7 Wisata Air Terjun Di Girimulyo Kulon Progo

7 Wisata Air Terjun Di Girimulyo Kulon Progo
4.2 (83.33%) 6 votes

Daerah Girimulyo Kulon Progo yang terletak di perbukitan Menoreh memiliki daya tarik wisata air terjun yang menarik untuk dijelajahi. Antara air terjun yang satu dengan yang lain memiliki cirikhas dan karakteristik yang berbeda. Hanya saja sebagian air terjun tersebut merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir ketika musim penghujan saja.

Rute menuju kawasan wisata Air Terjun di Girimulyo Kulon Progo dari Tugu Jogja ke arah barat melewati Jalan Godean selengkapnya Perempatan Tugu Jogja (ke barat) – Perempatan Pingit (lurus) – Perempatan Jalan Ringroad Demak Ijo (lurus) – Perempatan Pasar Godean (lurus) – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng Nanggulan (lurus) – Pertigaan Watu Murah (lurus) – Pertigaan Gendu (belok kanan) – Pasar Jonggrangan (tiba di daerah Girimulyo). Berikut adalah ke 7 (tujuh) wisata air terjun di daerah Girimulyo Kulon Progo yang berhasil kami rangkum :

1. Curug Setawing

Annosmile di Curug Setawing

Curug Setawing merupakan wisata air terjun yang paling dekat di akses dari pusat kota Yogyakarta. Air terjun atau curug ini secara administratif berada di dusun Jonggrangan, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan saja. Karakteristik air terjun ini langsung meluncur ke dasar air terjun tanpa membentur batuan yang ada pada dindingnya.

Baca artikel selengkapnya di Curug Setawing Jonggrangan, Salah Satu Air Terjun Musiman Kulon Progo

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Utama Grojogan Sewu Kulon Progo

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan wisata air terjun paling favorit di wilayah Girimulyo Kulon Progo. Air terjun ini secara administratif terletak di padukuhan Beteng, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini memiliki kemiripan nama dengan Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Namun meski namanya mirip, bentuk antara kedua air terjun benar-benar berbeda. Karakteristik air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini tidak terlalu tinggi namun lebih melebar dan batuan disekelilingnya merupakan batuan karst atau batuan kapur.

Baca artikel selengkapnya di Beginilah Air Terjun Grojogan Sewu Versi Kulon Progo

3. Curug Sigembor

Salah Satu Pemandangan Curug Sigembor

Curug Sigembor merupakan daya tarik air terjun yang berada di tepi jalan penghubung antara Girimulyo dengan Waduk Sermo atau kecamatan Kokap. Air terjun ini secara administratif berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Pengunjung yang berhenti di tepi jalan dapat melihat sebagian pemandangan air terjun ini yang sebagian tertutup rerimbunan pohon di tepi jalan.

Baca artikel selengkapnya di Curug Sigembor Kulon Progo, Pesona Air Terjun Tepi Jalan
4. Grojogan Mudal

Salah Satu Pemandangan Grojogan Mudal

Grojogan Mudal atau sekarang lebih dikenal dengan nama Taman Sungai Mudal merupakan wisata air terjun dan aliran sungai di perbukitan Menoreh. Air terjun ini secara administratif terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Baca artikel selengkapnya di Grojogan Mudal Kulon Progo, Air Terjun Dibawah Gunung Kelir

5. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembar di Kawasan Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka merupakan daya tarik air terjun yang mulai terkenal setelah Grojogan Sewu Kulon Progo. Air terjun ini secara administratif terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini cocok menjadi wisata jelajah alam karena untuk menuju air terjun cukup jauh dengan berjalan kaki menuruni bukit. Meski melelahkan, pemandangan alam air terjun ayng disajikan lumayan menarik dan dapat menjadi pelepas lelah.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Kembang Soka, Salah Satu Air Terjun di Perbukitan Menoreh

6. Curug Kalimiri

Curug Kalimiri Girimulyo Kulon Progo

Curug Kalimiri merupakan daya tarik air terjun yang masih dalam satu kawasan dengan Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka. Air terjun ini secara administratif terletak di dusun Gunung Kelir, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini sering dikira sebagai air terjun Kembang Soka karena ketiadaan papan nama air terjun dan posisi kedua air terjun cukup berdekatan.

Baca artikel selengkapnya di Curug Kalimiri Kulon Progo, Tersembunyi Di Dalam Air Terjun Kembang Soka

7. Air Terjun Kedung Pedut

Annosmile Di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut merupakan daya tarik wisata air terjun yang menarik untuk disinggahi karena terdiri dari satu air terjun besar dan beberapa air terjun kecil. Selain itu pada aliran sungai yang berada di bawah air terjun dibendung dan dibuat kolam pemandian alami. Secara administratif air terjun ini terletak di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo. Pengelola masih berencana menambah fasilitas pada wisata air terjun ini untuk bersaing dengan wisata air terjun yang lain dan lebih menarik minat kunjungan wisatawan.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Kedung Pedut, Waterpark Alami Di Kulon Progo

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. kombor:

    beberapa kali ke tempat gunungkelir.com kok sampai nggak tahu ada air terjun di girimulyo. payah tenan aku.

    • admin:

      Hi Kombor, mungkin terlalu serius dalam mengendarai kendaraan mas hehe :-)

  2. Halim:

    Wahh baru tahu ternyata banyak air terjun di Kulon Progo. Yen pas mlipir Yogya mbok dianter mrono, mas Anno :-D

  3. Nasirullah Sitam:

    Rak ngajak-ngajak kakkakkakak. Beberapa sudah ke sana, dan sebagian belum. Duh besok-besok mau mlipir ke sana naik ontel :-D

Kirim pendapat