Waduk Wadaslintang, Tersembunyi Di Perbatasan Kebumen – Wonosobo

Waduk Wadaslintang merupakan salah satu waduk yang dibangun di wilayah kabupaten Kebumen dan kabupaten Wonosobo. Kedua kabupaten tersebut belum serius mengembangkan kawasan ini karena sulitnya akses dan jauhnya jarak dari pusat kota. Daya tarik yang ditawarkan waduk Wadaslintang ini cukup menarik karena dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki hawa yang sejuk.

Waduk Wadaslintang terletak diantara kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Wonosobo namun sebagian besar masuk di dalam wilayah kabupaten Wonosobo. Dibangun pada tahun 1992 dengan luas sekitar 2.626ha.

Pintu Air Waduk WadaslintangMemasuki gerbang masuk kawasan wisata Waduk Wadaslintang atau juga disebut Bendungan Wadaslintang ini, disambut dengan jalanan aspal yang rusak. Sepertinya jalan untuk menuju ke tepi waduk sudah lama tidak mengalami perbaikan jalan. Keramaian aktivitas warga juga tampak karena jalan ini juga menjadi lalu lintas menuju perkampungan yang terdapat di sisi lain waduk.

Prasasti Peresmian Waduk Wadaslintang

Memasuki kawasan parkir wisata Waduk Wadaslintang, terdapat sebuah sebuah batu prasasti atau juga disebut monumen yang memuat sedikit cerita ketika pembangunan dan dibangun sebuah pagar yang mengelilinginya. Kondisi disekitar monumen terdapat beberapa tenda warung yang menjual makanan dan minuman. Makanan yang minuman yang disediakan tidak istimewa, hanya berupa minuman botol, kaleng, dan kelapa muda.

Pemandangan Dari Atas Bendungan Waduk WadaslintangMelanjutkan perjalanan menuju ke tanggul yang terdapat sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dimana dari tempat tersebut kita bisa melihat pemandangan waduk yang membentang luas dengan langit yang begitu biru. Angin sepoi-sepoi menyapa dengan udara yang cukup bersih tanpa polusi.

Instalasi Pembangkit Listrik Waduk Wadaslintang

Beberapa area Waduk Wadaslintang sepertinya cocok digunakan untuk berburu foto karena pemandangannya luas dan alami. Pemandangan kontur pegunungan yang ada di belakangnya membuat kesan bahwa waduk ini dikelilingi oleh gugus pegunungan yang luas. Di seberang tempat saya berdiri terdapat beberapa keramba apung yang digunakan untuk memelihara ikan.

Pemandangan Waduk Wadaslintang Dari Sisi Barat

Di hari-hari biasa, kondisi Waduk Wadaslintang tampak sepi dari pengunjung. Namun di beberapa sudut waduk, cukup banyak ditemui seseorang yang sedang memancing karena kawasan ini menjadi tempat yang favorit untuk olahraga memancing. Pemandangan alam yang cukup indah namun tidak ada fasilitas yang memadai, cukup disayangkan mengingat kawasan ini cukup berpotensi untuk dijadikan kawasan wisata yang strategis dan memiliki nilai jual yang tinggi. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. arqu3fiq:

    Pemandangan di atas waduk PLTA keren. Jadi kepengen nyemplung berenang lihat air biru yang membentang luas. Fotonya bagus.

Kirim pendapat