Waduk Sermo, Potensi Wisata Unggulan Di Kulon Progo

Waduk Sermo merupakan salah satu wisata unggulan di kabupaten Kulon Progo. Sejak pertamakali diresmikan, Waduk Sermo banyak menarik perhatian wisatawan untuk mampir ke obyek wisata ini. Namun seiring berjalannya waktu, daya tarik wisata Waduk Sermo perlahan-lahan pudar dan wisatawan mulai jarang mengunjungi kawasan wisata ini.

Waduk Sermo terletak di pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Pemandangan Alam Waduk Sermo

Lokasi Waduk Sermo berada di sebelah barat daya kota Wates. Akses jalan menuju Waduk Sermo sudah cukup baik, lebar, dan mampu dilewati dengan kendaraan besar semacam truk dan bus. Sepertinya pemerintah daerah sejak semula telah menargetkan kawasan Waduk Sermo menjadi kawasan wisata unggulan yang menarik banyak wisatawan dari pengunjung pribadi maupun rombongan.

Sebelum memasuki kawasan Waduk Sermo, pengunjung ditarik retribusi masuk pada pos penarikan tetribusi. Perjalanan selanjutnya menuruni bukit menuju kawasan bendungan Waduk Sermo. Sebelum memasuki bendungan terdapat kantong-kantong area parkir di tepi jalan. Cahaya matahari terasa cukup menyengat karena disekitar area tersebut tidak ditanami pohon-pohon yang berukuran besar.

Waduk Sermo ini dibuat dengan membendung Kali Ngrancah yang dapat menampung air 25 juta meter kubik. Pembangunannya diselesaikan dalam waktu dua tahun delapan bulan (1 Maret 1994 hingga Oktober 1996). Waduk Sermo ini diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto dan akhirnya resmi beroperasi pada tahun 1997. Pembangunan waduk sermo ini membuat Pemda Kulonprogo harus memindahkan 107 KK dengan bertransmigrasi ke Tak Toi Bengkulu, dan ke PIR kelapa sawit Riau (sumber: waduksermo.wordpress.com)

TeamTouring Di Waduk Sermo

Kendaraan yang melintas dilarang berhenti disepanjang bendungan Waduk Sermo karena jalanan cukup sempit dan dapat mempengaruhi konstruksi bangunan bendungan. Pemandangan Waduk Sermo yang berlatar pegunungan cukup indah dari tepi bendungan ini. Pengunjung dipersilakan parkir di area parkir yang disediakan sebelum berjalan di sekitar bendungan Waduk Sermo.

Air Waduk Sermo yang tampak tenang diantara Perbukitan Menoreh menjadi pemandangan yang menarik dari tepi bendungan. Di beberapa sudut waduk tampak beberapa orang yang sedang melakukan kegiatan memancing. menurut beberapa informasi cukup banyak jenis ikan yang hidup di kawasan Waduk Sermo. Sejak awal diresmikan, pemerintah daerah setempat telah menabur beberapa jenis benih ikan ke dalam waduk.

Sisi Lain Pemandangan Waduk Sermo

Perjalanan wisata di Waduk Sermo dilanjutnya dengan menyusri jalan aspal yang mengelilingi kawasan waduk. Sekitar satu kilometer dari bendungan Waduk Sermo terdapat kawasan wisata air Waduk Sermo. Kawasan Wisata Air Waduk Sermo ditandai dengan area taman dan beberapa fasilitas bangunan di tepi jalan mengelilingi waduk. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan favorit saat berwisata di Waduk Sermo.

Bendungan Waduk Sermo

Masa kejayaan Waduk Sermo sepertinya telah berlalu dan cukup sulit untuk diulang. Munculnya daya tarik wisata baru di sekitar Kulon Progo yang lebih menarik sepertinya menjadi salah satu penyebab utamanya. Pemerintah setempatnya juga tidak berharap banyak mengenai perkembangan obyek wisata ini. Bagi segelintir orang, kawasan Waduk Sermo masih cukup menarik digunakan sebagai tempat memancing dan bernostalgia suasana waduk saat selesai dibangun. (text/foto: annsomile)

-----------
Bookmark and Share
INFORMASI
Tiket Masuk
Dewasa : Rp 2.000,-/orang
Motor : Rp 1.000,-

Ada 22 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    keliling waduk sermo = 1 jam

  2. foto pinrang:

    menulis`seperti inilah yang ingin saya pelajari mas

  3. hasssan:

    nyumbang RT ya gan :D

    • hasssan:

      btw, default retweet teamtouringnya kok nggak di set, teamtouring ada twitternya nggak?

      • admin:

        gag ada mas
        adanya cuma hastag aja :)

  4. budies:

    wah asyi ya mas, sambil ngisi acara puasa

  5. Andy MSE:

    sermo menarik tapi rasanya agak wingit… hiiiii

  6. cow:

    sip deh ditunggu cerita petualang selanjutnya

  7. atmo:

    dolan terus…..hehehe

  8. soewoeng plasu:

    dolan terus marai iri

  9. koplak:

    dibangun taun piro ya?

  10. Jelajah Pegunungan Menoreh | TeamTouring:

    […] Commentskoplak: dibangun taun piro ya?…soewoeng plasu: dolan terus marai iri…atmo: dolan terus…..hehehe…Linda Dwistyana: seru juga […]

  11. Pencerah:

    wadewww, dadi mupeng
    kapan-kapan dolan mrono ah

  12. sugeng:

    kok dadi pengen dolan kesono ya boss :D

  13. wien:

    tidak ada hantunya kok di sermo…tenang aja… :D

  14. Ida Hyuji:

    Asik juga tempatnya :)

  15. klijah:

    ke kalibiru, clereng, guwo kebon, ppsj, bendung kayangan, air terjun ?

  16. Wajib Tau dot Com:

    Sebenernya banyak ya, tempat wisata di sekitar kita, hanya saja kita yang acuh terhadap mereka…

  17. ekkypr:

    dolan nandi yow enaknya….

  18. Mengejar Matahari di Kalibiru | TeamTouring:

    […] mirip seperti bintang laut. Kami baru mengetahui kalau wisata andalan utama Kalibiru adalah melihat pemandangan Waduk Sermo yang berada ditengah-tengah perbukitan Menoreh sesaat setelah berbincang dengan pengelola saat […]

  19. Air Terjun Kembang Soka, Salah Satu Air Terjun di Perbukitan Menoreh | TeamTouring:

    […] ini. Dari Goa Kiskendo, perjalanan belum berakhir dan dilanjutkan ke arah jalan menuju ke Waduk Sermo bukan ke arah Goa Seplawan Purworejo. Bila tersesat bisa tanya arah menuju Desa Jatimulyo atau SD […]

Kirim pendapat