Wisata Flora di Kebun Raya Cibodas

Di kawasan wisata Cipanas yang bersebelahan dengan Puncak, terdapat objek wisata yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Objek wisata ini bernama Kebun Raya Cibodas yang merupakan tempat pariwisata, pendidikan, konservasi, dan penelitian. Koleksi Kebun Raya Cibodas hampir mirip dengan Kebun Raya Bogor, bedanya di tempat ini lebih cenderung mengoleksi tanaman berklim subtropis yang bersuhu sejuk dan dingin.

Kebun Raya Cibodas-LIPI berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300 – 1.425 meter di atas permukaan air laut dengan luas 84,99 hektar. Temperature rata-rata 20,06°C. kelembaban 80,82%, dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun.

Gerbang Masuk Kebun Raya Cibodas

Lokasi Kebun Raya Cibodas berjarak 7 km dari kawasan Cipanas. Petunjuk arah cukup banyak ditemui disepanjang jalur Puncak – Cipanas. Selain itu akses jalan cukup baik dan dapat dilalui oleh kendaraan besar semacam bus dan truk. Sepertinya pemerintah setempat cukup serius mengembangkan dan mempromosikan wisata Kebun Raya Cibodas.

Sebagian besar pengunjung kebun Raya Cibodas menggunakan kendaraan pribadi semacam mobil dan motor. Namun tidak jarang ada pengunjung yang menempuh perjalanan menuju Kebun Raya Cibodas menggunakan transportasi umum. Di dekat kawasan Kebun Raya Cibodas terdapat terminal angkot untuk trayek angkutan dari dan menuju Kebun Raya Cibodas. Angkutan umum ini beroperasi dari pagi hari hingga sore hari.

Kebun Raya Cibodas didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann seorang kurator Kebun Raya Cibodas pada waktu itu dengn nama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). Pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi. Salah satunya adalah Pohon Kina (Chinchona calisaya). Kemudian berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. Mulai tahun 2003 status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Area Pepohonan Yang Tertata Rapi Di Kebun Raya Cibodas

Pengunjung Kebun Raya Cibodas dipersilakan membeli tiket masuk terlebih dahulu sebelum memasuki area kebun raya. Bangunan loket berada tepat persis di samping pagar masuk. Memasuki kawasan Kebun Raya Bogor, pengunjung disambut dengan area taman yang kelihatan hijau dan luas. Disamping kanan dan kiri terdapat beberapa bangunan diantaranya pusat informasi wisata, perkantoran, dan laboratorium.

Memasuki bagian ujung taman, terdapat tiga buah jalan yang masing-masing mengarah ke lokasi yang berbeda. Ada yang mengarah ke gallery, musholla, toilet, rumah kaca, air terjun, kebun koleksi, taman sakura, dan masing banyak lagi. Pengunjung bebas memilih tujuannya sendiri tanpa harus mengikuti alur yang disarankan. Namun diharapkan pengunjung tetap menjaga aturan dan larangan yang ada serta menjaga kebersihan lingungan.

Bunga Sakura yang terletak di Kebun Raya Cibodas mempunyai nama latin Prunus cerasoides yang berasal dari Himalaya. Tanaman ini dapat berbunga dua kali dalam setahun. Selain bunga Sakura disini juga ditanam beberapa jenis tanaman Prunus, diantaranya Prunus costata dari Papua, Prunus arborea dari Jawa.

Area Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Area yang pertama kali kami kunjungan adalah Taman Rodhodendron. Lokasi taman ini hanya sekitar 100 meter dari pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Taman ini mengambil area yang curam kemudian dibuat menjadi agak mendatar dan lebih indah. Cukup banyak koleksi spesies tanaman Rodhodendron di Kebun Raya Cibodas. Perjalanan dilanjutkan menuju Taman Sakura dengan berjalan kaki sejauh 15 menit.

Taman Sakura merupakan daya tarik utama wisatawan ktika berkunjung di Kebun Raya Cibodas. Sedikit informasi yang didapat bahwa pohon Sakura merupakan salah satu spesies tanaman beriklim sedang atau subtropis. Jepang menjadi negara yang banyak ditemukan pohon Sakura di setiap wilayahnya. Tidak heran bila negara Jepang disebut dengan Negeri Sakura.

Salah Satu Jenis Tanaman Di Kebun Raya Cibodas

Saat tiba di area Taman Sakura, kami tidak melihat satupun bunga Sakura yang mekar. Pemandangan yang tampak hanyalah pohon Sakura saja. Saat bertanya kepada petugas yang kebetulan berada di lokasi, didapat informasi bahwa akhir-akhir ini bunga Sakura tidak mekar. Kalaupun mekar hanya terjadi pada bebverapa pohon saja. Hal ini sepertinya dipengaruhi oleh pemanasan global dan ketidakcocokan iklim tanaman.

Kami sedikit kecewa dengan keadaan ini, kemudian perjalanan kami lanjutkan menuju ke arah air terjun Cibogo yang terletak disebelah Taman Sakura. Dengan mengikuti papan petunjuk area di Kawasan Kebun Raya Cibodas, kami berjalan menuruni bukit dan menyusuri batuan untuk menuju ke tepi jalan aspal yang mengarah ke lokasi air terjun.

Curug Cibogo atau Air Terjun Cibogo terletak di kawasan Kebun Raya Cibodas yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan parkir dan pintu masuk kebun raya.

Pemandangan Curug Cibogo Cibodas

Ketika berjalan di tepi jalan aspal yang mengarah ke lokasi air terjun, kami berpapasan dengan beberapa pengendara mobil keluarga yang ternyata tidak jauh dari lokasi air terjun mereka berhenti dan berpiknik di area tersebut. Sepertinya tempat ini memang cocok untuk wisata keluarga dan suasananya cukup tenang, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Tiba di Air Terjun Cibogo, susana terlihat sepi dan sejuk. Terlihat air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan aliran air yang cukup deras. Walaupun terlihat tidak alami akibat penataan tanaman oleh pengelola kawasan wisata Kebun Raya Cibodas, tempat ini terlihat menarik dengan taman yang mengelilingi air terjun tersebut. Sebetulnya ada air terjun yang ukurannya lebih tinggi dan lebih besar yang bernama Curug Ciismun. Karena lokasinya lumayan jauh, kami tidak jadi mengunjungi air terjun tersebut.

Annosmile Di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan di sekitar Cipanas dan kabupaten Cianjur. Koleksi jenis tanamannya cukup lengkap dan melebihi jumlah koleksi Kebun Raya Bogor. Lokasinya cukup luas cocok untuk wisata keluarga atau wisata edukasi untuk siswa sekolah. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share

Ada 28 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. addiehf:

    kapan kita touring bersama neeh :D

  2. munir ardi:

    mengamankan yang kedua, floranya indah semua sob betul-betul segar perasaan meski cuma lihat dari blog

  3. ndop:

    pas ndelok taman sakura, kok koyok duduk ndik indonesia ya? hohoo…

  4. warm:

    wah saya blum pernah kesana
    jem terbang perjalanan sampeyan makin top aja, bos

    ah ya, kapan ke jogja lagi :D

  5. dafiDRiau:

    Indah nian and rindang…sejuk lagi…………

  6. arif:

    ouh, dikelola LIPI, baru tau ane gan

  7. alief:

    jadi pengen ikut touringnya nie….

  8. pelintas batas:

    kayaknya sejuk banged ya….

  9. ossmed:

    uihhh…nice pict bro!!

  10. Triunt:

    kesannya adem ya mas.
    kapan2 kalo pas ke bandung, mampir ah ke cibodas.
    sepi juga… sepertinya.

  11. zee:

    Wah sekarnag semua orang dimana-mana menulis yang hijau-hijau ya. Mudah2an semakin banyak lahan hijau terbuka di kota2 kita ini.

  12. Irawan:

    wah keren bgt…. aku paling suka liat yang ijo2… soalnya disini dah jarang nemu pohon…

  13. suwung:

    aku lagi nang ciawi bos iki

  14. Next Jimbun Punya:

    Wuih, keren. Esih keton alamine. Nanging, aku rung iso lunga mrono jue…

  15. Dinoe:

    Wah..keren tempatnya.. Jadi pengen kesana

  16. tukangpoto:

    Waktu SD dulu sering banget saya ke sini, menyenangkan dan menyegarkan buat refreshing. Pokonya dateng deh ke sana.

  17. zenteguh:

    sayang banget sakura-nya tak berbunga…eniwei emang top abislah tempat ini, lepas dari jakarta yang suuummmpeeekkkk, seperti menemukan surga disini

  18. shalimow:

    asyik juga ya bos
    belum pernah kesitu hehhe
    kapan2 perlu dicoba
    tx

  19. marsudiyanto:

    Panoramanya seger2…
    Ijo royo2.
    apalagi kalau ada alunan degung yg sayup2…

  20. delia:

    tempat ini juga banyak dijadikan background untuk pre wed :)
    benar2 keren dan menyejukkan …

  21. endar:

    mantap sekali tempatnya

  22. addiehf:

    rasa-rasanya saya pernah kesana deh berbarengan waktu main ke kebun bunga juga :D

  23. sunflo:

    suka banget ke tempat wisata kek gini nie… ^^

  24. Twilight:

    Musim semi bunga sakura’nya kapan yach…???
    Klo ksn skg lg brbunga g’ tuch????

  25. Yektiono:

    Sangat menarik swejuggg dingin,sayang penginapanya mahall paling murah 250 ribu!!! coba 150 ribu

  26. abimanyu:

    bsk hari mgg tgl 08 – 07 -2012. saya mw bw rombongan ke kebun raya cibodas..
    tolong pak/bu rincian biaya tiket, & parkir bus,… makasih

  27. Curug Cibogo | TeamTouring:

    […] mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi, curug ini sering dikunjungi wisatawan ketika berlibur ke Kebun Raya Cibodas. air terjun ini cukup tinggi namun berukuran kecil. Debit airnya cukup deras menjadikan bunyi air […]

Kirim pendapat