Air Terjun Kluwihan, Potensi Wisata Sampang Gunungkidul

Air Terjun Kluwihan, Potensi Wisata Sampang Gunungkidul
2.7 (54.29%) 7 votes

Air Terjun Kluwihan merupakan daya tarik wisata air terjun yang masih satu desa dengan wisata Air Terjun Luweng Sampang di Gunungkidul. Air terjun ini tergolong air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan saja. Keberadaannya baru saja dibuka menjadi obyek wisata dan dikelola oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata.

Air Terjun Kluwihan atau dikenal masyarakat setempat sebagai Air Terjun Banyunibo terletak di dusun Mongkrong, desa Sampang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Jalan Setapak Menuju Air Terjun Kluwihan Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Kluwihan berada sebuah aliran sungai musiman yang melewati desa Sampang kecamatan Gedangasari. Ada dua rute jalan untuk menuju ke wisata air terjun ini, pertama melewati Jalan Wonosari – Patuk – Gedangsari dan yang kedua melewati Prambanan – Gantiwarno – Gedangsari. Akses termudah dan terdekat menuju air terjun ini justru melewati kabupaten Klaten karena akan memutar jalan bila melalui wilayah Gunungkidul. Perjalanan menelewati jalur Prambanan – Gantiwarno – Gedangsari membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Perjalanan menuju ke Air Terjun Kluwihan akan melewati kawasan Luweng Sampang terlebih dahulu karena posisi Luweng Sampang berada di bagian bawah. Beberapa ratus meter berselang akhirnya tiba di area parkir dan pintu masuk menuju Air Terjun Kluwihan. Kedua air terjun tersebut dapat dijadikan satu paket wisata ketika berkunjung ke desa Sampang kecamatan Gedangsari. Kondisi jalan yang dilewati masih sempit namun dapat dilalui kendaraan beroda empat atau mobil.

Pemandangan Air Terjun Kluwihan Gunungkidul Tingkatan Pertama

Perjalanan menuju Air Terjun Kluwihan dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak di samping rumah warga. Kondisi jalan setapak cukup landai dan diberi pagar pembatas sebagai pengaman pengunjung ketika berjalan. Waktu tempuh menuju air terjun ini cukup singkat dan tidak sampai 5 menit sudah tiba di lokasi.

Air Terjun Kluwihan Gunungkidul memiliki bentuk air terjun bertingkat dengan dengan jatuhan air yang melebar. Pada bagian dasar air terjun terdapat kolam yang dapat dipakai untuk berendam dengan kedalaman sekitar 0,5 hingga 1 meter. Dinding air terjun tersusun dari beberapa jenis batuan lava andesit, breksi andesit, dan tuf yang ada kemiripan dengan batuan yang ditemukan di Luweng Sampang. Debit air yang mengalir pada air terjun ini sangat dipengaruhi oleh intensitas hujan pada hari sebelumnya. Bila beberapa hari tidak hujan maka debit air perlahan-lahan langsung menyusut. Pada musim kemarau debit airnya mengering sehingga sering disebut sebagai air terjun musiman. Selain itu diatas Air Terjun Kluwihan masih ada 3 air terjun lagi yang menarik dikunjungi dengan akses jalan setapak naik sekitar 100 meter. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Alris:

    Keren, Gan

  2. Alris:

    Air terjunnya asik nih. Cakep.

    • admin:

      Hi Alris,
      Benar mas cuma artinya kurang banyak hehe

Kirim pendapat