Air Terjun Parangendog, Air Terjun Dadakan Di Pantai Parangtritis

Air Terjun Parangendog, Air Terjun Dadakan Di Pantai Parangtritis
3 (60%) 3 votes

Air Terjun Parangendog atau air terjun dadakan yang berada disebelah timur kawasan Pantai Parangrtitis tiba-tiba menjadi primadona pariwisata baru ketika memasuki musim penghujan. Pasalnya, aliran sungai yang sebelumnya mengering perlahan-lahan dialiri air yang semakin lama semakin deras seiring dengan naiknya intensitas hujan. Wisatawan yang kebetulan mengunjungi Pantai Parangtritis tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi daya tarik wisata dadakan tersebut.

Air Terjun Parangendog (Parang Endog) Parangtritis merupakan air terjun musiman yang berada di dalam kawasan wisata Pantai Parangtritis. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Air Terjun Parangendog Di Timur Pantai Parangtritis Bantul

Lokasi Air Terjun Parangendog berada di sebelah timur Pantai Parangtritis yang dekat dengan area hotel mewah Queen Of The South Beach Resort dan tebing perbukitan Parangendog. Rute menuju Pantai Parangtritis dari kota Yogyakarta cukup mudah dan banyak terdapat papan petunjuk arah hingga tiba di lokasi. Pengunjung dipersilakan memarkir kendaraan di area parkir paling timur untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh. Dari area parkir ini, pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri tepian Pantai Parangtritis ke arah timur dengan jarak sekitar 500 meter. Alternatif pilihan lain bisa menyewa jasa kereda kuda kecil yang disebut bendi untuk menuju ke lokasi air terjun.

Namun bila telah melihat derasnya jatuhan air terjun Parangendog Parangtritis, membuat kita tambah bersemangat untuk tiba di lokasi. Tidak terasa kita sudah tiba di lokasi Air Terjun Parangtritis. Ada alternatif lain untuk menuju ke Air Terjun Parangtritis bila tidak ingin kecapekan dengan menggunakan kendaraan wisata pantai seperti bendi (dokar) dan ATV yang disewakan dengan tarif tertentu. Mereka pun sudah mengetahui keberadaan air terjun di sisi timur Parangtritis tanpa harus kita sendiri yang menunjukkan arahnya.

Puncak Aliran Air Terjun Parangendog Parangtritis Bantul

Bila diperhatikan posisi Air Terjun Parangendog Parangtritis hanya di sebelah timur persis dari sebuah resort yang dibangun di sisi timur Pantai Parangtritis yang posisinya berada disebuah bukit yaitu Queen of the South Beach Resort. Namun entah mengapa resort tersebut tidak mempromosikannya sebagai paket wisata. Bahkan pemerintah kabupaten Bantul pun luput untuk mempromosikan air terjun ini dan lebih mengejar promosi pantai-pantai yang baru di buka menjadi kawasan wisata.

Pengunjung Bermain Air Di Air Terjun Parangendog Parangtritis Bantul

Saat tiba di kawasan Air Terjun Parangendog Parangtritis suasana cukup ramai. Sepertinya sudah banyak orang yang menginformasikan dan mempromosikan keberadaan air terjun di musim penghujan ini. Beberapa anak kecil dan muda mudi sedang bermain air di salah satu tingkatan kecil air terjun. Mereka sepertinya betah bermain air ditengah teriknya sinar matahari. Air terjun ini dikelilingi oleh batuan karang yang membentuk aliran air yang cukup unik meskipun membuatnya terhalang bila melihatnya dari kejauhan.

Debit airnya cukup deras pada musim hujan ini terlebih lagi saat malam harinya kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya dilanda hujan lebat. Airnya terlihat cukup jernih dan segar. Namun jangan berharap mengunjungi Air Terjun Parangtritis pada musim kemarau karena airnya tidak mengalir sama sekali. Menurut informasi di aliran sungai kecil diatasnya ditanggul untuk pengairan persawahan dan ladang. Kondisi ini mengingatkan akan pesona Air Terjun Pantai Jogan yang hanya dinikmati saat musim penghujan saja.

Aktivitas Pengunjung Di Sekitar Air Terjun Parangendog Parangtritis Bantul

Di sekitar kawasan Air Terjun Parangendog Parangtritis mulai dibangun gubuk-gubuk kecil untuk berjualan makanan dan minuman. Keberadaannya cukup membantu wisatawan yang kehausan dan berteduh dari sinar matahari. Namun perlu berhati-hati dalam membeli untuk menanyakan harga terlebih dahulu. Karena banyak kasus wisatawan kena harga makanan yang minuman terlampau mahal dan jauh dari harga normal. Semoga keberadaan gubuk-gubuk tersebut tidak mengurangi keindahan Air Terjun Parangendog Parangtritis dari kejauhan dan pengunjung dapat menjaga kebersihan lingkungan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat