rerimbunan Semak

Kami sempat bertanya beberapa kali di kawasan desa tersebut dan akhirnya tiba di ujung jalan. Kendaraan kami parkir di rumah warga demi keamanan dan kami meneruskan berjalan kaki menusuri jalan setapak ditengah-tengah perkebunan warga. Tidak berapa lama kami mendengar bunyi gemericik air dan kami memperkirakan bahwa tidak lama lagi akan tiba di lokasi Air Terjun Senthong. Benar saja, akhirnya kami tiba di aliran sungai dibawah Air Terjun Senthong.

Pemandangan Air terjun Senthong ini tidak begitu menarik karena luncuran atau debit airnya kurang deras. Meskipun musim hujan, jatuhan air dari atas air terjun hanya mampir mengalir melalui dinding air terjun yang miring. Seperti yang kami duga, ada kemiripan dengan Air Terjun Senthong di Seloprojo meskipun ketinggiannya lebih rendah. Bila diamati bentuk bagian bawah Air Terjun Senthong ada sedikit kemiripan dengan Air Terjun Bantimurung yang dapat digunakan untuk perosotan dengan menggunakan ban karena bentuknya yang landai dan tidak membahayakan.

TeamTouring in Air Terjun Senthong

Banyaknya kekurangan mengenai Air Terjun Senthong tidak membuat air terjun ini kehilangan potensi. Hal ini justru akan membuat masyarakat sekitar lebih keratif untuk mempromosikan dan mengenalkan Air Terjun Senthong kepada dunia pariwisata. Misalnya dengan membuat kawasan wisata Air terjun Senthong berbasis outbound atau jelajah alam. Suasana sekitar air terjun yang banyak terdapat rerimbunan pohon dan tampak alami menjadi modal utama untuk pengembangan wisata berbasis jelajah alam.

Baca Juga  Embung Sriten, Kolam Raksasa Di Puncak Tertinggi Gunungkidul

Gagasan tersebut sepertinya masih wacana karena masyarakat sekitar belum berencana mengembangkannya dan saat ini hanya digunakan sebagai penyedia air bersih untuk rumah tangga. Kami sempat mendokumentasikan air terjun ini namun tidak mendapatkan foto yang menarik, sepertinya harus diagendakan untuk kembali ke air terjun ini saat waktu yang tepat dimana pada titik debit airnya cukup melimpah. (text/foto: annosmile)

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ditter:

    Waah, baru kemarin minggu saya ke pundong, ke acara pernikahan teman. Tapi nggak sempat mampir ke air terjun ini. Soalnya memang belum tahu, hehe….

  2. Idah Ceris:

    Itu ketutup tiga orang. . . Zzzz
    Senthong is Kamar kan ya, Mas An?. Makannya debit gak oke. Lha tempat tidur e. :D

  3. PRofijo:

    Selain objek, pengelolaan juga menjadi faktor menarik tidaknya sebuah tempat wisata.

  4. Zippy:

    Itu air terjunnya emang kecil gitu aliran airnya atau karena pengaruh musik kemarau?
    Eh sekarang musim kemarau gak sih disana? Hhahaha :lol:

  5. Fajar:

    eh kapan ik di jak mlaku mlaku..

Kirim pendapat