Air Terjun Irenggolo Kediri, Salah Satu Wisata Alam Di Lereng Gunung Wilis

Air Terjun Irenggolo menjadi pilihan pertama kali saat menelusuri lereng Gunung Wilis tepatnya di daerah Wisata Alam Besuki. Keberadaan air terjun ini cukup dikenal di wilayah Kediri dengan pesona air terjun yang bertingkat-tingkat mirip anak tangga. Keunikan bentuk air terjun Irenggolo yang jarang ditemui di air terjun lain membuat kami bertambah penasaran untuk segera melihatnya.

Air Terjun Irenggolo secara administratif terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Merupakan salah satu air terjun di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 20-25meter dan kemiringan 40-45° yang telah dibuatkan akses jalan menuju ke lokasi.

Perjalanan Menuju Air Terjun Irenggolo Kediri

Lokasi Air Terjun Irenggolo dari kota Kediri cukup jauh dengan perjalanan lebih dari satu jam melewati perbukitan dan lereng Gunung Wilis. Namun lamanya perjalanan akan terasa hilang saat melihat pemandangan apik yang terlihat di samping dan kiri jalan. Hawa dingin pegunungan mulai terasa ketika akan memasuki area obyek wisata Air Terjun Irenggolo. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung puluhan kendaraan beroda empat dan kendaraan beroda dua.

Taman Bermain Dalam Kawasan Air Terjun Irenggolo Kediri

Kawasan wisata Air Terjun Irenggolo telah ditata dan dirawat dengan baik. Taman-taman dibangun di dekat area parkir sebagai tempat piknik ataupun bermain anak. Dibeberapa titik strategis dibangun kamar mandi umum yang disediakan untuk wisatawan. Namun sayang, keberadaan kolam renang yang dibangun di area taman tidak dimanfaatkan lagi karena tidak ada wisatawan yang menggunakannya karena suhu air yang terlampau dingin.

Air Terjun Irenggolo berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian lokasi sekitar 1.200 meter dari permukaan air laut. Posisi Air Terjun Irengdolo jauh lebih rendah daripada Air Terjun Dolo yang berada di lokas ketinggian 1.800 meter dan lebih dekat untuk ditempuh.

Pemandangan Kabut Di Sekitar Air Terjun Irenggolo Kediri

Pada sebuah persimpangan jalan terdapat arah menuju ke lokasi air terjun dan gardu pandang untuk melihat panorama alam. Kami pun menyempatkan diri untuk mampir di gardu pandang untuk melihat pemandangan perbukitan di lereng Gunung Wilis yang sebagian diselimuti kabut. Kamera pun kami keluarkan untuk mendokumentasi pemandangan berbukitan yang berkabut tipis nan indah ini.

Baca Juga  Grojogan Kali Bulan, Air Terjun Tertinggi Se Bantul

Air Terjun Irenggolo Kediri Dari Kejauhan

Setelah cukup puas menikmati pemandangan perbukitan dari gardu pandang, kami kembali meneruskan perjalanan menuju Air Terjun Irenggolo. Perjalanan menyusuri tangga menurun menuju bagian kawah bukit. Kami harus berhati-hati dalam melangkah karena tangga cukup licin setelah hujan reda. Bunyi kicauan burung liar mewarna perjalanan kami menuju lokasi air terjun tersebut. Terlihat beberapa jenis burung beterbangan dan berloncatan dari dahan yang satu ke dahan yang lainnya. Beberapa bentuk tanaman hutan yang unik dan jarang dilihat sempat kami temui dan tidak terasa akhirnya kami tiba di lokasi Air Terjun Irenggolo.

Pemandangan Air Terjun Irenggolo Kediri

Pemandangan Air Terjun Irenggolo terlihat unik dan menarik seperti yang kami perkirakan. Air Terjun Irenggolo ini merupakan air terjun alami yang tidak dibuat dengan campur tangan manusia. Batuan alam yang tersusun dari atas ke bawah disepanjang tebing terlihat mirip seperti anak tangga. Karena teraliri air membentuk air terjun yang memiliki guratan-guratan indah disetiap tingkatan anak tangganya.

Bentuk air terjun semacam inilah yang memiliki keindahan yang lebih dibandingkan air terjun yang langsung jatuh ke dasar dan terkesan datar. Meskipun sama-sama indah dengan air terjun yang lain, Air Terjun Irenggolo memiliki nilai lebih karena bentuknya seperti anak tangga jarang ditemui. Kami pernah menemui air terjun serupa di daerah Magetan namun lupa namanya.

TeamTouring in Irenggolo Waterfall

Menurut informasi yang beredar, Air Terjun Irenggolo dan kawasan wisatanya sering digunakan untuk foto prawedding ataupun kegiatan outbound karena suasananya masih asri dan belum ramai oleh wisawatan. Saat ini fasilitas pendukung di sekitar lokasi Air Terjun hanya berupa kamar mandi umum. Diharapkan ditambah lagi fasilitas pendukung lagi seperti gasebo ataupun tempat duduk untuk menikmati pesona air terjun.

Keberadaan Air Terjun Irenggolo wajib untuk dikunjungi ketika berada di kawasan Wisata Besuki sekaligus mengenalkan pesona wisata daerah ini ke luar daerah. Daya tarik lain yang terdapat disekitar Air Terjun Irenggolo adalah air terjun Dolo dan prosesi adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual setiap Bulan Suro dalam penanggalan Jawa yang dilaksanakan oleh masyarakat di Pegunungan Wilis sisi timur tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo dan berlokasi di air terjun Irenggolo. (text/foto: annosmile)

LEGENDA AIR TERJUN IRENGGOLO

Alkisah pada suatu masa, di sebelah barat wilayah Pegunungan Wilis, terdapat sebuah kerajaan yang sangat berambisi menaklukkan Kerajaan Kediri. Raja ini mengirimkan seorang Panglima Perangnya yang sakti mandraguna yang bernama Iro Manggolo.

Baca Juga  Air Terjun Kluwihan, Potensi Wisata Sampang Gunungkidul

Sebelum berangkat  ke medan  laga  panglima Iro Manggolo dipesan oleh sang raja agar tidak pulang apabila tidak menuai kemenangan. Kerajaan Kediri  juga memiliki Panglima Perang  yang pilih tanding. Sampai pada akhirnya kedua panglima ini bertemu satu lawan dalam adu kesaktian. Kedua panglima perang ini beradu dengan berbagai ilmu kesaktian dengan berbagai senjata pusaka, pada akhirnya kemenangan di pihak panglima Perang Kediri.

Panglima Iro Manggolo tidak dibunuh dan diberi kesempatan untuk kembali kekerajaanya. Namun Karena merasa tidak dapat menunaikan tugasnya, panglima Iro Manggolo mengasingkan diri (bertapa), di sisi timur lereng Pegunungan Wilis sampai akhir hayatnya. Sisa pasukannya yang setia menjaganya menjadi cikal bakal masyarakat setempat. Untuk menghormati dan mengenang panglima ini masyarakat setempat secara turun menurun menamakan lokasi ini “IRENGGOLO” sesuai nama Panglima Perang yang dikalahkan oleh panglima perang Kerajaan Kediri.

INFORMASI
Air Terjun Irenggolo
Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mila:

    keliatannya gede air terjunnya, ternyata pas ada foto bareng orang kliatan kecil yak. tapi bagus berundak-undak gitu

    • admin:

      Hi Mila,
      Benar kadang foto (sedikit) menipu :p

Kirim pendapat