Air Terjun Jurug Gedhe Ngoro-Oro, Tertinggi Di Aliran Sungai Gembyong Gunungkidul

Air Terjun Jurug Gedhe Ngoro-Oro, Tertinggi Di Aliran Sungai Gembyong Gunungkidul
3.3 (65%) 4 votes

Air Terjun Jurug Gedhe merupakan daya tarik air terjun yang berada dalam aliran Sungai Gembyong di Perbukitan Patuk Gunungkidul. Air terjun ini tergolong air terjun tertinggi dan paling menarik diantara air terjun lain yang berada dalam aliran sungai tersebut. Masyarakat setempat mulai mengembangkan air terjun ini menjadi kawasan wisata meskipun saat ini promosinya belum optimal.

Air Terjun Jurug Gedhe atau ada yang menyebutnya dengan Curug Gedhe Lemah Abang, Curug Purba dan Grojogan Njurug terletak di dusun Gembyong, desa Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Air Terjun Njurug Gedhe Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Jurug Gedhe masih dalam satu kawasan dan satu aliran sungai dengan Air Terjun Gembyong Gunungkidul. Rute menuju air terjun ini dari Air Terjun Gembyong dengan menuruni jalan setapak yang berada pada salah satu sisi tebing. Tidak sampai 5 (lima) menit pengunjung telah tiba di dasar air terjun.

Air Terjun Jurug Gedhe dikelilingi oleh tebing batu yang cukup tinggi dan rerimbunan semak belukar di area tepi tebing. Jenis batuan yang ada memiliki kemiripan dengan batuan Air Terjun Gembyong karena masih satu lokasi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan jatuhan air langsung menuju ke dasar. Pada bagian dasar air terjun terdapat cekungan kolam dengan kedalaman mencapai 2 (dua) hingga (3) meter.

Aliran Sungai Gembyong Di Bawah Air Terjun Njurug Gedhe Gunungkidul

Air Terjun Jurug Gedhe merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan saja. Ketika musim kemarau aliran air mengering tanpa meninggalkan sisa. Selain itu debit air terjun ini mengikuti aliran Sungai Gembyong yang berada di bagian atas. Bila melihat Air Terjun Gembyong terlihat melimpah air maka hal tersebut berlaku pada air terjun tersebut yang berada di bagian bawah. Waktu yang tepat untuk menyambangi air terjun ini saat pertengahan musim penghujan dan pada hari sebelumnya kawasan tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi hingga sedang.

TeamTouring Di Air Terjun Njurug Gedhe Gunungkidul

Bebatuan yang ada disekitar Air Terjun Jurug Gedhe merupakan bebatuan kapur khas perbukitan Gunungkidul. Hal ini membuat sebagia orang menyebut air tersebut dengan nama Curug Purba. Kondisi bebatuan di sekitar air terjun masih terlihat bersih dan belum terlihat adanya vandalisme. Keberadaan sampah yang berada di kawasan air terjun ini konon terangkut dari hulu sungai ketika hujan deras melanda kawasan ini. Dasar aliran sungai yang dangkal terlihat dipenuhi oleh tumbuhan lumut dan rumput liar. Hal ini menambah keasrian kawasan air terjun ini dan diharapkan tidak dibersihkan saat pengembangan kawasan wisata.

Pengunjung Air Terjun Jurug Gedhe masih sedikit dan terlihat sepi meskipun pada liburan akhir pekan. Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat ini berasal dari daerah sekitar yang ingin bersantai, mandi, hingga memanfaatkannya sebagai lokasi memancing. Wisatawan dari luar daerah masih jarang ke tempat ini karena minim informasi dan promosi wisata. Beberapa kabar menyebutkan kadang air terjun ini digunakan sebagai tempat berlatih rapeling atau olahraga menuruni tebing oleh para pecinta alam. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Nahdhi:

    Wuaduh… Batas perlapisan limestones-nya kelihatan jelas… Apik apik apik.
    Eh mas itu yang di bagian bawah curug ada “blendukan” warna item itu batu apa ya? Apa itu mirip sama watu kali yang biasa ditemui sepanjang aliran sungai merapi (maksudku batuan beku)? Kalau memang begitu, itu watu itemnya itu namanya fragmen. Jadi yang item itu ada lebih dulu dibanding yang putih diatasnya.

  2. airyz:

    ora renang mas?

  3. ahmad training hipnoterapi jogja:

    air terjunnya kecil…tapi keren banget batu2 tebing2nya.
    bisa jadi rekomended buat saya liburan nanti……

    JOZ JOZ ADMIN

Kirim pendapat