Review AHM Oil MPX-2 10W30

AHM Oil MPX-2 10W30 merupakan salah satu tipe oli yang dikeluarkan pabrikan Astra Honda Motor. Oli ini khusus diproduksi untuk kendaraan sepeda motor berjenis matic (automatic). Oli ini direkomendasikan pabrikan motor Honda untuk sepeda motor matic Honda yang dijual resmi di Indonesia. Produk ini dapat ditemui di bengkel resmi motor Honda ataupun bengkel motor biasa di seluruh Indonesia.

Pengalaman pertama menggunakan AHM Oil MPX-2 10W30 tidak membuat saya terkesan. Sebagai oli bawaan pabrikan motor tidak memberikan suatu keunggulan yang menonjol. Suara mesin terdengar biasa, dalam arti suara mesin tidak cukup halus dan tidak terdengar kasar. Performa kendaraan pun biasa, tidak terasa berat saat tarikan awal ataupun terasa lebih responsif. Penggunaan oli AHM Oil MPX-2 10W30 diatas pemakaian 2.000-km mulai timbul beberapa permasalahan. Suara mesin perlahan-lahan mulai terdengar kasar diawal saat dihidupkan. Untuk tarikan mesin mulai terasa penurunannya dan mulai terasa tidak nyaman. Pemakaian bahan bakar (bensin) mulai terasa boros walaupun peningkatannya tidak signifikan.

Beberapa pengalaman orang yang mengatakan kinerja AHM Oil MPX-2 10W30 cukup memuaskan dan bisa tahan dengan kilometer panjang. Bagi saya pribadi kurang sependapat karena juga telah mencobanya dengan hasil yang berkebalikan (negatif). Secara keseluruhan AHM Oil MPX-2 10W30 merupakan oli standar pabrikan motor Honda di Indonesia. Kinerjanya terkesan standar dan tidak memiliki keunggulan pada salah satu sisi. Bila ada oli merk lain yang memiliki kinerja lebih baik dari merk ini dipersilakan menggunakan oli tersebut. Namun bila oli merk lain kinerjanya lebih buruk dari oli standar ini disarankan untuk kembali menggunakan oli standar ini. Demi kenyamanan dan kemanan saja saya mengganti oli ketika pemakaian oli telah melewati angka 1.500 km dan sebelum memasuki 2.000 km. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Makna Kode JASO Pada Oli Pelumas

DESKRIPSI

Brand: Astra Honda Motor (AHM)

Tipe: 4T Matic

SAE: 10W30

API: SJ

JASO: MB

 

Kirim pendapat