18 Air Terjun Yang Menarik Dikunjungi Di Gunungkidul Yogyakarta

18 Air Terjun Yang Menarik Dikunjungi Di Gunungkidul Yogyakarta
5 (100%) 2 votes

Gunungkidul selain memiliki daya tarik wisata berupa pantai ternyata juga memiliki daya tarik wisata air terjun yang tidak kalah menarik. Hampir seluruh kawasan wisata air terjun di wilayah kabupaten Gunungkidul dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat disamping saat ini pemerintah mulai turut andil dalam pembangunan kawasan.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Air Terjun atau Curug Srigethuk atau dahulu dikenal dengan nama Air Terjun Slempret merupakan daya tarik wisata air terjun yang pertama kali dikenalkan di wilayah Gunungkidul. Secara administratif terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini tidak mengering sepanjang tahun dan tetap terlihat deras meskipun memasuki musim kemarau.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Antara Mitos Dan Pesona Keindahan Alam

2. Curug Indah Tegalrejo

Pemandangan Curug Taman Wisata

Curug Indah Tegalrejo atau yang memiliki nama lain Curug Gedangsari dan Curug Taman Wisata merupakan daya tarik wisata air terjun yang letaknya cukup dekat dengan batas wilayah kabupaten Klaten. Secara administratif terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini cocok digunakan untuk wisata alternatif dan wisata tracking karena untuk menuju ke lokasi harus menyusuri aliran sungai.

3. Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul Yogyakarta

Luweng Sampang sebenarnya hanyalah aliran sungai bertingkat yang melewati batuan unik berbentuk guratan. Salah satu tingkatan aliran sungainya membentuk air terjun yang unik dan jarang ditemui. Secara administratif terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang akan mengering pada pertengahan musim penghujan.

Baca artikel selengkapnya di Luweng Sampang Gunungkidul, Eksotisme Air Terjun Dan Batuan Mirip Grand Canyon

4. Air Terjun Pantai Jogan

Pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan merupakan daya tarik utama wisata Pantai Jogan yang letaknya berdekatan dengan Pantai Siung. Secara administratif terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini cukup unik karena aliran airnya langsung jatuh ke arah laut dari atas tebing karang.

5. Air Terjun Talang Purba

Puncak Aliran Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba merupakan daya tarik wisata air terjun yang dikembangkan oleh pengelola Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Secara administratif terletak di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini bertipe air terjun musiman dimana debit akan turun pada musim kemarau dan dibendung untuk pengairan persawahan.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Talang Purba, Daya Tarik Baru Wisata Sekitar Nglanggeran

6. Air Terjun Kedung Kandang

Pemandangan Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang merupakan pengembangan wisata air terjun di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran yang masih terpendam. Secara administratif terletak di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini masih satu aliran sungai dengan Air Terjun Talang Purba dan ikut mengering pada musim kemarau.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul, Air Terjun Diantara Persawahan Nglanggeran

7. Air Terjun Njurug Gedhe

Pemandangan Air Terjun Njurug Gedhe Gunungkidul

Air Terjun Njurug Gedhe merupakan daya tarik air terjun yang berada dalam aliran Sungai Gembyong di Perbukitan Patuk Gunungkidul. Secara administratif terletak di aliran Sungai Gembyong, dusun Gembyong, desa Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini tergolong air terjun tertinggi dan paling menarik diantara air terjun lain yang berada dalam aliran sungai tersebut. Air terjun ini sebagai batas antara kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sleman. Namun karena aksesnya lebih muda melewati kabupaten Gunungkidul maka air terjun ini dikelola oleh masyarakat sekitar Patuk Gunungkidul.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Njurug Gedhe, Tertinggi Di Aliran Sungai Gembyong Gunungkidul

8. Air Terjun Jurug Lengkongsari

PemandanganAir Terjun Jurug Lengkongsari Gunungkidul Dari Dekat

Air Terjun Jurug Lengkongsari memiliki nama lain Jurug Taman Sari atau Semoyo merupakan daya tarik wisata air terjun di wilayah Patuk yang belum lama ini dibuka sebagai kawasan wisata. Secara administratif terletak di Dusun Wonosari, Desa Semoyo, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun tesebut saat ini dikembangkan oleh Desa Wisata Jurug Taman Sari dan satu pengelolaan dengan beberapa air terjun kecil yang ada disekitarnya.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Jurug Lengkongsari Atau Air Terjun Semoyo Gunungkidul

9. Air Terjun Kedung Gembyong

Pemandangan Air Terjun Gembyong Gunungkidul

Air Terjun Gembyong atau Kedung Gembyong merupakan air terjun kecil di dalam aliran Sungai Gembyong. Secara administratif terletak di aliran Sungai Gembyong, dusun Gembyong, desa Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Keberadaannya melengkapi daya tarik wisata air terjun di sekitar kawasan perbukitan Patuk Gunungkidul.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Gembyong Gunungkidul

10. Air Terjun Banyunibo Patuk

Pemandangan Air Terjun Banyunibo Patuk

Air Terjun Banyunibo merupakan wisata air terjun yang berada dekat Desa Wisata Bobung yang terkenal dengan kerajinan topeng kayunya. Secara administratif berada di dusun Batur, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang mengalir pada musim penghujan saja. Kunjungan wisatawan di air terjun ini masih sedikit meskipun sudah lama dibuka menjadi obyek wisata.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Banyunibo, Sisi Lain Perbukitan Patuk Gunungkidul

11. Air Terjun Jurug Bangunsari

Air Terjun Jurug Bangunsari secara administratif terletak di desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul.

12. Air Terjun Banyutibo Semin

Air Terjun atau Grojogan Banyutibo Semin secara administratif terletak di desa Karangsari, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul

13. Air Terjun Sendang Tuban

Air Terjun Sendang Tuban merupakan salah satu air terjun yang berada di dalam Hutan Wanagama. Air terjun ini secara administratif terletak di Hutan Pendidikan Wanagama, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman dan terlihat menarik saat hari sebelumnya hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sendang Tuban, Tertinggi Di Hutan Wanagama Gunungkidul

14. Air Terjun Sendang Ayu

Air Terjun Sendang Ayu Gunungkidul

Air Terjun Sendang Ayu merupakan salah satu air terjun yang berada di dalam Hutan Wanagama. Air terjun ini secara administratif terletak di Hutan Pendidikan Wanagama, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman dan terlihat menarik saat hari sebelumnya hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sendang Ayu Wanagama Gunungkidul

15. Air Terjun Sendang Tahunan

Air Terjun Sendang Tahunan Gunungkidul

Air Terjun Sendang Tahunan merupakan daya tarik wisata air terjun di dalam kawasan Hutan Wanagama. Secara administratif terletak di desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul.  Air terjun ini memiliki bentuk sebagai air terjun tunggal yang langsung jatuh ke dasar. Selain air terjun Sendang Tahunan ada juga sumber mata air Tahunan yang berada di dekatnya. Aliran air terjun ini megarah ke Sungai Oyo yang berada di ujung Hutan Wanagama.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Sendang Tahunan, Tersebunyi Di Dalam Hutan Wanagama Gunungkidul

16. Air Terjun Jabon (Jurug Jabon)

Pemandangan Air Terjun Jabon Gunungkidul

Air Terjun Jabon merupakan daya tarik wisata air terjun di perbatasan antara desa Ngleri dengan Hutan Pendidikan Wanagama. Secara administratif terletak di desa Ngleri, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini memiliki bentuk sebagai air terjun tunggal yag langsung jatuh ke dasar. Pada bagian dasar air terjun terdapat kolam alami yag cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Debit airnya cukup deras saat musim penghujan dan berkurang drastis atau mengering pada musim kemarauu.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Jabon, Potensi Wisata Air Terjun Musiman Banyu Ngleri Gunungkidul

17. Air Terjun Gedad

Air Terjun Gedad terletak di dusun Gedad, desa Banyusoco, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul

18. Air Terjun Watu Layah

Air Terjun Watu Layah terletak di dusun Gubug Rubuh, desa Getas, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidu

19. Air Terjun Kedung Kresno

Air Terjun Kedung Kresno terletak di desa Pilangrejo, kecamatan Nglipar, kabupaten Gunungkidul

20. Air Terjun Banyu Mloro

Air Terjun Banyu Mlorot terletak di dusun Nganjir, desa Karangsari, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    indah2 air terjun-nya …
    tapi menurut saya sih yang unik ; Luweng Sampang dan air terjun di pantai jogan …

    • admin:

      Hi bersapedahan,
      Betul sekali keunikannya jarang ditemukan di tempat lain :-)

Kirim pendapat