Trip to Jawa Timur Park

Ketika berkunjung ke kota Malang, kami berkesempatan mengunjungi sebuah taman wisata yang dinamakan Jawa Timur Park yang dikenal dengan sebutan Jatim Park I. Jawa Timur Park I merupakan satu dari sekian banyak wisata yang menarik di daerah Kota Batu yang terletak di sebelah utara Kota Malang.

Jawa Timur Park I (Jatim Park Malang) terletak di Kota Batu, Malang memiliki daya tarik berupa obyek wisata yang berkonsep hiburan, pendidikan, kuliner, dan atraksi.

Berangkat dari kota Malang dengan transportasi umum yaitu angkot menuju ke kota Batu yang berada di utara Malang. Perjalanan ditempuh selama setengah jam. Akhirnya kami tiba di depan gerbang masuk Jawa Timur Park. Lingkungan obyek wisata ini cukup terawat dan bersih sehingga menjadi salah satu wisata andalan kota Malang

Kami membeli tiket di loket yang sudah disediakan dan setiap orang mendapat fasilitas bermain dalam setiap wahana maksimal dua kali permainan. Cukup lumayan buat kami untuk dapat mencoba semua wahana yang tersedia. Memasuki area Jatim Park, para pengunjung yang membawa tas ransel dicek keamanan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Jawa Timur Park (JTP) merupakan objek wisata yang memadukan secara serasi konsep pendidikan (Education) dan konsep pariwisata (Tourism) dalam satu ruang dan satu waktu, sehingga mampu menjadi sarana penyebaran informasi tentang khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi (Biologi/ Kimia / Matematika / Fisika), Stadium Galeri Belajar yang mampu menampung 300 siswa, lembar Panduan Belajar Siswa dan kelengkapan alat peraga ilmu terapan (Indoor & Outdoor) yang diantaranya didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah Universitas Terkemuka (Negeri maupun Swasta) di Jawa Timur.

Memasuki area pertama Jatim Park, kami disuguhi berbagai macam wahana pendidikan diantaranya ilmu pengetahuan Biologi seperti diorama makhluk hidup dan jenis-jenis tanaman; Fisika seperti alat-alat peraga Hukum Newton, Gaya Magnet, Sistem tata surya; Kimia seperti model atom, pembuktian asam basa. Kemudian wahana budaya Indonesia seperti patung berpakaian adat daerah beserta rumah adat. Selanjutnya di halaman terbuka terdapat beberapa miniatur candi dan keajaiban dunia. Di ujung jalan terdapat wahana yang cukup menarik bagi kami yaitu wahana rumah hantu. Cukup menyenangkan untuk pengunjung yang membawa anak kecil sebagai wisata pendidikan.

Kami diRumah 3 dimensi

Memasuki area terbuka terdapat beberapa wahana permainan yang memacu adrenalin dan keberanian. Wahana permainan tersebut diantaranya spin coaster, jet coaster, dan dropzone. Rasa tegang campur semangat campur aduk menjadi satu sehingga kami kembali mencoba wahana ini sekali lagi. Antrean wahana ini cukup panjang sehingga kami harus bersabar untuk menaikinya. Bagi wisatawan yang memiliki penyakit jantung disarankan tidak menaiki wahana ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian kami mencoba wahana lain yang tidak kalah menarik seperti rumah pipa, rumah misteri, aneka reptil, aneka burung, aquarium, dan beberapa wahana lainnya. Wahana tersebut merupakan wahana yang berisi tur santai dan tidak ada tantangan saat mencoba memasukinya. Khusus untuk wahana aneka reptil, beberapa reptil dijaga pawang dan penonton dipersilakan untuk berfoto bersama. Melewati area kolam renang yang mirip seperti waterboom, kami beristirahat di tenda yang terdapat di pinggir kolam renang.

Kami di Tepi Kolam Renang Jatim Park

Setelah mencoba segala jenis wahana dan permainan, kami menyantap makan siang di area foodcourt yang terletak di dekat kolam renang. Tarif makanan yang disediakan juga cukup terjangkau bagi pengunjung. Kekurangan kuliner di tempat ini adalah menu makanan hampir sama antara counter satu dengan yang lain. Bersantap siang kami menikmati suasana area meja makan yang luas dan dapat melihat berbagai wahana dari kejauhan.

Kami di Foodcourt Jatim Park

Setelah makan siang kami melanjutkan dengan mencoba berbagai wahana yang belum kami masuki. Sebenarnya kami ingin berenang akan tetapi waktu mendekati pukul 16.00. Akhirnya kami mengakhiri wisata kami di Jatim Park dan berjalan keluar area melalui pasar oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan keluar Jatim Park. Bila belum puas berkeliling dan menikmati wahana wisata di Jatim Park I, anda bisa mengunjungi Batu Night Spectacular yang buka di sore hari.

== Tiket Masuk

Hari Senin – Kamis Rp 50.000,-/orang

Hari Jumat – Minggu Rp 60.000,-/orang

== Info dan Lokasi

Jl Kartika 2 Batu, Jawa Timur – Indonesia

marketing[at]jawatimurpark.com

Phone : 0341-59.7777 / SMS Center 0857.5529.7777

Fax : 0341-59.8888

-----------
Bookmark and Share

Ada 35 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Rakhmat Ari Wibowo:

    waaah bikin ngileeer nih,,,nyesel nih,pas ke JTP, belum nyobain wahana extrem..

  2. pinkparis:

    setiap pulkam selalu gak sempat kesana (doh)
    walau arema tapi masih belum pernah ke Jatim Park, paraaaah.

  3. zenteguh:

    wah kemarin tuh tornadonya barusan rusak. wah ga cangkrung di payung sekalian mas…

  4. fahmi!:

    wah sayang ujan ya. nggak sempat ngincipi kebut2an pake gokart dong?

  5. Rizal:

    Wadduh .. menyenangkan yah … sayang wahana rumah hantu nggak ada dokumentasinnya … PerjaLanan yg Indah tentunya …

  6. anas:

    beberapa kali backpacking ke Jatim, tp saya gak pernah main ke jatim park ini.thanks for sharing mas.i love Indonesia.

  7. munawar am:

    Mas…., sampaian ini pelancong sejati rupanya…, postingnya pasti berhubungan dengan wisata dan pengalaman perjalanan; ada minat ke Nusakambangan?

  8. ami:

    hlo dulu aku juga anak itn. he eh jatim park bisa dirujuk untuk berwisata

  9. nyubi:

    wah, ntar klo saia balek sukabumi saia lanjutin deh acara maennya kmarin waktu cuti saia cuma bisa nyampe lumajang aza mas, salam kenal, sukses slalu buat team touringnya.

  10. Blogger Magazine:

    wah seru banget sob..
    apalgi rame2 gitu.. :D

  11. Taktiku:

    beuh ! asik nih jalan-jalan terus yah..

  12. zee:

    waduh ga serem main wahana itu? sekarang kan suka sering ada kecelakaan krn permainannya sdh aus dan rusak… serem …….

  13. Nisa:

    wiiw, ke malang kok gak mampir ke rumahq ? he he he,
    yg paling seru itu flying tornado-nya, tp lg rusak ya ?

  14. vie_three:

    aq pernah kesana pas perpisahan sama temen-temen, nyenengin dech, seru abissss sampe pengen kesana lagih, huekekekekek

  15. macangadungan:

    kalian segeng suka jalan2 ya? pencinta alam ato backpacker?
    ah, seru sekali…enaknya jadi laki2. bisa kesana kemari sesuka hati…. *anak cewek yg masih suka dilarang kalo mau keluar kota, apalagi kalo camping di gunung :'(

  16. edratna:

    Saya malah udah tidur di Club Bunga, bersama rombongan..tapi malah ga jadi ke Jatim Park….
    Padahal bagus ya

  17. annosmile:

    trus ngapain dung???

  18. annosmile:

    wah..padahal saya pengen nyoba tornadonya
    gak ke payung langsung ke BNS :D

  19. annosmile:

    gak maen gokart di Jatim Pak
    nyoba gokart di BNS :D

  20. annosmile:

    Ada dokumentasinya
    tapi fotonya aneh :))

  21. annosmile:

    Minat dung..
    Saya juga pernah maen ke pantai Teluk Penyu kok :)

  22. annosmile:

    makanya berdoa sebelum mencoba wahana :D

  23. annosmile:

    intinya suka jalan-jalan
    wah sayang sekali ya :)

  24. galuharya:

    wak keren nih perjalanannya

    btw,jatimpark 1 ama jatimpark 2 kata orang bagus yang 2 yah mas?

  25. Rosheeda:

    Alhamdulillah, aq dah prnh k jatim park. Subhanallah, tempatnya bagus bgt, udaranya sejuk. Mudah2an suatu saat nanti aq bs ksana lg. Amiiiin

  26. Fian:

    dari stasiun ke jatim park naik bemo apa ya?

  27. daway:

    minggu kemarin sy kesana…
    tempatnya bagus…
    salam dari gto..

  28. Seno:

    Wah, memang seru tapi yang g tahan ngantrinya he..he…

  29. pakde sulas:

    puas-puasin dech jalan jalanya, mumpung belom ada yang gandoli

  30. Menikmati malam di Batu Night Spectacular (BNS) | TeamTouring:

    […] belum bagi kami berkeliling di berbagai wahana di lokasi Jatim Park, obyek wisata ini akan ditutup pada pukul 16.00. Akhirnya kami berjalan kaki ke BNS yang letaknya 2 […]

  31. yos:

    wah…
    belum pernah kesana…
    marahi pingin mas…
    hehehehe

  32. Ketika Menginjakkan Kaki di Kota Malang | TeamTouring:

    […] Kota Malang yang dikelilingi Kabupaten Malang ini memiliki pesona wisata yang menarik antara lain Jawa Timur Park, Batu Night Spectacular, Obyek Wisata Coban Rondo, Bendungan Selorejo, Pulau Sempu, Kawasan Wisata […]

  33. ~MHC~:

    budhal….

  34. tiffanya letizia s:

    saya pas kesana ujann :(

  35. kombor:

    Oke juga wahana yang ada di JTP. Eh, btw kirain ke sananya naik sepeda motor…

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan TeamTouring. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.