Air Terjun Kembang Soka, Salah Satu Air Terjun di Perbukitan Menoreh

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu dari wisata air terjun yang banyak dijumpai di desa Jatimulyo Kulon Progo. Pada mulanya air terjun ini hanyalah aliran sungai biasa yang mengalir deras saat musim penghujan. Namun lama kelamaan masyarakat sekitar mengetahui potensi alam ini dan mengembangkannya sebagai kawasan wisata berbasis pedesaan.

Air Terjun Kembang Soka atau ada yang menyebutnya dengan Air Terjun Mbang Soka terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Merupakan kawasan air terjun yang memiliki bermacam-macam air terjun mulai air terjun tunggal, kembar, tertingkat, dan berundak.

Pintu Masuk Air Terjun Kembang Soka

Rute perjalanan menuju ke Air Terjun Kembang Soka melewati Goa Kiskendo (Kiskenda) atau lebih tepatnya dari perempatan Nanggulan lurus menaiki perbukitan Menoreh. Bisa diingat beberapa tanjakan tajam dan panjang harus dihadapi saat menempuh perjalanan ini. Dari Goa Kiskendo, perjalanan belum berakhir dan dilanjutkan ke arah jalan menuju ke Waduk Sermo bukan ke arah Goa Seplawan Purworejo. Bila tersesat bisa tanya arah menuju Desa Jatimulyo atau SD Sokomoyo.

Memasuki wilayah Desa Jatimulyo merupakan pertanda bahwa tidak lama lagi tiba di kawasan air terjun. Namun kita harus berhati-hati karena banyak turunan tajam dan terdapat beberapa kerusakan jalan. Beberapa menit berselang akhirnya tiba di pintu masuk Air Terjun Kembang Soka. Saat ini telah dipasang papan petunjuk arah menuju ke Air Terjun Kembang Soka sehingga tidak menyulitkan wisatawan yang akan berkunjung ke tempat tersebut.

Jembatan Bambu Menuju Air Terjun Kembang Soka

Kendaraan roda dua pengunjung Air Terjun Kembang Soka dapat diparkir di area parkir halaman rumah penduduk di dalam perkampungan sedangkan kendaraan roda empat atau lebih terpaksa diparkir di tepi jalan utama penghubung Goa Kiskendo dengan Waduk Sermo. Dari area parkir ini, pengunjung masuk harus berjalan kaki beberapa ratus meter mengikuti jalan setapak menuruni bukit.

Jalan setapak menuju Air Terjun Kembang Soka masih berupa jalan tanah dan belum mengalami pembangunan. Kondisi jalan setapak terlihat becek ketika sehabis hujan dan cukup menyulitkan untuk dilewati. Tanah yang becek, licin, dan lengket pada alas kaki cukup menjadi kendala bagi sebagian wisatawan. Namun pengelola cukup cerdas dalam memberikan solusi yaitu menawarkan jasa penyewaan sepatu bot dalam berbagai ukuran untuk melewati jalan tanah yang becek tersebut. Harga sewa cukup murah dan terjangkau di kantong wisawatan.

Baca Juga  Pempek Ny. Kamto, Favorit Kuliner Pempek Di Yogyakarta

Pemandangan Air Terjun Kembang Soka Dari Atas Bukit

Perjalanan menyusuri jalan setapak menuju Air Terjun Kembang Soka cukup menarik dengan pemandangan alam khas perbukitan Menoreh. Beberapa pohon yang dirasa mengganggu jalan ditebang dan masih tampak potongan batang kayu yang belum terangkut. Hal ini memudahkan pengunjung untuk menuju ke lokasi air terjun namun di sisi lain mengurangi kealamiah lingkungan sekitar air terjun.

Ditengah-tengah perjalanan, pengunjung harus menyebrangi sungai yang alirannya cukup deras bila sehabis hujan. Namun saat ini telah dibangun jembatan bambu sederhana yang memudahkan untuk menyebrangi sungai. Beberapa turunan jalan telah dipasangi pagar bambu sebagai pegangan dan pengaman untuk para pengunjung. Sepertinya pengelola Air terjun Kembang Soka cukup serius mengembangkan kawasan wisata ini.

Aliran Air Terjun Kembang Soka

Bunyi jatuhan air semakin kencang terdengar dan hal tersebut merupakan tanda bahwa tidak lama lagi pengunjung akan tiba di kawasan Air Terjun Kembang Soka. Di sebuah titik turunan, dipersiapan sebuah area kecil untuk melihat pemandangan Air Terjun Kembang Soka dari atas bukit. Pemandangan Air Terjun Kembang Soka dari atas bukit cukup menarik dan menambah semangat untuk melakukan perjalanan menuruni bukit menuju kawasan air terjun.

Mendekati kawasan Air Terjun Kembang Soka mulai ditemui beberapa tenda penjaja makanan dan minuman. Keberadaan penjaja makanan dan minuman ini cukup membantu apabila pengunjung air terjun lupa membawa perbekalan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan murah dibandingkan dengan harga di kawasan wisata terkenal. Namun cukup disayangkan di warung-warung tersebut hanya menjual makanan dan minuman ringan saja. Makanan khas Kulon Progo seperti Geblek dan Tempe Benguk yang sekiranya menambah daya tarik tidak ditemukan atau dijual di warung tersebut.

Air Terjun Kembar di Kawasan Air Terjun Kembang Soka

Saat tiba di lokasi Air Terjun Kembang Soka, pengunjung baru menyadari bahwa kawasan air terjun merupakan tempat menyatunya aliran air dari beberapa sungai dari atas bukit. Dari aliran air sungai sebelah kiri terdapat air terjun tunggal yang cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 15 meter. Sedangkan aliran sungai yang lain membentuk air terjun berundak dan air terjun kembar. Sepertinya bermacam-macam bentuk air terjun dapat ditemukan di kawasan Air Terjun Kembang Soka ini.

Baca Juga  Mencicipi Sate Kambing Mbah So Kotagede

Aliran air sungai yang mengalir dari Air Terjun Kembang Soka cukup deras di musim hujan apalagi bila bila malam harinya hujan deras. Batu-batuan yang berada di aliran sungai tenggelam oleh derasnya air. Bila diperhatikan, batu-batu yang terdapat di kawasan Air Terjun Kembang Soka didominasi oleh batuan kapur yang berwarna putih kekuning-kuningan.

Pengunjung Air Terjun Kembang Soka

Saat ini pengunjung Air Terjun Kembang Soka masih didominasi oleh wisatawan lokal atau sekitar desa Jatimulyo saja. Sebagai kawasan wisata yang baru dibuka tentu saja harus banyak promosi dan berkaca dari suksesnya Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo menarik wisatawan dari Yogyakarta dan sekitarnya. Peran serta pemerintah daerah pun cukup penting untuk meningkatkan daya tarik wisata di daerahnya sendiri.

Liburan tahun baru sepertinya menjadi awal atau resmi dibukanya Air Terjun Kembang Soka sebagai kawasan wisata. Sejak saat itu air terjun mulai ramai dikunjungi wisatawan berkat dibangunnya akses jalan menuju lokasi. Jumlah pengunjung harian meningkat setiap hari walaupun belum sebanyak Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo. Sebagian dari mereka memilih tempat ini dengan alasan ingin bermain air dan berenang karena terdapat bendungan air terjun.

Annosmile di Air Terjun Kembang Soka

Sebagai kawasan wisata air terjun yang baru dibuka pada akhir tahun 2014, pengelola Air Terjun Kembang Soka harus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan dengan kawasan wisata air terjun yang banyak bermunculan disekitarnya seperti Air Terjun Grojogan Sewu. Apalagi Air Terjun Kembang Soka merupakan air terjun dengan akses jalan terjauh dibandingkan air terjun yang lain di sekitar Desa Jatimulyo. Meskipun demikian pemandangan Air Terjun Kembang Soka tidak kalah dibandingkan air terjun lain di Kulon Progo.

Fasilitas pendukung yang dibangun dikawasan Air Terjun Kembang Soka terkesan dadakan dan perlu kembali diperbaiki serta ditata ulang secara bertahap. Namun cukup diacungi jempol bahwa dalam waktu yang singkat telah dibangun akses jalan menuju ke lokasi bawah air terjun sehingga pengunjung tidak kesulitan saat berjalan menuju lokasi. fasilitas pendukung yang lain seperti kamar mandi dan kamar ganti perlu segera dibangun karena cukup banyak pengunjung yang bermain air di kolam buatan yang dibuat dengan membendung aliran sungai. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Kembang Soka Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket masuk : sukarela
Parkir motor : Rp 2.000,-
Parkir mobil : -
Sewa sepatu bot : Rp 3.000,-

PETA

Kirim pendapat