Air Terjun Kedung Miri Bantul, Jatuhan Air Di Tebing Perbukitan

Air Terjun Kedung Miri Bantul, Jatuhan Air Di Tebing Perbukitan
2.5 (50%) 2 votes

Air Terjun Kedung Miri merupakan jatuhan aliran air yag membentuk seperti air terjun di kawasan perbukitan Bantul sisi timur. Beberapa menyebutkan nama yang berbeda mengenai air terjun ini diantaranya Air Terjun Kaleng, Kedung Wadok, Kedung Dedok, dan Curug Dungwadok. Keindahan air terjun ini hanya tampak pertengahan musim penghujan saja karena mengering pada musim kemarau. Saat ini kawasan air terjun ini dikembangkan menjadi tempat wisata bersamaan dengan dibentukkan Desa Wisata Kedung Miri yang berada di dekat air terjun tersebut.

Air Terjun Kedung Miri (Kedungmiri) atau bernama lain air terjun kaleng berada di dukuh Wunut, desa Kedungmiri, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul.

Air Terjun Kedungmiri Bantul Dari Kejauhan

Lokasi Air Terjun Kedung Miri berada di dalam kawasan Desa Wisata Kedung Miri. Rute dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah Imogiri melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. pada persimpangan menuju Makam raja-Raja Imogiri, pilihlah jalan ke kanan menuju ke Siluk/Panggang. Ikuti jalan tersebut hingga menemui percabangan kecil pada kondisi jalan yang menikung dan pilihlah jalan ke arah kiri. Kalau masih bingung tanya rute menuju ke Jembatan Gantung Selopamioro kepada penduduk sekitar. Posisi air terjun ini berada di dekat pemukiman penduduk dan area persawahan sebelum jembatan gantung.

Salah Satu Tingkatan Air Terjun Kedungmiri Bantul

Kendaraan kami parkir di halaman rumah penduduk namun sebelumnya meminta izin kepada pemilik rumah. Perjalanan dilanjutnya melewati jalan setapak menanjak melewati area pemukiman penduduk dan persawahan. Beberapa menit berselang akhirnya tiba di salah satu tingkatan Air terjun Kedung Miri yang paling mudah diakses. Kondisi aliran air terjun saat itu tidak deras karena beberapa hari belum hujan. Menurut informasi dari masyarakat sekitar, sumber aliran Air Terjun Kedung Miri berdekatan dengan kawasan Kebun Buah Mangunan dan sering dibendung untuk kebutuhan air warga masyarakat di sekitar sumber air tersebut.

Secara keseluruhan Air Terjun Kedung Miri lebih menarik dinikmati dari kejauhan dan kurang menarik dinikmati dari dekat. Sulitnya akses jalan setapak menuju lokasi dan sempitnya area di sekitar air terjun menjadi kendala utama pengunjung mendekat ke lokasi air terjun. Selain itu bila dilihat dari dekat warna air terlihat kecoklatan karena membawa material tanah dari atas bukit. Bahkan warna air terjun terlihat coklat pekat ketika belum lama terjadi hujan deras. Bila Anda tetap penasaran silakan berjalan berjalan mendekati air terjun namun tetap disarankan untuk berhati-hati. (text/foto: annosmile)

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. ndop:

    mirip karo roro kuning Nganjuk mas.. tapi nek Air merambat roro kuning nganjuk banyune enek loro, kanan dan kiri..

  2. Nahdhi:

    Hayo, kalau di magelang, setau sampeyan air terjun yang ada mana aja….

  3. soewoeng:

    kok cuilik air terjune?

  4. rumputilalang:

    air terjun yang kelihatan dari jalan, gak di jelajah juga mas

Kirim pendapat