Air Terjun Kedung Pedut, Waterpark Alami Di Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo merupakan kawasan wisata air terjun yang berpotensi menjadi obyek wisata unggulan karena daya tarik alamnya dan penataan kawasan yang cukup menarik. Air terjun ini cukup tinggi dengan kolam pemandian bertingkat dibawah aliranya. Berbeda dengan air terjun lain yang letaknya berdekatan, Air Terjun Kedung Pedut tidak pernah mengering sepanjang tahun.

Air Terjun Kedung Pedut terletak di dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Gilimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Daya tarik wisata yang diunggulkan adalah air terjun dan wisata pemandian alami.

Pintu Masuk Dan Area Parkir Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo berada di sebelah bawah dari kawasan Taman Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang Soka. Akses jalan menuju Air Terjun Kedung Pedut paling jauh diantara wisata air terjun yang lain di kawasan Girimulyo apabila melewati jalur Nanggulan – Goa Kiskendo kulon Progo. Ada yang menyarankan untuk menuju ke air terjun ini melalui jalur Clereng. Kondisi jalan cukup lebar dan mampu dilalui kendaraan beroda empat. Namun karena medan jalan naik turun diharapkan menggunakan kendaraan yang kondisinya cukup prima.

Petunjuk Arah Menuju Kawasan Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir yang telah disediakan dan dijaga oleh petugas. Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak selebar satu meter di belakang area parkir. Mula-mula jalan setapak yang dilalui cukup landai menyusuri tepi tebing. Namun saat tiba disebuah gardu pandang perlahan-lahan jalan setapak mulai menurun karena posisi Air Terjun Kedung Pedut berada di sebelah bawah.

Baca Juga  Kuliner Wedangan di Lesbian Siyono Gunungkidul

Sebelum tiba di kawasan Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, pengunjung akan digiring melewati beberapa wisata pelengkap berupa beberapa air terjun kecil dan sumber mata air bernama Sendang Penglarisan. Beberapa air terjun kecil yang dilewati antara lain Kedung Lanang, Kedung Merang, dan Kedung Merak. Ketiga air terjun tersebut letaknya tepat berada disebelah atas Air Terjun Kedung Pedut. Meskipun berukuran kecil, air terjun tersebut cukup menarik untuk dikunjungi.

Kolam Dari Membendung Sungai Di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Aliran sungai yang berada di sekitar Air Terjun Kedung Pedut dibendung menjadi beberapa kolam-kolam kecil. Kolam pemandian tersebut dapat digunakan pengunjung untuk bermain air dan berenang. Kedalaman kolam bervariasi antara satu hingga dua meter dengan dasar kolam berupa batuan dan tanah pasir. Kolam tersebut cukup bersih karena sumber air berasal dari air terjun dan sumber mata air yang muncul dari balik tebing.

Keberadaan kolam pemandian alami yang membendung aliran sungai merupakan bagian dari pengembangan water park (taman air) di kawasan Air Terjun Kedung Pedut. Pengunjung akan dimanjakan dengan melimpahnya air di dalam kawasan Air Terjun Kedung Pedut yang selalu melimpah dan tidak terpengaruh musim. Seperti yang kita tahu bahwa kawasan wisata air terjun yang terletak di pegunungan Menoreh akan mengering ketika memasuki musim kemarau.

Gardu Pandang Bambu Di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Di sekitar kolam pemandian alami di kawasan Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo dibangun beberapa jembatan dan gardu pandang yang terbuat dari bambu. Daya tarik ini merupakan salah satu inovasi pengelola agar kawasan Air Terjun Kedung Pedut tampil beda dan lebih menarik dibandingkan dengan wisata air terjun lain yang banyak ditemukan di dekatnya.

Baca Juga  Air Terjun Pengantin Gunungkidul

Air Terjun Utama Kedung Pedut Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut yang merupakan air terjun tertinggi dan terbesar di kawasan wisata air terjun Kedung Pedut berada dibalik tebing di belakang area kolam pemandian. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan jatuhan air langsung meluncur ke dasar. Pada bagian dasar air terjun dibuat sebuah kolam hasil membendung aliran air dengan menggunakan tumpukan batu.

Annosmile Di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Bila dibandingkan dengan kawasan air terjun lain disekitar desa Jatimulyo atau kecamatan Girimulyo, Air Terjun Kedung Pedut memiliki beberapa keunggulan seperti penataan kawasan yang cukup matang dan pengembangan kawasan yang lebih terencana. Bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan yang mampu disejajarkan dengan obyek wisata lain seperti Pantai Glagah, Waduk Sermo, dan Puncak Bukit Suroloyo. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Kedung Pedut
Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 6.000,-/orang
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-

PETA

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. wiyanto sulyan:

    semoga terus berbenah demi kemajuan wisata di KP dan kesejahteraan warganya

  2. nbsusanto:

    rame dan sudah apik ya sekarang Kedung Pedut. di awal 2015 lalu aku kesana pas sedang dibuat berbagai fasilitasnya mas. awalnya juga cuma iseng karena itu di lokasi KKN seorang temen, eh ndilalah malah bisa tau tempat ini sebelum rame serta sedikit ikut mempromosikannya. :D

Kirim pendapat