Air Terjun Dolo Kediri Dan Tantangan Ratusan Anak Tangga

Air Terjun Dolo Kediri Dan Tantangan Ratusan Anak Tangga
3 (60%) 1 vote

Air Terjun Dolo merupakan tujuan wisata air terjun utama dan paling diminati wisatawan untuk dikunjungi di kawasan Wisata Alam Besuki. Keberadaannya lebih dahulu terkenal ketimbang Air Terjun Irenggolo karena sudah cukup lama dibuka menjadi kawasan wisata. Selain itu menurut informasi yang didapat, Air Terjun Dolo merupakan air terjun paling tinggi diantara beberapa air terjun yang ditemukan di kawasan Wisata Alam Besuki.

Air Terjun Dolo (Dholo) secara administratif berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri atau  berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850m) dengan ketinggian 1800 mdpl. Memiliki ketinggian sekitar 90 meter dengan intensitas air sedang.

Ratusan Anak Tangga Menuju Air Terjun Dolo Kediri

Lokasi Air Terjun Dolo berada di lereng Gunung Wilis dan berada disebelah atas dari Air Terjun Irenggolo di daerah Besuki. Ada 2 (dua) jalur atau rute menuju ke wisata air terjun ini pertama mlalui Pasar Muning dan kedua melalui Puhsarang. Jalur pertama menuju Air Terjun Dolo melalui Pasar Muning lurus keselatan saja sampai pertigaan kecamatan Mojo. Ikuti petunjuk arah menuju ke Besuki selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju ke Air Terjun Dolo hingga tiba di lokasi. Kondisi jalan yang dilalui sudah cukup lebar dan sudah diperbaiki.

Jalur kedua melalui Puhsarang dimana dari Terminal Taman Kota Kediri langsung lurus ke barat sampai tiba di pertigaan Kedak. Pada pertigaan tersebut ambil jalan ke arah kiri kemudian ketika menemui pertigaan lagi ambil jalan ke arah kanan. Jalur yang dilalui hampir sama dengan jalur menuju ke gereja Pohsarang. Namun sebelum pintu masuk ke gereja ada pertigaan Pohsarang (pertigaan badak) pilih jalan ke arah kiri kemudian kondisi jalan naik ada pertigaan lagi pilih ke arah kanan. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di Besuko namun pengguna jalan harus berhati-hari karena sebagian jalan mengalami kerusakan akibat longsoran batu dair tebing. Wisatawan yang akan menuju ke wisata air terjun tersebut disarankan melalui jalur pertama yang lebih aman dan kondisi jalannya sudah cukup baik.

Rerimbunan Hutan Di Kawasan Air Terjun Dolo Kediri

Perjalanan menuju Air Terjun Dolo harus melewati kawasan perbukitan yang cukup tinggi dan menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan kendaraan pribadi baik roda dua, roda empat, atau lebih. Meskipun cukup lama, kita tidak akan bosan dengan perjalanan menuju ke Air Terjun Dolo karena dalam perjalanan akan dihiasi oleh pemandangan alam dari ketingggian dan serasa berada di atas awan.

Melewati sebuah tanjakan dan turunan akhirnya kami tiba di area parkir Air Terjun Dolo. Di tepi area parkir banyak dibangun warung semi permanen yang terbuat dari anyaman bambu beratapkan kain terpal. Di salah satu sudut area parkir baru saja dibangun masjid yang terlihat masih bersih dan baru. Sempat kami menanyakan keberadaan air terjun kepada seseorang yang berada di area parkir dan ternyata Air Terjun Dolo terletak di dasar tebing atau dibawah area parkir yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki menuruni tangga.

Pemandangan Puncak Air Terjun Dolo Kediri

Posisi Air Terjun Irenggolo berada di sebelah bawah atau dasar dari bukit tempat area parkir kendaraan berada. Pengunjung yang akan menuju ke lokasi air terjun harus menuruni anak tangga yang jumlahnya mencapai ratusan. Kesiapan fisik dan perbekalan cukup diperlukan mengingat medan yang akan dilalui cukup berat. Pengunjung yang lupa membawa makanan dan minuman bisa membelinya di warung-warung yang ada di sekitar area parkir atau di warung-warung di area dasar bukit dekat air terjun.

Satu demi satu anak tangga dijelajahi dan dibeberapa titik disediakan gasebo yang berfungsi sebagai tempat beristirahat pengunjung. Kondisi anak tangga cukup terawat dengan baik dan dibagian tepi telah diberi pegangan untuk membantu wisatawan naik ataupun turun. Pemandangan lereng Gunung Wilis menghiasi perjalanan menuruni bukit dan kadnag-kadang kabut tipis menutupi pemandangan.

Dasar Air Terjun Dolo Kediri

Namun perkiraan meleset, 10 menit berselang saya belum tiba di kawasan air terjun dan baru menemui sebuah gasebo yang dibangun untuk beristirahat. Saya beristirahat sebentar sambil melihat pemandangan sekeliling yang hampir seluruhnya tertutup oleh ranting pohon yang tinggi. Beberapa saat kemudian saya menemui sekelompok orang yang mendaki anak tangga dari air terjun menuju ke lokasi parkir kendaraan. Saya bertanya sekali mengenai lokasi air terjun dan jawaban yang diberikan sempat membuat saya kaget karena perjalanan menuruni tangga yang saya lalui baru setengah perjalanan.

Annosmile in Dolo Waterfall

Saya sempat ragu untuk meneruskan perjalanan menuju ke lokasi Air Terjun Dolo. Namun karena sudah tanggung telah melampau setengah perjalanan lebih akhirnya saya meneruskan perjalanan menuju ke lokasi air terjun. Anak tangga demi anak tangga saya turuni hingga tiba di dasar tebing. Di beberapa titik dibangun warung-warung santai yang disediakan untuk wisatawan untuk beristirahat sambil menikmati makanan yang ada.

Saya kurang beruntung, warung-warung tersebut tutup karena bukan hari libur. Akhirnya saya bergegas menuju ke lokasi Air Terjun Dolo. Air Terjun Dolo ini cukup tinggi kepala saya harus menengadah ke atas untuk melihat ujungnya. Pemandangan air terjun yang cukup indah dengan tebing batu yang berkilau karena basah terkena hempasan embun. Meski tidak ada keunikan seperti Air Terjun Irenggolo, Air Terjun Dolo ini nyaman untuk dinikmati, apalagi sambil bersantai di warung-warung yang dibangun disekitar air terjun. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. alan:

    curug yg trakingnya paling bikin lemes >_<

    • admin:

      Hi Alan,
      Lumayan menguras tenaga lah :-)

  2. HeruLS:

    Oh iya yah, setelah puas menikmati pesona air terjun Dolo, kita harus berjuang menginjakkan kaki pada ratusan anak tangga yang menyambut untuk menuju ke area parkir.
    Saya lupa, untung diingatkan. Makasih yah Kak.

Kirim pendapat