Air Terjun Pengantin Gunungkidul

Air Terjun Pengantin merupakan daya tarik wisata air terjun yang berada di tepi aliran Sungai Oyo yang masuk dalam wilayah kecamatan Karangmojo. Namanya memiliki kesamaan nama dengan judul film layar lebar Indonesia yang perah diputar beberapa tahun lalu walaupun keduanya tidak memiliki kaitan atau hubungan. Keberadaannya cukup dikenal karena dijadikan satu paket wisata selusur atau jelajah Sungai Oyo (Kali Oyo) dengan menggunakan ban karet (river tubing).

Air Terjun Pengantin terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Air Terjun Pengantin Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Pengantin berada di tepi aliran Sungai Oyo (Sungai Oya) di sekitar desa Bejiharjo Karangmojo. Rute menuju air terjun ini dari kota Yogyakarta menuju ke arah obyek wisata Goa Pindul yang berada di wilayah kecamatan Karangmojo. Ada dua cara untuk mendekati kawasan air terjun ini, pertama dengan mengikuti paket wisata river tubing Kali Oyo yang dikelola oleh operator Goa Pindul dan kedua dengan menjelajah kawasan desa Bejiharjo. Cara paling mudah adalah dengan mengikuti paket wisata tersebut. Namun bila sekedar penasaran dapat menjelajah kawasan desa dengan melewati pematang sawah dan bertanya-tanya jalur jalan setapak kepada penduduk sekitar.

Air Terjun Pengantin memiliki bentuk air terjun yang jatuhan airnya melebar dengan ketinggian sekitar 8 (delapan) meter. Sumber aliran airnya berasal dari mata air yang letaknya tidak jauh dari area parkir Goa Pindul. Kondisi airnya cukup bening, bersih dan belum terkena pencemaran. Debit airnya sangat melimpah saat musim penghujan dan surut drastis ketika musim kemarau. Namun air terjun ini tidak pernah mengering pada musim kemarau seperti sebagian besar air terjun di Gunungkidul karena sumber mata airnya tetap  mengalir. Air terjun ini kerap menjadi lokasi atraksi bagi peserta river tubing Kali Oyo dimana loncat dari atas tebing air terjun menuju ke aliran Sungai Oyo yang cukup dalam. Atraksi ini cukup aman namun tetap dalam pengawasan dari pemandu atau petugas yang menyediakan paket wisata. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Pengantin
Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Cara setting wifi di laptop:

    Air terjunnya kece banget,,

Kirim pendapat