7 Wisata Air Terjun Di Playen Gunungkidul

7 Wisata Air Terjun Di Playen Gunungkidul
2.5 (50%) 2 votes

Daftar 7 (tujuh) wisata air terjun di sekitar kecamatan Playen kabupaten Gunungkidul antara lain:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Air Terjun atau Curug Srigethuk atau dahulu dikenal dengan nama Air Terjun Slempret merupakan daya tarik wisata air terjun yang cukup favorit di wilayah Gunungkidul. Secara administratif terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini tidak mengering sepanjang tahun dan tetap terlihat deras meskipun memasuki musim kemarau.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Antara Mitos Dan Pesona Keindahan Alam

2. Air Terjun Sendang Tuban

Air Terjun Sendang Tuban merupakan salah satu air terjun yang berada di dalam Hutan Wanagama. Air terjun ini secara administratif terletak di Hutan Pendidikan Wanagama, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman dan terlihat menarik saat hari sebelumnya hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sendang Tuban, Tertinggi Di Hutan Wanagama Gunungkidul

3. Air Terjun Sendang Ayu

Air Terjun Sendang Ayu Gunungkidul

Air Terjun Sendang Ayu merupakan salah satu air terjun yang berada di dalam Hutan Wanagama. Air terjun ini secara administratif terletak di Hutan Pendidikan Wanagama, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman dan terlihat menarik saat hari sebelumnya hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sendang Ayu Wanagama Gunungkidul

4. Air Terjun Sendang Tahunan

Air Terjun Sendang Tahunan Gunungkidul

Air Terjun Sendang Tahunan merupakan daya tarik wisata air terjun di dalam kawasan Hutan Wanagama. Secara administratif terletak di desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul.  Air terjun ini memiliki bentuk sebagai air terjun tunggal yang langsung jatuh ke dasar. Selain air terjun Sendang Tahunan ada juga sumber mata air Tahunan yang berada di dekatnya. Aliran air terjun ini megarah ke Sungai Oyo yang berada di ujung Hutan Wanagama.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sendang Tahunan, Tersebunyi Di Dalam Hutan Wanagama Gunungkidul

5. Air Terjun Jabon (Jurug Jabon)

Pemandangan Air Terjun Jabon Gunungkidul

Air Terjun Jabon merupakan daya tarik wisata air terjun di perbatasan antara desa Ngleri dengan Hutan Pendidikan Wanagama. Secara administratif terletak di desa Ngleri, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini memiliki bentuk sebagai air terjun tunggal yang langsung jatuh ke dasar. Pada bagian dasar air terjun terdapat kolam alami yang cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Debit airnya cukup deras saat musim penghujan dan berkurang drastis atau mengering pada musim kemarauu.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Jabon, Potensi Wisata Air Terjun Musiman Banyu Ngleri Gunungkidul

6. Air Terjun Gedad

Air Terjun Gedad terletak di dusun Gedad, desa Banyusoco, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul

7. Air Terjun Watu Layah

Air Terjun Watu Layah terletak di dusun Gubug Rubuh, desa Getas, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul

Kirim pendapat