Air Terjun Sendang Ayu Wanagama Gunungkidul

Air Terjun Sendang Ayu Wanagama Gunungkidul
2.5 (50%) 4 vote[s]

Air Terjun Sendang Ayu merupakan salah satu potensi air terjun tersembunyi di dalam kawasan hutan Wanagama Gunungkidul. Air terjun ini tergolong air terjun musiman yang hanya mengalir ketika musim penghujan. Keberadaannya jarang didengar karena letaknya berada di dalam kawasan hutan dan minim informasi petunjuk jalan.

Air Terjun Sendang Ayu terletak di Hutan Pendidikan Wanagama, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Air Terjun Sendang Ayu Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Sendang Ayu berada di dalam kawasan Hutan Pendidikan Wanagama Universitas Gadjah Mada (UGM). Rute menuju air terjun ini dari kota Yogyakarta ke arah timur menuju Wonosari Gunungkidul. Selama perjalanan akan melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Hutan Bunder. Setelah melewati Hutan Bunder akan menemui perempatan dengan lampu merah. Pilihlah jalan ke kanan menuju ke Hutan Pendidikan Wanagama. Dari gerbang masuk Hutan Pendidikan Wanagama ada beberapa percabangan jalan dan harus melewati jalan ber cor semen sebelum tiba di lokasi. Letak air terjun ini berada di tengah-tengah diantara Air Terjun Sendang Tahunan dengan Jembatan Tugel.

Air Terjun Sendang Ayu memiliki bentuk air terjun yang aliran airnya jatuh melebar dengan ketinggian kurang dari 10 (sepuluh) meter. Sumber aliran airnya berasal dari sumber mata air yang letaknya di atas air terjun. Aliran air terjun ini bermuara atau mengarah ke Sungai Oyo (Sungai Oya) yang hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Debit airnya terlihat menyusut ketika beberapa hari kawasan sekitar tidak dilanda air hujan. Sepertinya aliran air terjun ini cukup dipengaruhi dengan intensitas hujan yang melanda sekitar kawasan ini. Bila kondisi aliran cukup deras akan nampak keindahan air terjun ini. Secara keseluruhan Air Terjun Sendang Ayu hanya terlihat ayu (indah) dan menarik saat hari sebelumnya hujan deras karena menyebabkan debit airnya cukup besar. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Menelusuri Jejak Situs Pelemsari

Kirim pendapat