Air Terjun Goa Kebon Kulon Progo, Daya Tarik Wisata Di Daerah Panjatan

Air Terjun Goa Kebon merupakan salah satu daya tarik wisata air terjun di wilayah kabupaten Kulon Progo yang tidak berada di perbukitan Menoreh. Air terjun ini cukup unik karena di bagian tengahnya terdapat lubang sebagai pintu masuk ke dalam goa. Selain itu kondisi lingkungan sekitar air terjun cukup alami dipenuhi berbagai macam tanaman yang cukup rimbun.

Wisata Goa Kebon atau lebih dikenal dengan Air Terjun Goa Kebon terletak di desa Krembangan, kecamatan Panjatan, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Air Terjun Goa Kebon Dari Atas Bukit

Lokasi Air Terjun Goa Kebon Kulon Progo berada disebelah timur tenggara dari kota Wates. Pengunjung dari kota Yogyakarta dapat melewati jalan ke selatan dari Tugu Pensil (simpang tiga Kenteng Sentolo) kemudian belok ke arah barat (kanan). Sedangkan pengujung dari kota Wates dan sekitarnya dapat melalui jalan ke arah selatan dari Patung Kuda kemudian berbelok ke arah timur/kiri. Letaknya cukup tersembunyi dan tidak ada papan petunjuk informasi sehingga pengunjung harus banyak bertanya mengenai nama daerah tempat lokasi Air Terjun Goa Kebon berada (desa Krembangan).

Kondisi jalan menuju Air Terjun Goa Kebon Kulon Progo dapat dilewati kendaraan hingga roda empat meskipun sebagian jalan mengalami kerusakan dan belum ada perbaikan. Beberapa persimpangan jalan cukup menyesatkan dan membuat sebagian pengunjung Air Terjun Goa Kebon kebingungan. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena mudah berputar arah dalam kondisi jalanan yang sempit.

Sungai Diatas Air Terjun Goa Kebon

Ada rute dua jalan menuju ke Air Terjun Goa Kebon ini saat tiba di desa Krembangan. Rute pertama menuruni bukit separuh perjalanan dengan kendaraan roda dua kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Hal yang menarik dari jalan ini adalah melihat aliran sungai diatas Air Terjun Goa Kebon dan pemandangan Air Terjun Goa Kebon dari atas bukit. Kekurangannya adalah kendaraan roda dua ditinggal di tepi jalan kecil pinggir perkampungan penduduk.

Baca Juga  Air Terjun Jabon, Potensi Wisata Air Terjun Musiman Banyu Ngleri Gunungkidul

Pilihan rute jalan kedua menuju Air Terjun Goa Kebon adalah menuruni bukit melalui perkampungan penduduk dan dilanjutkan menyusuri jalan setapak di belakang mushola hingga tiba di kawasan Air Terjun Goa Kebon. Kelebihan rute jalan ini perjalanan menyusuri jalan setapak lebih singkat dan kendaraan terparkir di area pemukiman penduduk.

Air Terjun Goa Kebon Dari Dekat

Kondisi aliran Air Terjun Goa Kebon terlihat bening dan terlihat belum tercemar. Meskipun aliran air tersebut mengandung kadar kapur yang cukup tinggi dan sebagian mengendap pada dinding air terjun. Beberapa informasi menyebutkan bahwa di sepanjang aliran sungai yang melintas di Air Terjun Goa Kebon masih digunakan untuk warga sekitar untuk kegiatan mencuci dan MCK. Perlu dilakukan pembinaan agar warga agar kegiatan tersebut dihentikan karena akan mengganggu pariwisata dan tidak baik bagi kesehatan pengunjung obyek wisata.

Pemandangan Air Terjun Goa Kebon memang menarik karena jatuhan air menyebar menuruni dinding goa secara perlahan dan tidak langsung jatuh ke dasar. Dinding air terjun terlihat seperti berlapis-lapis menambah keindahan air terjun. Pengunjung dapat turun hingga bagian bawah air terjun dan disepanjang aliran sungai sekitar air terjun. Papan bambu yang ditempelkan pada dinding goa berfungsi mengalirkan air ke arah kolam-kolam yang berada di samping mushola.

Aliran Air Terjun Goa Kebon

Sesuai namanya, dibawah Air Terjun Goa Kebon Kulon Progo terdapat lubang goa yang kondisinya sebagian telah tertutup oleh tirai batu. Tirai batu pada Air Terjun Goa Kebon terbentuk dari proses pengendapan air kapur yang berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu yang lama. Ruangan tepat di dalam atau dibelakang air terjun cukup luas dan memiliki ketinggian sekitar 3-5 meter. Beberapa stalaktit tumbuh memanjang dari langit-langit ke dasar goa. Satu diantara stalaktit yang ada telah menyatu dengan stalakmit dan membentuk seperti tiang penyangga. Dibagian ujung terdapat rongga seukuran tubuh manusia untuk menuju ke bagian dalam goa. Tidak diketahui berapa kedalaman goa dan kondisi ujung goa yang dapat dilalui manusia. Sedikit informasi goa ini pernah digunakan untuk mencari sarang kelelawar oleh warga sekitar.

Baca Juga  Pesona Air Terjun Pantai Jogan di Tepi Laut

Fasilitas pendukung Wisata Goa Kebon tampaknya belum tersedia meskipun kawasan ini telah dibuka sebagai obyek wisata beberapa tahun yang lalu. Tidak ditemukan adanya kamar mandi umum ataupun gasebo untuk sekedar duduk dan beristirahat bagi pengunjung. Bila ingin membutuhkan fasilitas kamar mandi, pengunjung dapat menggunakan kamar mandi milik warga sekitar.

Annosmile Di Air Terjun Goa Kebon

Wisata atau Air Terjun Goa Kebon sebenarnya masih berpotensi untuk kembali diangkat dan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Mengingat beberapa informasi menyebutkan pada tahun 80-90 Air Terjun Goa Kebon telah ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi kawasan wisata pedesaan. Tidak diketahui alasan mengapa sekarang kondisi Air Terjun Goa Kebon menjadi terabaikan, terbengkalai, dan kurang terawat.

Masyarakat atau warga sekitar sepertinya belum tergerak untuk kembali mengangkat daya tarik wisata Air Terjun Goa Kebon ini. Padahal keberadaan wisata air terjun ini mampu memperbaiki perekonomian masyarakat apabila dikelola secara serius. Pemerintah desa setempat harusnya turun tangan membantu menyelesaikan permasalahan ini karena kawasan ini merupakan salah satu potensi wisata di daerahnya. Entah sampai kapan hal ini akan berlanjut ditengah maraknya wisata pedesaan baru di sekitar kabupaten Kulon Progo dan semakin menenggelamkan nama Air Terjun Goa Kebon ini. (text/foto: annosmile)

BERITA

12 Juli 2015 – My Trip My Adventure (MTMA) TransTV di Air Terjun Goa Kebon Kulon Progo

7-8 Oktober 2015 – Peresmian Wisata Air Terjun Goa Kebon Krembangan

INFORMASI
Air Terjun Goa Kebon
Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Andana Paringga:

    padahal dulu waktu SMP kalau pelajaran olahraga pasti lari lewat sini…ga nyangka bisa seramai sekarang ini… :)

    • admin:

      Hi Andana Paringga,
      Deket rumah ya mas, iya jadi rame sekarang ;-)

  2. Gallant:

    Mas Anno, kalo di Kulonprogo air terjun yang bisa buat basah-basahan gitu di mana ya? Nggak cuma buat foto foto aja gituu.
    Di sini bisa kah?

    • admin:

      Hi Gallant,
      Disini airnya kurang baik buat main basah-basahan..saranku mending di daerah pegunungan Menoreh seperti Air Terjun Kembang Soka atau Taman Sungai Mudal

Kirim pendapat