Air Terjun Dan Pantai Banyu Tibo Pacitan, Keindahannya Tidak Seperti Dulu Lagi

Air Terjun Dan Pantai Banyu Tibo Pacitan, Keindahannya Tidak Seperti Dulu Lagi
3.5 (70%) 2 votes

Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu wisata favorit di kabupaten Pacitan sebelah barat. Pantai ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh kawasan pantai lain di kabupaten Pacitan yaitu keberadaan air terjun di tepi laut. Air terjun Pantai Banyu Tibo ini cukup unik karena berada di tebing pantai yang langsung jatuh ke arah laut tanpa melewati aliran sungai terlebih dahulu.

Pantai Banyu Tibo (Banyutibo) terletak di desa Widoro, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Aliran Air Pantai Banyu Tibo Pacitan

Lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan berada di dekat perbatasan antara kabupaten Pacitan Jawa Timur dengan kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Ada dua cara menuju kawasan pantai ini, pertama melalui jalur Pantai Klayar ke arah barat dan kedua melewati jalur Pantai Nampu ke arah timur. Bila pengunjung pantai Banyu Tibo berasal dari daerah barat (Jogja/Solo/Wonogiri), akses terdekat melewati jalur dari Pantai Nampu.

Pemandangan Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan

Akses jalan menuju gerbang masuk Pantai Banyu Nibo Pacitan dari Pantai Nampu cukup sempit namun sudah beraspal dengan baik. Setelah melewati gapura perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur, akhirnya tiba di persimpangan jalan menuju Pantai Banyu Nibo. Kondisi jalan masuk menuju Pantai Banyu Tibo masih berupa jalan cor semen dan belum dilakukan pengaspalan. Sebagian diantara jalan cor sedikit rusak dan belum diperbaiki. Meski dapat dilewati kendaraan beroda empat, diharapkan mengunjung berhati-hati dalam mengendarai kendaraan saat menuju tempat ini.

Area parkir Pantai Banyu Tibo Pacitan saat ini sudah luas dan mampu menampung belasan kendaraan roda empat dan lebih dari seratus kendaraan roda dua. Perluasan area parkir diharapkan mampu menampung lebih banyak wisatawan atau pengunjung untuk berwisata ke tempat ini. Hanya saja dalam proses perluasan area parkir harus mengorbankan tebing bukit yang ada di sebelah barat kawasan Pantai Banyu Tibo.

Warung Tenda Di Sisi Timur Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo Pacitan memiliki karakter sebagai pantai tebing dan sedikit berpasir putih pada lokasi jatuhan air terjun. Kawasan pantai ini cukup sempit dan hanya berupa tebing yang melingkari kawasan air terjun. Bila pengunjung ini bermain di area pasir putih tidak disarankan mengunjungi pantai ini. Ombak Pantai Banyu Tibo cukup berbahaya ketika sedang pasang dan bila kondisi surut tetap dilarang untuk berenang di laut.

Air terjun di kawasan Pantai Banyu Tibo Pacitan merupakan air terjun yang mengalir tanpa mengenal musim. Air terjun ini tidak mengering seperti air terjun musiman di tepi pantai seperti Air Terjun Pantai Jogan Gunungkidul atau Air Terjun Parangndog Parangtritis. Hanya saja pada musim kemarau debit airnya turun drastis dan pemandangan air terjun kurang menarik. Jadi sedikit saran kunjungilah Air Terjun Pantai Banyu Tibo pada musim penghujan. Selain itu pengunjung juga dapat turun di bawah/dasar air terjun saat kondisi ombak sedang surut dan saat ini telah dibuatkan tangga turun menuju ke dasar tebing/air terjun.

Tangga Turun Menuju Air Terjun Banyu Tibo Pacitan

Warung-warung penjual makanan dan minuman banyak berdiri di sekeliling Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan. Keberadaannya justru mengganggu keindahan yang dipancarkan oleh air terjun tersebut. Disamping itu proses pembangunan warung dengan menghancurkan sebagian dinding karang dan membabat habis tanaman liar khas pesisir pantai selatan pulau Jawa. Akibatnya kondisi sekitar Air Terjun Banyu Tibo tidak alami lagi karena alam sekitar terlihat rusak. Sedikit saran segera dilakukan penataan warung pedagang agar kawasan wisata Air Terjun dan Pantai Banyu Nibo lebih rapi dan nyaman dikunjungi.

Bagi sebagian orang, keindahan alam Pantai dan Air Terjun Banyu Tibo Pacitan tidak seindah dahulu lagi. Ketika pertama kali dibuka menjadi kawasan wisata, Pantai Banyu Tibo masih minim fasilitas dan kondisi lingkungan masih cukup alami. Suasananya masih sepi dan disekeliling air terjun masih lebat tanaman liar. Orang-orang yang sempat atau pernah menikmati keindahan Pantai Banyu Tibo beberapa tahun yang lalu menyesalkan kondisi pantai tersebut saat ini. Daya tarik keindahannya telah memudar dan tidak menarik lagi. Entah sampai kapan kawasan wisata yang pernah melejit pesona wisata alam berupa pantai dan air terjun ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Biasanya ketika obyek wisata sudah rusak dan tidak menarik lagi akan ditinggalkan para wisatawan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Banyu Tibo (Banyutibo)
Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk : -
Parkir Motor : Rp 2.000,-
Parkir Mobil : Rp 5.000,-

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Martinus Wisnu:

    sudah tidak senatural dulu lgi..terakhir kesini Agustus 2014…dah ada warung-warungnya..dah ga se-asri waktu pertama kali kesini tahun 2011.. seperti taman, masih sepi ga da orang sama sekali…aq cuma berdua sm temenku doang..

    • admin:

      Benar mas, cukup disayangkan pengembangan kawasan kurang memperhatikan lingkungan :(

  2. bersapedahan:

    aduhhhh sayang ya … keberadaan warung2 itu jadi “mengganggu”
    sebetulnya kondisi ini kayaknya ada di daerah2 wisata Indonesia, tempat2 wisata yang asri jadi terlihat kumuh. Seharusnya pemerintah segera mengatur hal2 seperti ini ….

  3. nbsusanto:

    belum kesampaian sampai situ udah berkurang keindahannya ya mas.. semenjak banyak smartphone dan banyak yang merambah medsos, wisata manapun jadi rame..

  4. binta:

    sebegitunya menyayangkan, berarti sebegitunya berubah tak indah. Padahal ini masuk daftar yang akan dikunjungi. Bagaimana dengan pantai Buyutan? Eh sampingnya buyutan ya?

    • admin:

      Pantai Buyutan sudah ada warung-warung juga..posisinya ga terlalu berhimpit dengan pasir pantai..tapi entah sekarang :-)

    • Martinus Wisnu:

      Ke Ngiroboyo, Pacitan..tp ya smoga blm berubah banyk…lumayan…

      • admin:

        Hi Martinus Wisnu, terima kasih atas kunjungannya :-)

Kirim pendapat