Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul, Lebih Sering Terlihat Mengering

Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul, Lebih Sering Terlihat Mengering
2.5 (50%) 2 votes

Air Terjun Banyunibo Rejosari merupakan salah satu wisata air terjun yang menggunakan nama “Banyunibo” di daerah Dlingo Bantul. Penggunaan nama “Rejosari” juga sempat menjadi polemik karena memiliki kesamaan nama wilayah dengan air terjun lain yang ada disekitarnya. Namun akhirnya air terjun lain tersebut mengalah dan memiliki mengganti namanya dengan nama lain. Saat ini Air Terjun Banyunibo Rejosari dikembangkan sebagai wisata alam berbasis pedesaan oleh Desa Wisata Rejosari.

Air Terjun Banyunibo Rejosari terletak di dekat Jalan Raya Patuk-Dlingo km 8, dusun Rejosari, desa Terong, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul

Lokasi Air Terjun Banyunibo Rejosari berada di kawasan perbukitan Dlingo Bantul. Rute termudah dari kota Yogyakarta menuju ke air terjun ini melewati Jalan Wonosari. Ikuti Jalan Wonosari hingga Piyungan Bantul, menaiki tanjakan Bukit Patuk, dan tiba di perempatan tanpa lalulintas di Puncak Bukit Patuk. Dari perempatan Bukit Patuk pilihlah jalan ke kanan atau menuju ke Dlingo Bantul. Ikuti Jalan Raya Patuk-Dlingo tersebut hingga menemui perempatan yang terdapat pohon beringin di tengah jalan. Ambil jalan ke arah kiri menuju ke arah Terong dan Dlingo. Kondisi jalan perlahan-lahan menurun dan amati sisi kiri untuk mencari papan petunjuk arah menuju air terjun tersebut. Belokkan kendaraan masuk ke gang perkampungan penduduk dan melewati jalan cor semen hingga tiba di area parkir. Area parkir yang disediakan hanya dapat digunakan untuk kendaraan roda dua dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga lokasi.

Salah Satu Kedung Di Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul

Air Terjun Banyunibo Rejosari memiliki bentuk air terjun bertingkat dengan jumlah tingkatan sebanyak 12 air terjun dan 16 kedung. Masing-masing kedung atau cekungan air dibawah air terjun memiliki cerita atau mitos tersendiri. Air terjun ini bertipe air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan saja. Debit air sangat dipengaruhi oleh intensitas hujan pada hari sebelumnya. Pengunjung bersiap-siap kecewa melihat air terjun ini mengering atau terlihat kecil sekali debit airnya. Jadi sangat disarankan bila mengunjungi air terjun ini pada malam sebelumnya terjadi hujan deras yang cukup lama.

Aliran Air Terjun Banyunibo Rejosari mengarah ke Sungai Oyo yang letaknya tidak jauh dari tempat ini. Sepertinya hampir semua aliran air terjun di daerah Dlingo mengarah ke sungai besar tersebut. Daya tarik lain dari kawasan wisata air terjun tersebut adalah pemandangan area persawahan yang berada di antara air terjun tersebut. Aktivitas bertani warga sekitar sering terlihat pada pagi hari dan sore hari.

Gasebo Peristirahatan Di Air Terjun Banyunibo Rejosari Bantul

Kunjungan wisatawan ke Air Terjun Banyunibo Rejosari masih tergolong rendah dan hampir tidak ada pengunjungnya. Hilangnya beberapa papan petunjuk arah di beberapa titik strategis menjadi alasan utama para wisatawan tidak mengetahui lokasi air terjun ini. Akibatnya mereka memilih menuju ke Air Terjun Banyunibo lain yang masih dalam satu kecamatan. Fasilitas pendukung wisata Air terjun Banyunibo saat ini baru tersedia gasebo peristirahatan saja dan kondisinya sudah mulai rusak. Tidak ada fasilitas pendukung wisata lain di kawasan ini.

Secara keseluruhan Air Terjun Banyunibo Rejosari hanya menarik dinikmati pada pertengahan musim penghujan saja dan debit airnya dipengaruhi hujan pada hari sebelumnya. Jadi jangan harap melihat air terjun ini melimpah airnya bila hari sebelumnya tidak terjadi hujan deras. Pengunjung yang datang ke tempat ini harus bersiap-siap kecewa melihat air terjun ini tampak mengering dan hanya terlihat aliran air dengan debit yang cukup kecil. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Banyunibo Rejosari
Dusun Rejosari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: -
Parkir Motor: -

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    kesini mesti bener2 musim hujan dong
    biar terasa seru mendengar deburan airnya

Kirim pendapat