Inilah 12 Pilihan Wisata Air Terjun Di Bantul Yogyakarta

Inilah 12 Pilihan Wisata Air Terjun Di Bantul Yogyakarta
3.7 (73.33%) 3 votes

Bantul yang hanya terkenal dengan pesona wisata pantai khususnya Pantai Parangtritis ternyata memiliki daya tarik wisata alam lain berupa air terjun yang tidak kalah menariknya. Hampir seluruh wisata air terjun yang terletak di kabupaten Bantul dikembangkan oleh masyarakat sekitar karena pemerintah setempat belum tertarik untuk mengembangkannya. Hal ini dikarenakan keseluruhan air terjun yang ada merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan dan mengering pada musim kemarau. Berikut adalah ke-duabelas (12) air terjun di kabupaten Bantul yang berhasil kami rangkum :

1. Air Terjun Lepo

Air Terjun Kedua Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Air Terjun Lepo atau bernama lain Grojogan Lepo atau Ledok Pokoh merupakan salah satu wisata air terjun di wilayah Dlingo Bantul. Letaknya secara administratif berada di dusun Pokoh 1, desa Dlingo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Ciri khas utama air terjun ini adalah air terjun bertingkat dan mengalir pada musim penghujan saja.

Baca selengkapnya di Grojogan Lepo, Air Terjun Bertingkat Di Dlingo Bantul

2. Air Terjun Randusari

Pemandangan Air Terjun Randusari Jatimulyo Dlingo Bantul

Air Terjun Randusari atau dahulu dikenal dengan nama Ngreboh merupakan salah satu daya tarik wisata di Dlingo Bantul. Letaknya secara administratif berada di dusun Rejosari, desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Cirikhas utama air terjun ini adalah air terjun dengan jatuh air melebar dan tampak seperti ari terjun kembar. Hanya saja air terjun ini hanya terlihat deras pada musim penghujan saja dan tampak mengering pada musim kemarau.

Baca selengkapnya di Air Terjun Randusari, Jatuhan Air Di Perbukitan Dlingo Bantul 

3. Air Terjun Banyunibo Rejosari

Pemandangan Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul

Air Terjun Banyunibo Rejosari merupakan salah satu wisata air terjun yang menggunakan nama “banyunibo” di wilayah Bantul. Letaknya secara administratif berada di dusun Rejosari, desa Terong, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Air terjun ini memiliki ciri utama sebagai air terjun bertingkat dan keberadaan kolam dibawah air terjun. Debit airnya tergolong rendah dan hanya dapat dinikmati ketika hari sebelumnya hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

Baca selengkapnya di Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul, Lebih Sering Terlihat Mengering

4. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo Pajangan Bantul

Curug Banyunibo merupakan nama yang disematkan pada salah satu air terjun di wilayah Pajangan Bantul. Namanya terkesan pasaran karena banyak tempat menggunakan nama tersebut untuk daya tarik wisata air terjun. Letaknya secara administratif berada di dusun Kabrokan Kulon, desa Sendangsari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan saja.

Baca selengkapnya di Jelajah Curug Banyunibo Pajangan

5. Air Terjun Jurang Pulosari (Njurug)

Air Terjun Jurang Pulosari yang dulu dinamakan Grojogan Njurug merupakan salah satu daya tarik utama wisata air terjun di daerah Pajangan Bantul. Letaknya secara administratif berada di dusun Njurug, desa Sendangsari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul. Air terjun ini memiliki bentuk air terjun melebar dengan kolam pada bagian bawahnya.

6. Grojogan Kedung Tolok

Pemandangan Air Terjun Grojogan Kedung Tolok Imogiri Bantul

Grojogan Kedung Tolok merupakan daya tarik utama wisata air terjun di dalam kawasan Wisata Alam Kedung Tolok. Letaknya secara administratif berada di kampung Godean RT 06, dusun Siluk 1, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul. Cirikhas utama air terjun ini adalah air terjun bertingkat dengan keunikan pada masing-masing tingkatannya. Sumber aliran air terjun ini berasal dari Goa Cerme yang letaknya cukup dekat dengan lokasi.

Baca artikel selengkapnya Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok Bantul, Kaitan Misteri Dengan Pariwisata

7. Air Terjun Cengkehan (Seribu Batu)

Pemandangan Air Terjun Seribu Batu Cengkehan Imogiri

Air Terjun Cengkehan atau memiliki nama lain Air Terjun Gedangan dan Curug Seribu Batu ini berada tidak jauh dari Makam Raja-Raja Mataram Yogyakarta. Bentuk air terjun ini terlihat kurang indah karena hanya seperti air jatuh biasa. Namun lokasinya cocok untuk kegiatan pecinta alam seperti outbound dan sebagainya.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Seribu Batu Imogiri, Dulu Bernama Curug Cengkehan

8. Air Terjun Kedung Pengilon

Pemandangan Kedung Pengilon Kasihan Bantul

Air Terjun Kedung Pengilon merupakan wisata berbasis pedesaaan yang lokasinya cukup tersembunyi di wilayah kabupaten Bantul. Letaknya secara administratif berada di dusun Petung, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul. Air terjun ini menarik digunakan untuk berenang karena kolam di bawah air terjun cukup luas dan dalam. Air terjun ini merupakan air terjun musiman namun demikian kolam airnya tidak mengering meskipun musim kemarau.

Baca artikel selengkapnya di Kedung Pengilon, Potensi Wisata Air Terjun di Desa Bangunjiwo Bantul

9. Air Terjun Parangendog Parangtritis

Air Terjun Parangendog Di Timur Pantai Parangtritis Bantul

Air Terjun Parangndog Parangtritis sebetulnya hanya merupakan aliran air selokan dari atas sebuah resort di timur kawasan Pantai Parangtritis. Namun keunikannya membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya disela-sela berwisata di kawasan Pantai Parangtritis. Air terjun ini mengalir pada pertengahan musim penghujan saja dan menjadi kawasan wisata baruyang ramai dipadati pengunjung.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Parangendog, Air Terjun Dadakan Di Kawasan Pantai Parangtritis

10. Air Terjun Tuwondo

Pemandangan Air Terjun Tuwondo Banyakan

Air Terjun Tuwondo atau dikenal dengan Grojogan Tuwondo atau Watu Ondo merupakan daya tarik wisata alternatif di kabupaten Bantul. Letaknya secara administratif berada di kampung Lemah Abang, dusun Banyakan 3, desa Sitimulyo, kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang mengalir pada musim hujan khususnya saat malam hari sebelumnya terjadi hujan deras.

Baca artikel selengkapnya di Air Terjun Tuwondo Banyakan, Salah Satu Air Terjun Musiman Di Piyungan Bantul

11. Air Terjun Senthong

Air Terjun Senthong tertutup Rerimbunan Semak

Air Terjun Senthong terletak di daerah Pundong Bantul yang berdekatan dengan akses menuju kawasan Pantai Parangtritis. Letak secara administratif berada di dusun Bobok Tempel, desa Seloharjo, kecamatan Pundong, kabupaten Bantul. Air terjun ini dikembangkan sebagai kawasan wisata semenjak ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar untuk berwisata.

12. Air Terjun Ngliseng

Air Terjun Ngliseng berada di kabupaten Bantul

13. Air Terjun Jejeg

Air Terjun Jejeg terletak di dusun Pucungrejo, desa Wukirsari, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. harga hp:

    kalo ke joga wajib mampir nih… indah banget :D

Kirim pendapat