Air Terjun Sendang Tahunan, Tersebunyi Di Dalam Hutan Wanagama Gunungkidul

Air Terjun Sendang Tahunan, Tersebunyi Di Dalam Hutan Wanagama Gunungkidul
2.8 (56%) 5 votes

Air Terjun Sendang Tahunan atau ada yang menyebutnya dengan Grojogan Tahunan merupakan daya tarik utama wisata air terjun di dalam kawasan Hutan Pendidikan Wanagama di Gunungkidul. Air terjun ini tergolong air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan. Pada musim kemarau aliran air pada air terjun tidak mengering namun debit airnya cukup kecil.

Air Terjun Sendang Tahunan terletak di Hutan Pendidikan Wanagama, desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Air Terjun Sendang Tahunan Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Sendang Tahunan berada di kawasan Hutan Pendidikan Wanagama Gunungkidul yang dikelola Universitas Gajah Mada. Rute menuju air terjun ini dari kota Yogyakarta ke arah timur menuju Wonosari Gunungkidul. Selama perjalanan akan melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Hutan Bunder. Setelah melewati Hutan Bunder akan menemui perempatan dengan lampu merah. Pilihlah jalan ke kanan menuju ke Hutan Pendidikan Wanagama. Akses jalan masih berupa jalan cor seme dan hanya dapat dilalui kendaraan beroda dua atau sepeda motor saja. Letak air terjun ini berada di tengah hutan dan untuk menuju ke air terjun ini harus menyusuri jalan setapak di tepian sungai.

Air Terjun Sendang Tahunan memiliki bentuk air terjun yang aliran airnya jatuh melebar dengan ketinggian sekitar 10 (sepuluh) meter. Sumber aliran airnya berasal dari sumber mata air yang letaknya di atas air terjun. Debit airnya terlihat menyusut ketika beberapa hari kawasan sekitar tidak dilanda air hujan. Sepertinya aliran air terjun ini sangat dipengaruhi dengan intensitas hujan yang melanda sekitar kawasan ini. Bila kondisi aliran cukup deras akan nampak keindahan air terjun ini. Selain air terjun, nama Sendang Tahunan juga digunakan pada sumber mata air yang berada di dekat dasar air terjun. Debit sumber mata air Sendang tahunan cukup deras dan tidak pernah mengering meskipun memasuki musim kemarau. Air terjun ini konon dianggap wingit atau angker bagia masyarakat sekitar. Keberadaannya belum dimanfaatkan warga sekitar karena letaknya jauh dari pemukiman warga. Akan tetapi sekitar air terjun ini sering digunakan sebagai obyek penelitia mahasiswa karena bagian dari kawasan Hutan Pendidikan Wanagama. Informas lai menyebutkan bahwa aliran air terjun dan sumber mata air ini  mengarah ke Sungai Oyo (Sungai Oya) yang berjarak sekitar 1 (satu) kilometer. Sebelum tiba di Sungai Oyo, aliran air yang disebut sebaga sungai Tahunan ini melewati Air Terjun Jabon atau Grojogan Jabon terlebih dahulu. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Sendang Tahunan
Hutan Pendidikan Wanagama, desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: Gratis
Parkir Motor: Gratis

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. angkisland:

    wah ternyata terbukti ada curug di wanagama… mantap mas keren nih penemuannya hehe ral dah akhirnya rasa penasaran terjelaskan hehe…

    • admin:

      Hi Angkisland
      Air terjunnya sudah lama dikenal kok, cuma aku baru sempet mendatanginya :-)

Kirim pendapat