Pengalaman Menginap Di Adamson Inn Singapura

Adamson Inn merupakan salah satu pilihan menginap di sekitar kawasan Bugis Singapura. Hostel ini dikategorikan sebagai hotel berbintang 1 (satu) di Singapura dengan fasilitas yang cukup untuk ukuran backpacker atau wisatawan berbudget rendah. Keberadaannya cukup strategis dekat dengan jalan utama dan kawasan wisata Kampung Glam dan Masjid Sultan.

Adamson Inn terletak di 3 Jln Pinang, Kampong Glam, Bugis, Singapore 199135.

Lokasi Adamson Inn berada di dekat Victoria Street (Victoria St) atau sebelah utara dari Masjid Sultan (Sultan Mosque). Adamson Inn merupakan penginapan dormitory dimana dalam satu kamar terdapat banyak tempat tidur. Tamu hostel yang menginap di ABC Hostel harus mengetahui konsep hostel sendiri dimana berbeda dengan konsep hotel atau penginapan secara umum. Konsep hostel mirip seperti pada asrama dimana dalam satu kamar terdapat beberapa tempat tidur atau ranjang tidur dimana tamu hotel harus berbagi ruangan kamar, kamar mandi, fasilitas yang ada di hostel dengan tamu atau orang lain. Selain itu tamu menginap harus melayani diri sendiri mulai dari membawa barang-barang bawaan ke kamar, antri kamar mandi, membuat teh/kopi sendiri di dapur dan sebagainya.

Adamson Inn menggunakan bangunan berarsitektur tua yang telah direnovasi dimana memiliki bangunan 2 (dua) lantai saja tanpa menyediakan area parkir karena lahan yang terbatas atau sempit. Hostel ini memiliki pilihan kapasitas kamar mulai per kamar 4 orang dan 6 orang. Untuk segi keamanan, setiap pintu kamar diberi pengaman kunci elektrik dimana kunci tersebut juga dapat digunakan untuk akses kunci keluar masuk hostel.

Baca Juga  Pengalaman Naik Jetstar Airways Jakarta-Singapura

Fasilitas yang disediakan Adamson Inn cukup lengkap mulai dari lobi hostel, kamar mandi, dan internet nirkabel (WiFi). Kamar tempat tidur hanya berisi tempat tidur bertingkat, pendingin ruangan (AC), dan locker besi. Pada setiap masing-masing tempat tidur atau bed disediakan sebuah bantal kepala, selimut, dan 1-2 colokan listrik (stop kontak/power plug). Colokan listrik yang disediakan merupakan standar colokan listrik Singapura. Tamu yang berasal dari luar negeri harus menggunakan adapter listrik untuk menggunakan colokan listrik tersebut. Ukuran loker yang disediakan sekitar 40 liter cukup untuk sebuah tas carrier atau koper berukuran tanggung. Layanan locker ini sepaket dengan akses kunci keluar masuk hostel.

Adamson Inn menyediakan kamar mandi dan wc secara terpisah di luar kamar dan tersebar di beberapa titik. Rasio antara tamu hostel dengan kamar mandi adalah (1:5) atau 1 (satu) kamar mandi untuk 5  (lima) tamu/orang. Sedangkan rasio antara tamu Hostel dengan wc adalah (1:10) atau 1 (satu) wc untuk 10 (sepuluh) tamu/orang. Kamar mandi berukuran standar dengan fasilitas air panas atau hot shower. Kekurangannya kamar mandi dan wc yang disediakan tidak dipisah untuk laki-laki dan perempuan. Peralatan mandi seperti handuk, sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, dan sebagainya tidak disediakan oleh hostel ini. Tamu hostel diharap membawa peralatan mandi sendiri-sendiri atau dapat membelinya di minimarket yang dekat dengan hostel ini.

Adamson Inn tidak menyediakan breakfast atau sarapan pagi seperti hostel-hostel lain yang ada di dekatnya. Di ruangan makan hostel hanya terdapat mesin pemanas air yang disediakan untuk tamu. Pada rak tersedia mie gelas dan kopi namun dikenakan biaya tambahan alias tidak gratis. Begitu juga lemari es yang diletakkan di samping meja menyediakan beragam minuman kemasan dengan daftar harga tertera. Tamu hostel dipersilakan membeli makanan baik sarapan, makan siang, maupun makan malam di luar hostel dimana disekitar hostel banyak terdapat restoran dan rumah makan. Ini suatu keuntungan bagi tamu hostel yang tidak membutuhkan sarapan pagi di hostel karena harus menunggu sarapan pagi selesai dipersiapkan. Selain itu membuang waktu bagi tamu yang akan melanjutkan perjalanan saat hari masih terlalu pagi.

Baca Juga  Mufiz Restaurant, Alternatif Makanan Halal Di Geylang Singapura

Aturan lain di Adamson Inn dilarang merokok didalam kamar tidur namun disediakan ruangan khusus untuk merokok. Hal ini sepertinya yang menjadi nilai plus atau nilai tambah khususnya wisatawan atau tamu yang memiliki kebiasaan merokok. Harga yang ditawarkan Adamson Inn tergolong standar dan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Sedikit saran, pesan secara online (booking online) jauh-jauh hari lebih murah daripada datang langsung ke hostel ini. Secara keseluruhan Adamson Inn dapat menjadi salah satu pilihan menginap ala backpacker di Singapura dengan budget terbatas dan tidak membutuhkan fasilitas berlebih pada tempat menginap. (text/foto: annosmile)

FASILITAS
  • AC (Air Conditioner)/Pendingin Ruangan
  • Free Internet (WiFi)
  • Loker Besi
  • Tv di lobi
  • Ruangan Khusus Merokok (Smoking Room)
  • Fasilitas Untuk Difabel
  • Layanan Laundry (cuci)
  • Penitipan Koper
Stasiun MRT Terdekat (Nearest MRT Station)

Bugis MRT Station (EW12/DT14)

INFORMASI
Adamson Inn
Address : 3 Jln Pinang, Kampong Glam, Bugis, Singapore 199135
Phone : +65 6298 2382
Email : stay@adamsoninn.com
Website : www.adamsoninn.com
Facebook : www.facebook.com/adamsoninnsingapore/
Instagram : www.instagram.com/adamson.inn/

Kirim pendapat