Air Terjun Kedung Cumplung Imogiri Yang Licin

Air Terjun Kedung Cumplung Imogiri Yang Licin
Rate this post

Air Terjun Kedung Cumplung merupakan salah satu daya tarik wisata di Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok Imogiri. Keberadaannya tidak dijadikan sebagai daya tarik utama karena hanya berupa air terjun yang berukuran kecil dan keindahannya kurang menonjol. Pengelola memasukkan Air Terjun Kedung Cumplung sebagai daya tarik wisata tambahan di Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok.

Air Terjun Kedung Cumplung berada di kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok yang beralamat di kampung Godean RT 06, dusun Siluk 1, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DIY.

Pemandangan Air Terjun Kedung Cumplung Siluk Imogiri

Lokasi Air Terjun Kedung Cumplung berada di sebelah atas Air Terjun Grojogan Kedung Tolok atau dibelakang Watu Tumpeng. Akses menuju ke air terjun ini dengan mendaki tangga dari tanah disamping Air Terjun Grojogan Kedung Tolok. Kondisi tangga cukup licin akibat rembesan air yang keluar dari tebing. Diharapkan pengunjung berhati-hati dalam melangkah dan tidak keluar dari jalur atau jalan yang dibuat oleh pengelola.

Aliran Air Di Bawah Kedung Cumplung Siluk Imogiri

Pemandangan Air Terjun Kedung Cumplung tidak seindah Air Terjun Grojogan Kedung Tolok. Air terjun ini memiliki ketinggian yang rendah atau sekitar 2-3 meter. Dibagian bawah air terjun terdapat cekungan atau kedung dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Disekeliling aliran air banyak terdapat tumbuhan rumput dan semak-semak. Kondisinya saat ini mulai dibersihkan agar lebih terlihat bersih namun mengurangi sifat alami.

Air Terjun Kedung Cumplung hanya menarik digunakan untuk aktivitas jelajah aliran sungai atau sering disebut dengan canyoning. Untuk aktivitas mandi dan berenang di air terjun ini kurang cocok karena areanya sempit dan berbahaya karena kemiringan aliran sungai cukup tajam. Pengunjung yang datang ke tempat ini disarankan untuk berhati-hati karena kondisi jalan dan tebing cukup licin karena basah terkena percikan air. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat