6 Wisata Air Terjun Di Perbukitan Patuk Gunungkidul

6 Wisata Air Terjun Di Perbukitan Patuk Gunungkidul
2.5 (50%) 2 votes

Daftar 6 (enam) wisata air terjun di sekitar Perbukitan Patuk Gunungkidul antara lain:

1. Air Terjun Talang Purba

Puncak Aliran Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba merupakan daya tarik wisata air terjun yang dikembangkan oleh pengelola Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Secara administratif terletak di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini bertipe air terjun musiman dimana debit akan turun pada musim kemarau dan dibendung untuk pengairan persawahan.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Talang Purba, Daya Tarik Baru Wisata Sekitar Nglanggeran

2. Air Terjun Kedung Kandang

Pemandangan Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang merupakan pengembangan wisata air terjun di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran yang masih terpendam. Secara administratif terletak di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini masih satu aliran sungai dengan Air Terjun Talang Purba dan ikut mengering pada musim kemarau.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul, Air Terjun Diantara Persawahan Nglanggeran

3. Air Terjun Njurug Gedhe

Pemandangan Air Terjun Njurug Gedhe Gunungkidul

Air Terjun Njurug Gedhe merupakan daya tarik air terjun yang berada dalam aliran Sungai Gembyong di Perbukitan Patuk Gunungkidul. Secara administratif terletak di aliran Sungai Gembyong, dusun Gembyong, desa Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini tergolong air terjun tertinggi dan paling menarik diantara air terjun lain yang berada dalam aliran sungai tersebut.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Njurug Gedhe, Tertinggi Di Aliran Sungai Gembyong Gunungkidul

4. Air Terjun Gembyong

Pemandangan Air Terjun Gembyong Gunungkidul

Air Terjun Gembyong atau Kedung Gembyong merupakan air terjun kecil di dalam aliran Sungai Gembyong. Secara administratif terletak di aliran Sungai Gembyong, dusun Gembyong, desa Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Keberadaannya melengkapi daya tarik wisata air terjun di sekitar kawasan perbukitan Patuk Gunungkidul.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Gembyong Gunungkidul

5. Air Terjun Banyunibo Patuk

Pemandangan Air Terjun Banyunibo Patuk

Air Terjun Banyunibo merupakan wisata air terjun yang berada dekat Desa Wisata Bobung yang terkenal dengan kerajinan topeng kayunya. Secara administratif berada di dusun Batur, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang mengalir pada musim penghujan saja. Kunjungan wisatawan di air terjun ini masih sedikit meskipun sudah lama dibuka menjadi obyek wisata.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Banyunibo, Sisi Lain Perbukitan Patuk Gunungkidul

6. Air Terjun Jurug Lengkongsari

PemandanganAir Terjun Jurug Lengkongsari Gunungkidul Dari Dekat

Air Terjun Jurug Lengkongsari memiliki nama lain Jurug Taman Sari atau Semoyo merupakan daya tarik wisata air terjun di wilayah Patuk yang belum lama ini dibuka sebagai kawasan wisata. Secara administratif terletak di Dusun Wonosari, Desa Semoyo, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun tesebut saat ini dikembangkan oleh Desa Wisata Jurug Taman Sari dan satu pengelolaan dengan beberapa air terjun kecil yang ada disekitarnya.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Jurug Lengkongsari Atau Air Terjun Semoyo Gunungkidul

Kirim pendapat