Air Terjun Kedung Panas Imogiri Bantul

Air Terjun Kedung Panas Imogiri Bantul
2.3 (46.67%) 3 votes

Air Terjun Kedung Panas merupakan aliran sungai yang membentuk jatuhan air seperti air terjun di kawasan perbukitan Imogiri Bantul. Keberadaannya dikenal cukup angker dan belum dikembangkan menjadi kawasan wisata. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir saat musim penghujan dan terlihat deras setelah hujan pada hari sebelumnya.

Air Terjun Kedung Panas terletak di dusun Banyusumurup, desa Girirejo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Aliran Sungai Air Terjun Kedung Panas Imogiri Bantul

Lokasi Air Terjun Kedung Panas berdekatan dengan lokasi Makam Banyusumurup Imogiri. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan menuju Makam Raja-Raja Imogiri melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Barat. Pada sebuah pertigaan setelah Pasar Imogiri pilihlah jalan ke arah kiri kemudian ada pertigaan besar lagi ambil jalan ke arah kanan menuju ke Kebun Buah Mangunan. Sekitar 100 meter ada pertigaan kecil setelah sekolah dasar ambil jalan ke kanan. Ikuti petunjuk arah menuju ke Banyusumurup hingga tiba di area parkir Makam dan Masjid Banyusumurup. Kendaraan diparkir di area masjid tersebut kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan berbatu besar yang ada didekatnya.

Perjalanan awal menuju Air Terjun Kedung Panas Imogiri menyusuri jalan berbatu besar diantara area persawahan sejauh seratus meter hingga tiba di sebuah jembatan. Selanjutnya ikuti jalan setapak yang berada di samping jembatan yang menyusuri aliran sungai yang bernama Sungai Sili. Sungai Sili ini berhulu pada air terjun Kedung Panas kondisinya terlihat mengering atau hanya terlihat sedikit aliran air. Selama perjalanan menyusuri hulu sungai akan melewati beberapa bongkahan batu besar yang mirip seperti bongkahan batu di Air Terjun Seribu Batu (Cengkehan).

Menurut cerita orang setempat, Kedung Panas merupakan kawasan yang dianggap wingit. Ada penunggu halus yang suka memanggil nama orang yang mengunjungi kawasan tersebut sendirian atau baru pertama kali berkunjung. Beberapa tahun yang lalu, di Kedung Panas terjadi peristiwa meninggalnya seorang bocah ketika bermain air di kubangan air terjun ini. Ketika loncat kedalam kubangan air di Kedung Panas, bocah tersebut terjepit diantara bebatuan dan meninggal. Akhirnya penduduk sekitar selalu mengingatkan orang-orang yang mengunjungi Kedung Panas harus berhati-hati dan dilarang berenang.

Air Terjun Kedung Panas Imogiri Bantul Sedang Mengering

Tiba disebuah tebing yang disinyalir merupakan air terjun Kedung Panas, terlihat hanya sedikit air yang mengalir di dinding tebing sehingga tidak terlihat seperti air terjun. Namun ketika diamati, bentuk cekungan dan arah aliran air yang mengalir di dinding tebing merupakan air terjun. Tepat dibawah tebing air terjun terdapat kubangan air yang cukup besar dengan air berwarna putih. Warna putih air tersebut disebabkan campuran air dengan senyawa kapur yang tergerus dari atas atau hulu. Kami memperkirakan kubangan air tersebut cukup dalam karena kami tidak dapat melihat dasarnya.

Menurut pendapat masysrakat setempat, beberapa tahun belakangan ini debit air di kawasan Kedung Panas ini turun drastis dan terlihat mengering. Sehingga dibagian atas dibikin tanggul kecil agar airnya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengairan ke sawah-sawah penduduk. Melihat kondisi Kedung Panas yang aliran air terjunnya lebih sering terlihat kering daripada deras aliran airnya, cukup sulit untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. Apalagi mitos dan misteri yang berkembang di masyarakat juga memperkecil kemungkinan untuk dibuka menjadi wisata umum. Namun sisi baiknya, alami disekitar dan Kedung Panas sendiri menjadi terjaga keasrian dan alaminya. (text/foto: annosmile)

RUTE

Dari Yogyakarta – Jalan Imogiri Timur – Pasar Imogiri – Pertigaan Kantor Kecamatan Imogiri ke kiri – pertigaan ke kanan ambil arah Kebun Buah Mangunan – 50 meter dari pertigaan ada pertigaan jalan desa belok kanan – pertigaan ada gapura Banyusumurup – lurus hingga sampai ujung Makam Pangeran Pekik – ambil jalan setapak menuju jembatan – ambil jalan setapak tanah ke kanan lurus hingga Kedung Panas

INFORMASI
Air Terjun Kedung Panas
Dusun Banyusumurup, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. anazkia:

    Aku jadi inget sama air terjun di sebuah desa tetangga di kampung, lebih kurang kayak gini, No. Airnya juga mengalir dikit, tapi kalau ujan banyak keknya. Tumben nulisnya banyak, jadi enak, karena nggak cuma baca gambar hehehe

  2. manusiahero:

    tetep bening :)

  3. jarwadi:

    mana mana air terjun nya, hehehe, kok ngga ada fotonya :D

  4. Hanif Mahaldi:

    Jogja masih banyak kok tempat yg bagus, saya sih lebih suka ke atas (kaliurang) biasanya sungainya masih seger2, hehe.

Kirim pendapat