Please disable any ad-blocker you are using in your browser.

Air Terjun Gembyong Gunungkidul

Air Terjun Gembyong Gunungkidul 2.50/5 (50.00%) 2 votes

Air Terjun Gembyong merupakan daya tarik wisata air terjun yang berada dalam aliran Sungai Gembyong Perbukitan Patuk Gunungkidul. Air terjun ini tergolong sebagai air terjun musiman yang hanya mengalir pada pertengahan musim penghujan saja. Saat ini keberadaan wisata air terjun ini dikembangkan menjadi obyek wisata bersama dengan Air Terjun Njurug Gedhe yang ada didekatnya.

Air Terjun Gembyong atau Kedung Gembyong terletak di aliran Sungai Gembyong, dusun Gembyong, desa Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Sungai Gembyong merupakan tempat pertemuan arus Sungai Lemah Abang, Prambanan, dengan Sungai Semilir, Gunungkidul.

Pemandangan Air Terjun Gembyong Gunungkidul

Lokasi Air Terjun Gembyong berada di dekat Jembatan Gantung Gembyong yang menghubungkan antara desa Lemah Abang dengan desa Ngoro-oro. Rute dari kota Yogyakarta ke arah Bukit Patuk melewati Jalan Wonosari. Saat tiba di perempatan Puncak Bukit Patuk pilihlah jalan ke arah kiri menuju ke kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebelum memasuki pintu masuk Gunung Api Purba Nglanggeran ada sebuah perempatan kecil yang terdapat petunjuk arah menuju Air Terjun Gembyong, Jurug Gedhe, dan Jembatan Gantung Gembyong ke arah kiri. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di lokasi.

Air Terjun Gembyong merupakan air terjun yang memiliki bentuk seperti tangga dengan ketinggian sekitar 5 hingga 10 meter. Air terjun ini cukup jernih dan aliran airnya dipengaruhi oleh musim hujan. Batuan yang mengelilinginya merupakan batuan khas pegunungan kapur di pegunungan seribu. Tumbuhan semacam lumut hidup subur di batuan tepi sungai dan dasar sungai sehingga terlihat warna hijau segar. Di sebelah ujung aliran air dari air terjun Gembyong merupakan tebing dari puncak air terjun lain di kawasan Lemah Abang yaitu Curug Gedhe. Bagi yang memiliki fisik yang kuat, curug yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Gebyong
Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: -
Parkir Motor: -

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Nahdhi:

    Di daerah pegunungan seribu, kemunculan air yang nggrujug memang dianggap istimewa mas. Karena jarang-jarang lho ada air di permukaan pada litologi limestones apalagi kalau porositasnya tinggi.

Kirim pendapat

error: Content is protected !!