Air Terjun Kembar Gitgit Atau Campuhan Buleleng Bali

Air Terjun Kembar Gitgit Atau Campuhan Buleleng Bali
3.6 (72%) 5 votes

Air Terjun Kembar Gitgit merupakan daya tarik wisata air terjun unggulan di daerah Buleleng Bali. Air terjun ini terbentuk dari dua aliran sungai yang jatuh dan bertemu dalam satu aliran sungai yang sama. Keberadaannya cukup dikenal oleh para wisatawan khususnya wisatawan mancanegara terbukti air terjun ini lebih banyak dikunjungi wisatawan mancanegara ketimbang wisatawan domestik.

Air Terjun Kembar Gitgit (Gitgit Twin Waterfall/GTW) atau bernama lain Air Terjun Campuhan beralamat di Jalan Raya Bedugul-Singaraja, dusun Gunung Luwih, desa Gitgit, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng, Bali.

Lokasi Air Terjun Kembar Gitgit berada di sebuah lembah perbukitan daerah Gitgit. Rute menuju air terjun ini dari pusat kota Denpasar ke arah utara menuju ke arah Singaraja melewati daerah Mengwi yang masuk dalam wilayah kabupaten Tabanan. Selama perjalanan akan melewati area pegunungan serta kawasan wisata yang cukup terkenal di pulau Bali yaitu Bedugul dan Pura Ulun Danu Beratan. Kondisi jalan kembali menanjak setelah melewati kawasan Danau Beratan dan Danau Buyan. Sesampai di puncak tanjakan ada sebuah pertigaan besar tanpa lampu lalulintas (Simpang Wanagiri-Singaraja) yang banyak terdapat pedagang kakilima pilihlah jalan lurus menuju ke arah Singaraja. Kondisi jalan menurun dan beberapa kilometer berselang tiba di area parkir air terjun. Area parkir yang disediakan cukup terbatas karena hanya menggunakan area tepi jalan yang berhimpit dengan jurang. Beberapa kendaraan beroda empat masih dapat terparkir di area parkir yang disediakan dan ada petugas parkir yang mengatur agar area sempit yang ada dapat efisien menampung kendaraan pengunjung.

Pengunjung yang akan menuju Air Terjun Kembar Gitgit Buleleng dipersilakan menyusuri anak tangga turun ke bawah tebing atau ke dasar jurang. Kondisi anak tangga yang ada sudah dibangun permanen dengan semen cor dan diberi pagar pengaman. Pada tengah-tengah perjalan terdapat pos retribusi penarikan masuk dan kios-kios penjual oleh-oleh serta cinderamata khas Bali.

Air Terjun Kembar Gitgit merupakan air terjun yang terbentuk dari dua pertemuan aliran sungai yang berebeda. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 15 meter dan bagian dasarnya memiliki kedalaman hingga 10 meter. Air terjun di sebelah kiri airnya bersuhu hangat sedangkan yang di sebelah kanan airnya bersuhu dingin. Pada musim kemarau, debit air di sisi kanan akan berkurang sehingga suhu air secara keseluruhan akan terasa lebih hangat.

Air Terjun Kembar Gitgit atau Campuhan merupakan salah satu air terjun yang dikeramatkan oleh umat Hindu. Nama “Campuhan” berarti percampuran atau titik bertemunya dua aliran air yang dipercaya sebagai salah satu sumber air suci. Alasan itulah air terjun ini menjadi tempat dilaksanakannya ritual penglukatan atau pembersihan diri. Selain itu ada beberapa ritual keagamaan lain yang dilakukan secara rutin seperti mecaru (persembahan sesajian pada sehari sebelum Nyepi) dan piodalan yang dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Daya tarik lain dari wisata Air Terjun Kembar Gitgit adalah air terjun lain dibawahnya yang masih dalam satu aliran yang sama seperti Air Terjun Mekalang. Air terjun ini memiliki ketinggian setinggi 45 meter dengan air yang jernih sesuai namanya yang berarti terang (kalang) atau bersih. Selanjutnya sekitar 10 menit perjalanan dari Air Terjun Mekalang, pengunjung dapat mengunjungi air terjun kedua yang tingginya lebih rendah. Secara keseluruhan Air Terjun Kembar Gitgit Buleleng layak untuk dikunjungi dan dapat menjadi salah satu pilihan jelajah alam di daerah utara Pulau Bali. (text/foto: annosmile)

RETRIBUSI
  • Tiket Masuk : Rp 10.000,-/orang
  • Parkir Motor :
  • Parkir Mobil :
INFORMASI
Air Terjun Kembar Gitgit (Gitgit Twin Waterfall/GTW)
Jl. Raya Bedugul-Singaraja, dusun Gunung Luwih, desa Gitgit, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng, Bali

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jual telur ayam:

    subhanallah …

Kirim pendapat