Air Terjun Grenjengan Kembar, Potensi Wisata Di Lereng Merbabu

Air Terjun Grenjengan Kembar, Potensi Wisata Di Lereng Merbabu
3.6 (72%) 5 votes

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan salah satu wisata alam air terjun atau curug yang berada di lereng Gunung Merbabu. Daya tarik utama Air Terjun Grenjengan Kembar adalah air terjun ganda atau kembar di tengah kawasan hutan pinus milik Taman Nasional Gunung Merbabu. Keberadaannya belum lama dibuka sebagai kawasan wisata dan saat ini dikelola oleh masyarakat desa setempat. Pada akhir pekan atau hari libur, wisata air terjun ini mulai ramai dikunngi wisatawan.

Air Terjun Grenjengan Kembar terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Air Terjun Grenjengan Kembar ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan dan satu air terjun yang berjarak sekitar 30 m. Keberadaan air terjun ini di dalam kawasan hutan konservasi di wilayah Resort Wekas, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Krogowanan, Taman Nasional Gunung Merbabu.

Jalan Setapak Menuju Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang

Lokasi Air Terjun Grenjengan Kembar berada tidak jauh dari jalan utama penghubung Magelang-Salatiga. Tepatnya setelah memasuki ibukota kecamatan Pakis dari arah Magelang akan menemukan papan petunjuk arah menuju ke air terjun tersebut papan petunjuk arah menuju Makam Panembahan Ngabehi Noto. Ikuti jalan tersebut terus hingga ujung jalan dan menemukan persimpangan jalan cor semen ke arah kanan. Memasuki jalan cor semen berarti tidak lama lagi akan tiba di kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar. Akhirnya pengunjung tiba di area parkir Air Terjun Grenjengan Kembar yang disediakan di samping masjid desa. Ukuran area parkir cukup sempit dan hanya mampu menampung beberapa kendaraan roda empat serta puluhan kendaraan roda dua saja.

Hutan Pinus Di Kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang

Area parkir yang disediakan tidak seperti kawasan wisata kebanyakan, hanya berupa halaman rumah warga yang sengaja digunakan untuk area parkir. Tidak terlihat adanya warung yang menjual souvenir atau cinderamata seperti obyek wisata kebanyakan. Suasana sekitar area parkir pun sepi layaknya suasana perkampungan yang ada di dusin tersebut. Menurut pengamatan kami, sepertinya kawasan wisata Air Terjun Grenjengan Kembar ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar dan tanpa campur tangan pemerintah.

Sumber Air Terjun Grenjengan Kembar ini berasal dari anak sungai Cebong dari lereng Gunung Merbabu. Ketinggian air terjun pertama sekitar 12 m (sampai tingkat satu) dan 2m (menuju tingkat kedua). Sedangkan air terjun kedua berketinggian 18 m.

Pemandangan Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang

Kami dipersilakan langsung berjalan menuju ke kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar tanpa membayar tiket masuk karena tidak ada biaya retribusi masuk ke air terjun. Tiket masuk gratis ini merupakan pemandangan yang langka dimana biasanya setiap obyek wisata baru manapun pasti sudah ditarik retribusi masuknya. Jalan setapak menuju Air Terjun Grenjengan Kembar sudah dibuat dan ditata rapi sehingga kita tidak perlu ragu untuk menyusurinya.

Puncak Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang

Ditengah perjalanan, kita melewati celah tebing yang sepertinya sengaja dibelah untuk mempermudah akses menuju ke Air Terjun Grenjengan Kembar. Selanjutnya dalam perjalanan akan menemui sebuah jembatan bambu yang menghubungkan dua buah tebing. Jembatan bambu ini juga sebagai pintu masuk kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Di ujung jembatan terdapat sebuah pertigaan jalan, kami disuruh memilih menuju bagian bawah air terjun atau bagian atas  air terjun.

Kolam Di Bawah Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang

Akhirnya kami memilih jalan menuju bagian bawah air terjun dengan menelurusi jalan tanah kembali yang beberapa puluh meter disediakan gubug-gubug kecil yang disediakan untuk beristirahat dan berlindung bila terjadi hujan. Jalan tanah ini membelah pohon pinus yang cukup rimbun dan tinggi hingga lokasi air terjun.

Air Terjun Tunggal Di Kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar

Dari kejauhan mulai terdengar bunyi derasnya air dan pemandangan Air Terjun Grenjengan Kembar. Pemandangan dua buah air terjun ini sungguh menakjubkan dengan keunikan bentuk yang berbeda antara satu dengan yang lain. Pada air terjun bertingkat aliran airnya lebih deras daripada air terjun satunya yang tidak bertingkat. Merupakan spot favorit untuk bermain air dan menikmati keindahan air terjun dan alam sekitarnya. Hawa sejuk pegunungan membuat suasana lebih nyaman dan membuat kami betah berlama-lama berada di kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar.

Kawasan wisata air terjun Grenjengan Kembar ini belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga suasana cukup sepi dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung di obyek wisata ini. Namun dibalik potensi wisata yang ada semoga kawasan wisata ini tetap terjaga kebersihannya. Kami melihat belum ditemukan tempat pembuangan sampah sehingga dibeberapa sudut masih ada sampah yang tergeletak yang menganggu pemandangan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Grenjengan Kembar
Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : gratis
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    wah kedisikan og piye? mung ya rapopo deh, artikelku ngko wae nek banyune wis gedi, nek wis musim hujan, hehehe

  2. applausr:

    sudah lama tidak ke sini nih… bagus tempatnya…. sudah balik dari bali ya?

  3. Paijo:

    Grejengan kembar po curuk kembar (Kintelan) kuwi mas judule?

  4. ridersdrivers:

    Indah dan segar pastinya jika berada di lokasi. Andai ada rejeki lebih pasti ane sambangin lokasi ini. Hmmmmmm nikmati gemercik air 

  5. Andana Paringga:

    informatif sekali…foto-fotonya juga keren…jadi semakin pengen kesini… :D

Kirim pendapat