Air Terjun Banyumala, Surga Kecil Di Perbukitan Wanagiri Buleleng

Air Terjun Banyumala, Surga Kecil Di Perbukitan Wanagiri Buleleng
5 (100%) 1 vote

Air Terjun Banyumala Buleleng merupakan daya tarik wisata air terjun yang belum lama dikembangkan sebagai obyek wisata di daerah Buleleng Bali. Keberadaanya belum banyak dikenal baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Namun air terjun ini berpotensi menjadi wisata unggulan seperti Air Terjun Kembar Gitgit, Air Terjun Mekalang, Air Terjun Colek Pamor, dan sebagainya. Air terjun ini memiliki keunikan dimana jatuhan airnya melebar dan banyak air terjun kecil di sekitar dinding air terjun.

Air Terjun Banyumala atau ada yang menyebutnya dengan Air Terjun Kembang Banyumala terletak di desa Wanagiri, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng, Bali.

Lokasi Air Terjun Banyumala berada di sebuah lembah perbukitan daerah Wanagiri Buleleng. Rute menuju air terjun ini dari pusat kota Denpasar ke arah utara menuju ke arah Singaraja melewati daerah Mengwi yang masuk dalam wilayah kabupaten Tabanan. Selama perjalanan akan melewati area pegunungan serta kawasan wisata yang cukup terkenal di pulau Bali yaitu Bedugul dan Pura Ulun Danu Beratan. Kondisi jalan kembali menanjak setelah melewati kawasan Danau Beratan dan Danau Buyan. Sesampai di puncak tanjakan ada sebuah pertigaan besar tanpa lampu lalulintas (Simpang Wanagiri-Singaraja) yang banyak terdapat pedagang kakilima pilihlah jalan ke kiri atau ke arah Munduk atau Danau Tamblingan.

Ikuti Jalan Raya Wanagiri tersebut dan sebelum tiba di Bukit Kembar Gobleg ada papan petunjuk arah menuju ke Air Terjun Banyumala. Belok ke kanan mengikuti papan petunjuk arah tersebut sejauh 3,5 kilometer. Jalan yang dilewati masih berupa jalan cor semen selebar kendaraan roda 4 (empat) dan kondisinya menurun. Area parkir pertama merupakan area parkir untuk kendaraan roda empat sedangkan kendaraan roda 2 (dua) atau sepeda motor masih dapat melalui jalan sempit beberapa ratus meter hingga tiba di area parkir roda dua. Dari area parkir kendaraan roda dua, pengunjung masih harus berjalan kaki menuruni anak tangga dan jalan setapak selama 15 menit untuk tiba di kawasan air terjun.

Air Terjun Banyumala Buleleng terdiri dari satu air terjun utama atau besar dan beberapa air terjun kecil yang muncul dari sela-sela batuan dinding. Adanya cabang air terjun membuat sebagian orang menyebutnya sebagai air terjun kembar. Ketinggiannnya diperkirakan mencapai 30 meter dan sedikit lebih tinggi daripada Air Terjun Kembar Gitgit. Bentuk jatuhan air terjun melebar memenuhi area dinding batu sehingga terlihat lebih menarik dan memiliki sebuah cirikhas. Pada bagian dasar air terjun membentuk kolam dengan kedalaman mencapai 2 meter dan cukup menarik digunakan untuk mandi dan berenang di alam.

Kondisi alam sekitar Air Terjun Banyumala Buleleng masih sangat alami dan dipenui oleh pepohonan tinggi dan tanaman liar khas hutan tropis di dataran tinggi. Bebeberapa jenis tumbuhan paku tumbuh secara alami dan banyak ditemukan di tempat ini. Batuan air terjun yang berwarna hitam berpadu dengan hijaunya tanaman di kawasan ini. Pada pagi hari sering terdengar kicauan beraneka macam burung seperti yang biasa kita dengar saat berkunjung ke Danau Tamblingan. Hal tersebut cukup wajar mengingat letak kedua tempat tersebut tidak jauh. Selain itu udara di tempat ini cukup sejuk karena berada di daerah lereng pegunungan  dengan ketinggian mencapai 800 mdpl.

Hampir sama seperti kawasan air terjun lain di sekitar Pulau Bali, di kawasan Air Terjun Banyumala Buleleng terdapat pelinggih yang digunakan untuk menarik sesaji di tepi air terjun. Fasilitas pendukung wisata di kawasan air terjun ini masih terbatas pada bangunan gasebo, taman, dan tempat duduk dari bambu. Diharapkan pengembangan kawasan wisata tidak merusak sifat alami dari kawasan ini. Secara keseluruhan Air Terjun Banyumala Buleleng layak untuk dikunjungi dan dapat menjadi salah satu pilihan jelajah alam di daerah utara Pulau Bali. (text/foto: annosmile)

RETRIBUSI
  • Tiket Masuk : Rp 10.000,-/orang
  • Parkir Motor :
  • Parkir Mobil :
INFORMASI
Air Terjun Banyumala
Desa Wanagiri, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng, Bali

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Gallant:

    Weh, kalau lewat Bedugul jalannya agak serem ya. Mbelok mbelok gitu hahaha.

    • admin:

      Hi Gallant,
      Bukannya jalurnya asik dan menantang ya hehe

Kirim pendapat